SMK Negeri 1 Sikur

SMK Negeri 1 Sikur – Halo teman-teman gimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Kali ini kita akan membahas profil SMK Negeri 1 Sikur yang berisi tentang visi misi, alamat, dan jurusan. Nah, kira-kira apa aja si isinya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Visi Misi SMK Negeri 1 Sikur

Visi

MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG SMART, INOVATIF, KREATIF, UNGGUL, DAN RELIGIUS.

Misi

  1. Kurikulum yang terintegrasi dengan Dunia Usaha Dunia Kerja dan Dunia Industri.
  2. Pembelajaran berbasis teaching factory, yang menghasilkan barang dan jasa dengan mengedepankan penguatan budaya kerja.
  3. Pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4. Peningkatan kompetensi lulusan yang unggul, memiliki dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang unggul.
  5. Peningkatan sertifikasi pendidikan dan kependidikan berwawasan global.
  6. Peningkatan kompetensi pendidikan dan kependidikan melalui diklat dan pemagangan.
  7. Penguatan budaya sekolah dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi.

 

Alamat

SMK Negeri 1 Sikur

Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83662.

Jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Sikur yaitu:

Tata Boga

Kegiatannya yaitu mempelajari tentang teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi, dll.

Baca Juga :  SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga

Tata Kecantikan 

Kegiatannya yaitu mempelajari tentang perawatan dan rias kulit maupun rambut, jurusan ini akan menyiapkan tenaga kerja kompeten dibidang perawatan dan penataan rambut serta perawatan kulit dan rias wajah.

Tata busana 

Kegiatannya yaitu mempelajari ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahannya sehingga terampil di bidang tersebut dan dapat berinovasi menghasilkan karya sendiri.

Usaha Perjalanan Wisata 

Kegiatannya yaitu mempelajari cara menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan, mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata maupun aktraksi/obyek wisata.

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Kegiatannya yaitu mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor. Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor.

Teknik Komputer dan Jaringan  

Kegiatannya yaitu mempelajari ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. 

Teknik Energi Surya Hidro dan Angin

Kegiatannya yaitu mempelajari pemetaan dan eksplorasi energi fosil dan non-fosil/ energi terbarukan dan perancangan sistem konversi energi ramah lingkungan secara industri.

Multimedia 

Kegiatannya yaitu mempelajari cara menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan tautan (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi secara efektif.

Desain Komunikasi Visual  

Kegiatannya yaitu mempelajari proses pengolahan media dalam berkomunikasi serta dapat mengungkapkan ide atau menyampaikan informasi yang bisa terbaca atau terlihat dengan lebih menarik dan efisien.

Baca Juga :  Pendaftaran Siswa Baru SMK Kabupaten Banjarnegara

Desain Grafika

Kegiatannya yaitu mempelajari cara mengelola proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Animasi 

Kegiatannya yaitu mempelajari tentang Seni Rupa yang menekankan pada keterampilan membuat produk Animasi 2D, Animasi 3D, Videografi, dan Paska Produksi.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Kegiatannya yaitu mempelajari tentang pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan/lembaga.

Bisnis Daring dan Pemasaran 

Kegiatannya yaitu mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet).

Kriya Kreatif Kayu dan Rotan

Kegiatannya yaitu mempelajari cara berkreasi, mencipta, menghasilkan produk bernilai seni dengan mengolah kayu dan rotan sebagai bahan utama dalam berinovasi.

Kriya Kreatif Batik dan Tekstil 

Kegiatannya yaitu mempelajari cara membuat produk kerajinan yang menggabungkan antara nilai fungsi dan nilai estetika atau hias dengan menggunakan bahan kain.

Desain Interior dan Teknik Furnitur

Kegiatannya yaitu mempelajari desain interior, operator mesin produksi, teknisi pembahanan, perakitan, produksi dan finishing.

 

Buat kalian yang di daerah Lombok Timur NTB dan bingung mau masuk SMK mana bisa banget loh masuk ke SMK ini, ada 16 pilihan jurusan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan kamu. Nah, sekian dulu ya teman-teman tentang pembahasan mengenai profil SMK Negeri 1 Sikur. Kita akan bertemu lagi di pembahasan yang selanjutnya. Thank you!

 

Penulis : Dera Pratiwi

 

Related Article…