SMK Negeri 1 Tanjung Teja

SMK Negeri 1 Tanjung Teja – SMK Negeri 1 Tunjung Teja merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang terdapat di wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten. SMKN 1 Tunjung Teja memiliki akreditasi A berdasarkan sertifikat 971/BAN-SM/SK/2019.

Dilansir dari https://smkn1tunjungteja.sch.id/sejarah/ Berdiri pada tahun 2010 dengan SK Pendirian Sekolah 421/KEP.574-Org/2011 dengan tanggal SK Pendirian 23 Desember 2011. SK Ijin Operasional 421/KEP.547-Org/2011 dengan tanggal SK 23 Desember 2011.

Berikut adalah profile dari SMKN 1 Tunjung Teja;

Alamat

SMKN 1 Tunjung Teja berlokasi JL.KH. Abdul Kabier KM.10 Tunjung Teja, Tunjung Jaya, Kec. Tunjung Teja, Kab. Serang, Banten, dengan kode pos 42174.

Visi-MisiVisi

SMK Negeri 1 Tanjung Teja

Visi

“Cerdas Berfikir dan Berdzikir Unggul Berkompetisi dan Mandiri”

Misi

  1. Mengembangkan Karakter Insan Pendidikan yang Agamis dan Berbudi Perkerti serta Tangguh dalam Menghadapi Era Globalisasi;
  2. Membangun Komunitas Pendidikan yang Bertanggungjawab Terhadap Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Keterampilan dan Teknologi.

Tujuan 

  1. Terbentuknya Mental dan Moral Siswa yang Baik Berlandaskan Iman dan Takwa terhadap Allah SWT;
  2. Mencetak Siswa yang Terampil dan Berkompeten dalam Ilmu Pengetahuan Serta Teknologi dengan Dilandasi Jiwa Wirausaha;
  3. Menghasilkan Lulusan yang Produktif dan Kompetitif dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi.

 

Jurusan

SMK Negeri 1 Tunjung Teja Memiliki 4 Kompentesi Kejuruan yaitu diantaranya, Teknik Mekanik Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Dengan Jumlah 21 rombel, yaitu sekitar 800 siswa pada tahun Pelajaran 2020/2021.

Baca Juga :  SMKN 9 Bandung

Teknik Mekanik Industri

Semakin pesatnya perkembangan industri, diperlukan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang industri manufaktur. Tenaga kerja yang kompeten di bidang ini dibutuhkan untuk memastikan jalannya produksi, pemeliharaan alat dan sistem produksi serta memastikan operasi berjalan secara efisien dan efektif untuk menghasilkan sebuah sistem produksi atau operasi yang terbaik.

Jurusan pertama yang ada di SMKN 1 Tunjung Teja adalah Teknik Mekanik Industri. Lalu, apa ‘sih jurusan Teknik Mekanik Industri itu?

Teknik Mekanik Industri merupakan kompetisi keahlian yang mempelajari bidang permesinan industri yang meliputi antara lain Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin, kelistrikan dan Konversi Energy, Logam, Teknik Mesin, K3, Alat Ukur Dasar/Mekanik, Menggunakan Perkakas Bertenaga/Operasi, Mesin CNC, Gambar Teknik/Autocad, dan masih banyak lagi. 

 

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Jujusan yang kedua adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Teknik Kendaraan Ringan Otomotif adalah kompetensi kejuruan yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. 

Teknik Kendaraan Ringan membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Baca Juga :  SMKN 7 Semarang

 

Teknik Komputer dan Jaringan

Lalu di SMKN 1 Tunjung Teja juga memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan kompetensi keahlian bidang teknologi informasi dan komunikasi yang menekankan keahlian pada penguasaan bidang teknik komputer dan sistem jaringan. Kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan ditoko-toko komputer, perkantoran, internet service provider (ISP), hotel dan perbankan.

Bagi yang suka dan tertarik dengan perangkat lunak, komputer, pemograman, beserta antek-anteknya harus banget nih masuk jurusan yang satu ini.

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Jurusan yang terakhir di SMKN 1 Tunjung Teja adalah Akuntansi dan Keuanagn Lembaga. Biasanya ‘sih jurusan ini akan didominasi oleh kaum wanita ya, padahal jurusan ini bukan khususon untuk wanita saja. Denger-denger juga isinya adalah tentang menghitung angka yang berupa uang dan sebangsanya. Lalu, sebenernya apa itu jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga?

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

 

Nah, itulah profile singkat SMKN 1 Tunjung Teja. Untuk informasi lebih lanjut dapat kunjungi website resminya di https://smkn1tunjungteja.sch.id/

 

Penulis : Triana Syifa

Related Article…