SMK Negeri 1 Puloampel

SMK Negeri 1 Puloampel SMK Negeri 1 Puloampel merupakan Sekolah dibawah naungan Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Provinsi Banten yang relatif usianya masih muda. Secara operasional sudah ada sejak tahun 2007 tepatnya pada tanggal 16 Juli 2007 bertempat di kampus SDN Buah Gede Desa Argawan, Kecamatan Puloampel, diresmikan pada tanggal 01 Agustus 2007 oleh Bapak Bupati Kab. Serang Yakni Bapak H. Taufiq Nuriman.

Dihitung dari masa beroperasinya, kini SMK Negeri 1 Puloampel telah mendapatkan Akreditasi B berdasarkan sertifikat 971/BAN-SM/SK/2019. 

Selain fasilitasnya yang telah cukup mumpuni, SMKN 1 Ciruas juga telah meraih bermacam-macam prestasi di berbagai bidang. Berikut adalah profil SMKN 1 Ciruas;

Alamat

SMKN 1 Ciruas berlokasi di  JL. Raya Bojanegara no. 14 Kec. Puloampel Kab. Serang, Margasari, Kec. Pulo Ampel, Kab. Serang, Prov. Banten dengan Kode Pos : 42455.

 

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Puloampel

Visi

“Mewujudkan SDM yang Cerdas, kreatif, Produktif, Inovatif dan mampu menghadapi persaingan global yang berakhlakul karimah.”

Misi

  1. Membentuk manusia yang berwawasan IMTAQ & IPTEK;
  2. Mewujudkan SDM yang mandiri dan berbasis lingkungan dan Kompetensi;
  3. Terwujudnya SDM yang ahli, terampil dan siap pakai dalam rangka mengaplikasikan tujuan pendidikan Nasional.

 

Jurusan

SMKN 1 Puloampel telah mampu melahirkan lulusan-lulusan yang kompetitif di bidangnya di usianya yang masih relative muda. Berikut adalah beberapa jurusan yang ada di SMKN 1 Puloampel.

Teknik Pengelasan (TL)

Jurusan ini mempelajari satu bidang kerja saja yaitu bagaimana cara untuk mengelas yang baik, dan teori tentang apa – apa saja bahan untuk proses pengelasan, jursan las sendiri memiliki peluang kerja yang sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, karena tidak sedikit industri yang mensiagakan para pekerja di bidang engginering untuk menjaga kecakapan mesin – mesin yang ada di perusahaan, salah satu yang dibutuhkan adalah teknik las.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Cimahi

 

Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI)

Teknik pemeliharaan Mekanik Industri atau TPMI adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dalam bidang keindustrian mulai dari Permesinan, Pengelasan, CNC, PLC, Pneumatik, Hidrolik, Autocad sampai hal yang paling kompleks sekalipun.

 

Kimia Industri (KI)

Secara umum, Teknik Kimia Industri mempelajari ilmu tentang analisis kimia dasar, pekerjaan laboratorium kimia, mikrobiologi, teknik kimia, alat industri kimia, produksi kimia, mengolah bahan kimia menjadi produk, gambar teknik kimia, pengolahan air minum mineral, pembuatan pupuk, pengolahan limbah, wirausaha di bidang kimia industri, dan sebagainya.

Bagi yang suka kimia, harus banget ‘nih bergelut didalam jurusan ini.

 

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Biasanya, jurusan yang satu ini akan didominasi oleh siswi dan menyisakan beberapa siswa dalam satu kelas. 

Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Kompetensi yang diberikan bagi peserta didik diantaranya pengetahuan dan keteramilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, kemampuan bahasa inggris, dan masih banyak lagi.

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Seperti jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, jurusan ini juga biasanya didominasi oleh kaum hawa. Hal-hal yang akan dipelajari didalam jurusan ini juga pada umunya akan dipenuhi oleh angka dan hitung-hitungan.

Baca Juga :  SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Akuntansi dan Keuangan Lembaga adalah jurusan yang mempelajari tentang membuat laporan keuangan baik untuk perusahaan ataupun lembaga pemerintah. Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan suatu jurusan yang mengaharuskan siswa untuk teliti dan kuat dalam berhitung.

Yang akan dipelajari di jurusan ini adalah beberapa hal tentang menjurnal, memposting buku besar, membuat laporan keuangan, serta masih banyak lagi.

 

Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Tentu saja di era modernisasi dan serba canggih seperti saat ini, listrik adalah hal yang sangat dibutuhkan dan bahkan menjadi fasilitas utama yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan.

Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian eknik Instalasi Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.

 

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

 

Untuk informasi lebih lengkap, temen-temen dapat mengunjungi website resmi SMKN 1 Puloampel di https://smkn1puloampel.com

 

Penulis : Triana Syifa

 

Related Article…