SMK Negeri 1 Cimahi

SMK Negeri 1 Cimahi – SMK Negeri 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Cimahi, Jawa Barat yang menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun, dan merupakan salah satu SMK dari 8 (delapan) SMK Negeri di Indonesia yang memiliki program 4 (empat) Tahun, yang pembangunan fisiknya dimulai sejak tahun 1969, di atas tanah seluas 3,4 Ha, dan telah menerima siswa sejak tahun 1974 dengan nama STM Negeri Pembangunan Bandung, yang diresmikan pada tanggal 24 Maret 1977.

SMK ini mulai berkembang sejak berdiri sampai dengan tahun 1995/1996 bernama STM Pembangunan Bandung, sedangkan penamaan yang sekarang digunakan berlaku sejak tahun pelajaran 1996/1997 dengan berdasarkan SK Mendikbud No. 036/O/97.

Sejalan dengan otonomi daerah, dengan berpisahnya Kota Cimahi dengan Kab. Bandung, maka pada tahun pelajaran 2001/2002 STM Pembangunan Bandung yang setelahnya bernama SMK Negeri 1 Cimahi –  Bandung berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Kota Cimahi.

Secara geografis SMK ini terletak di kawasan Industri, yang dapat dijangkau dari berbagai sudut kota Cimahi, baik dari atau ke Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Jakarta dengan mudah, serta dapat dengan mudah diakses oleh industri-industri yang berada di kawasan industri di Jalur Pantura Provinsi Jawa Barat. Sehingga akses yang dapat dilakukan untuk kepentingan akademik baik pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah (Dunia Usaha / Dunia Industri ) dapat dilakukan dengan baik.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Semarang

Contents

POTENSI UNGGULAN

Smk negeri 1 cimahi

Potensi unggulan yang ada diantaranya adalah
Siswa : Nilai masuk siswa yang cukup tinggi merupakan potensi yang lebih mudah dalam mengembangan karena kemampuan yang dimiliki siswa dapat dengan mudah digunakan dalam penyerapan pengetahuan dan keterampilan yang harus mereka terima di sekolah.

Program Keahlian : Program Keahlian yang ada ini hampir semuanya merupakan satu-satunya program keahlian yang ada di Indonesia, kecuali untuk program ICT ada untuk yang 3 tahun tapi untuk yang 4 tahun di sekolah ini merupakan satu-satunya. Semua program keahlian ini merupakan rintisan yang muncul di SMK 1 Cimahi. Hal ini merupakan suatu potensi unggulan karena dengan mudah siswa yang lulus terserap oleh industri hal ini telah berlangsung sejak berdirinya STM Pembangunan Bandung yang sekarang menjadi SMK ini.

Kegiatan Pelatihan : Adanya berbagai kegiatan pelatihan dari luar yang sering dilakukan di sekolah ini memudahkan sekolah berhubungan dengan dunia usaha dan dunia industri juga dalam mengadopsi kemajuan teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat.

English Testing Centre : Sebagai pusat pelaksanaan Test TOEIC (Test Of English for International Communication) yang dimiliki sekolah ini merupakan pusat dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris untuk daerah Bandung dan Cimahi.

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi Jakarta

Kegiatan Ekstra Kurikuler : Berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan disekolah ini telah menghasilkan beberapa prestasi baik ditingkat regional maupun di Tingkat nasional.

VISI MISI

VISI

Terwujudnya sekolah dengan lulusan yang unggul dan berakhlaq mulia, berbudaya kerja, berjiwa technopreuneurship serta berwawasan global sesuai tuntutan industri dan masyarakat.

MISI

1.Menghasilkan peserta didik yang unggul, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif.
2.Mewujudkan lingkungan yang berbudaya kerja.
3.Menghasilkan peserta didik yang terampil serta berjiwa wirausaha sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya (Technopreuneurship).
4.Menumbuh kembangkan literasi, penguasaan perkembangan teknologi, informasi, memahami keberagaman sosial budaya dan kultur.
5.Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang handal serta mampu bersaing di didunia kerja.
6.Meningkatkan pelayanan pendidikan dan pengelolaan sekolah melalui optimalisasi penjaminan mutu pendidikan.

JURUSAN

SMK ini memiliki beberapa jurusan/kompetensi keahlian, yaitu:
1. Teknik Otomasi Industri (TOI) [dulu Listrik Industri (LIND)]
2. Instrumentasi dan Otomatisasi Proses (IOP)
3. Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (TEDK)
4. Teknik Mekatronika (TM)
Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)

Itulah sedikit pembahasan tentang SMK negeri 1 cimahi. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca

Related Article…