SMK Negeri 1 Anyer

SMK Negeri 1 Anyer – Sobat SMK-SMKN 1 Anyer merupakan salah satu sekolah menenngah kejuruan negeri yang ada di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Kini, sekolah ini telah terakreditasi A berdasarkan sertifikat 755/BAN-SM/SK/2019. SMK Negeri 1 Anyer memiliki gedung sebagai sarana pembelajaran yang mumpuni serta fasilitas yang lengkap. Bahkan, selama masa pandemi, SMK Negeri 1 anyer sangat mendukung upaya dan langkah-langkah Pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan 5M serta melakukan Penyemprotan Ruangan secara rutin.

Berikut adalah Profil SMK Negeri 1 Anyer,

Alamat

SMKN 1 Anyer berlokasi di JL.Raya Anyar Mancak KM.02 RT.03/01, Grogol Indah, Kec. Serang, Banten, dengan Kode POS 42466.

Visi-Misi

SMK Negeri 1 Anyer

Visi
“Terciptanya Sumber Daya Manusia yang berakhlak mulia, berkualitas dan berwawasan global”

Misi
1. Mengembangkan jiwa religius dan perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT
2. Melaksanakan Pelayanan Pendidikan dan pelatihan yang memiliki kompetensi keahlian dalam bidang Tekhnologi dan Pariwisata
3. Mengembangkan Sekolah sebagai tempat pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan lulusan berwawasan global dan berakhlak mulia
4. Menciptakan lingkungan belajar mengajar yang bertanggung jawab, disiplin, dan terampil
5. Mengembangkan semangat belajar yang kompetitif berdaya saing di dunia usaha dalam dunia kerja.

Jurusan

SMK Negeri 1 Anyer memiliki 7 Jurusan yang telah menghasilkan lulusan kompeten di dunia kerja, diantaranya adalah Teknik Mekanik Industri, Kimia Industri, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Elektronika Industri, Perhotelan, serta Tata Boga.

1. Teknik Mekanik Industri
Yang akan dipelajari didalam jurusan ini adalah pada bidang permesinan industri yang meliputi antara lain Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin, Kelistrikan dan Konversi Energy, Logsm, Teknik Mesin, K3, Alat Ukur Dasar/Mekanik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Berau

2. Kimia Industri
Program keahlian ini mempelajari pemprosesan bahan mentah menjadi berupa barang setengah jadi ataupun barang jadi (produk) seperti; minyak bumi dan gas bumi, gas bio, detergen, cairan anti kuman, plastik, kertas, kecantikan, obat-obatan, makanan instan, dll.

Prospek kerja lulusan Teknik Kimia Industri adalah sebagai Analisis Laboratorium dan Operator Peralatan Industri Kimia, di Industri Pangan, Industri Kesehatan dan Kecantika, dan masih banyak lagi.

3. Teknik Komputer dan Jaringan
Selanjutnya adalah jurusan Teknik Komputer Jaringan. TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras.

Selain prospek kerjanya yang cukup luas, jurusan ini juga mampu melahirkan generasi modern yang telah menyesuaikan diri dengan era komputerisasi di elit global.

4. Rekayasa Perangkat Lunak
RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.
Beberapa hal yang akan diajarkan didalam jurusan ini adalah seputar coding, desain, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Tanjung Selor

5. Teknik Elektronika Industri
Teknik Elektronik Industri (TEI) adalah bidang yang fokus mempelajari tentang komponen listrik serta berbagai macam peralatan semi konduktor. Teknik Elektronika Industri digolongkan ke dalam bagian teknik listrik atau teknik elektro. Ada beberapa hal yang dipelajari oleh kompetensi Teknik Elektronika Industri, yaitu mulai dari elektronika umum (rekayasa elektronika), mikrokontroller, mikroprocessor, pneumatic, PLC, programming berbasis komputer, dan lain sebagainya terkait perangkat industri yang memiliki hubungan atau bekerja dengan sistem elektronik.

Selain itu, peluang kerja lulusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Anyer dapat dikatakan sangat luas, mengingat ketrampilan yang diajarkan juga kompleks. Secara umum, output lulusan kompetensi TEI SMK Negeri 1 Anyer akan diarahkan untuk menjadi tenaga professional sesuai bidangnya.

6. Perhotelan
Perhotelan merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan. Beberapa topik yang akan diajarkan antara lain mengenai pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, melindungi budaya lokal, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi masyarakat sekitar serta kesejahteraan karyawan.

Selain itu siswa di jurusan ini pun akan dibekali dengan pelajaran bahasa asing untuk menghadapi tren wisatawan internasional yang terus meningkat.

7. Tata Boga
Tata boga sendiri merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Maka berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu pangan, maupun kandungan nilai gizi juga dipelajari. Bukan hanya jurusan masak-masak saja!

Nah, itulah profil SMK Negeri 1 Anyer, untuk informasi lebih lengkap dapat kunjungi website resminya di https://smkn1anyer.sch.id/.

Related Article…