SMK Multimedia

SMK Multimedia – Hampir di semua sekolah menengah kejuruan saat ini pasti terdapat jurusan yang bernama jurusan multimedia. Jurusan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dan prospek kerja dari jurusan multimedia pun sangatlah banyak. Bahkan gaji dari tiap prospek kerja lulusan jurusan multimedia gajinya begitu menggiurkan.

Maka dari itu pemerintah telah menyediakan jurusan multimedia ini agar masyarakat dapat memahami tentang pengoperasian software peripheral digital ilustration, web design, digital imaging, 2D animation, 3D animation, software dan peripheral multimedia, presentation, software dan peripheral digital audio dan video, visual effect.

Jurusan ini cukup banyak diminati oleh orang-orang karena peluang kerjanya sangat banyak. Saat ini banyak instansi bahkan industri yang sedang membutuhkan lulusan jurusan multimedia. Selain itu, lulusan jurusan multimedia dapat membantu orang lain serta dapat meningkatkan perekonomian di negara tercinta ini dengan cara menjadi wirausaha.

Contents

JURUSAN MULTIMEDIA

MULTIMEDIA | SMK KARYA WATES

Jurusan multimedia memberikan bekal kepada siswa dan siswi yang memasuki jurusan ini agar dapat menargetkan siswa dan siswinya supaya dapat menyampaikan informasi maupun pesan melalui media teks, audio, video, animasi maupun media interaktif. Jurusan multimedia ini sangat berkaitan erat dengan komputer karena mendalami ilmu tentang penggunaan komputer atau PC yang bertujuan agar dapat menyajikan data teks, gambar, suara, animasi maupun video yang menarik.

Jurusan ini banyak terdapat di sekolah menengah kejuruan dan terkadang disebut juga sebagai jurusan MM. Jurusan ini menggunakan tools untuk menampilkan data teks, gambar, suara, animasi serta video yang sudah dibuat dengan semenarik mungkin. Beberapa tools yang digunakan diantaranya yakni Freehand, CorelDraw, Adobe After Effect, Adobe Photosop.

Jurusan ini umumnya dibedakan menjadi dua bagian yakni multimedia interaktif dengan multimedia linier. Untuk jurusan multimedia interaktif menggunakan alat pengontrol yang menyebabkan interaksi dengan penggunanya karena digunakan oleh penggunanya misalnya saja ketika bermain game. Sementara untuk multimedia linier tidak atau tanpa menggunakan alat pengontrol dan menjadi kebalikan dari multimedia interaktif misalnya saja seperti televisi.

Baca Juga :  SMK Jurusan Multimedia Di Bandung

Selain itu, seperti yang sudah dibahas diatas bahwasanya jurusan multimedia ini memiliki peluang yang sangat banyak. Anda bisa menjadi apapun jika Anda memang lulusan jurusan ini. Terlebih lagi perkembangan teknologi yang membuat lulusan jurusan multimedia banyak dicari bahkan oleh pemerintah sekalipun.

Anda dapat menjadi seorang web designer yang merupakan kemampuan gabungan dari desain dan progamming. Kemampuan mendesain ini digunakan agar dapat membuat layout untuk website sementara kemampuan dalam progamming digunakan agar dapat mencoding sebuah website yang ingin dicoding. Selain itu, tugas lainnya yakni memperbaharui konten website sekaligus mendesain website.

Anda juga dapat menjadi animator sekaligus ilustrator karena pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang dapat berimajinasi tinggi. Dengan begitu dalam menghasilkan gambar akan menggunakan gabungan dari seni, imajinasi, desain dan kreativitas yang dimiliki dari hasil belajar selama di jurusan multimedia.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjadi desainer grafis yang bila ada kebutuhan untuk keperluan pembuatan desain baik untuk media cetak maupun kemasan produk, website, dan poster. Sementara bagi Anda yang hobi bermain game tapi ingin masuk jurusan multimedia maka Anda memiliki prospek kerja sebagai desainer game.

Dengan menjadi desainer game Anda harus mengerti berbagai macam lingkup yang ada di game tersebut lalu Anda dapat mendesainnya dengan menarik. Jurusan MM ini mempelajari tentang Fisika, Kimia, Simulasi dan Komunikasi Digital, Pemograman Dasar, Dasar Desain Grafis, Komputer dan Jaringan Dasar, Sistem Komputer, Desain Grafis Percetakan, Animasi 2D serta 3D, PKKWU, Desain Media Interaktif dan Teknik Pengolahan Audio dan Video.

ALAMAT SMK YANG ADA JURUSAN MULTIMEDIA

Gedung SMK Negeri 2 Yogyakarta - Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pada kali ini kami akan membahas mengenai salah satu dari sekian banyaknya sekolah menengah kejuruan yang menyediakan jurusan multimedia yakni SMK Negeri 2 Yogyakarta yang terletak di Jalan A.M Sangaji 47 Cokrodiningratan, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Mesin

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai jurusan multimedia di sekolah menengah kejuruan ini maka Anda dapat langsung mengunjungi situs website resminya yakni smk2-yk.sch.id

VISI DAN MISI SMK YANG ADA JURUSAN MULTIMEDIA

Tentang SMK - SMK 2 Yogyakarta

Sama halnya seperti sekolah pada umumnya pasti akan memiliki setidaknya satu visi dan beberapa misi yang menonjolkan sekolah itu agar dapat dikenal dengan baik oleh masyarakat. Akan tetapi yang akan kami bahas kali ini yakni sebuah SMK di Jogja yang menyediakan jurusan multimedia yakni SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Berikut visi dari sekolah ini adalah mengenai tentang :
Menjadi sekolah menengah kejuruan yang berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan, menghasilkan insan yang bertaqwa, profesional, mampu berwirausaha dan berdaya saing global.

Dan untuk misinya adalah mengenai tentang :

  1. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bagi siswa.
  2. Menyelenggarakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler agar peserta didik memiliki multiskills yang mampu mengembangkan kecakapan hidup (life skills), berakhlak mulia, kreatif dan inovatif.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pendampingan keagamaan dalam rangka peningkatan ketaqwaan.
  4. Menyelenggarakan pembiasaan beribadah sesuai agama masing-masing.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi profesional, sertifikasi kompetensi, kreatif, inovatif, berkarakter dan berbudaya.
  6. Meningkatkan fasilitas dan lingkungan belajar yang aman, nyaman, memenuhi standar nasional pendidikan, standar kerja industri secara kualitas dan kuantitas.
  7. Menyelenggarakan pembelajaran dengan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Mengembangkan kurikulum, metodologi pembelajaran dan sistem penilaian berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri global.
  9. Mengembangkan sekolah unggulan berbasis literasi numerik, digital, finansial, sains, bahasa.
  10. Mewujudkan sekolah Adiwiyata.
  11. Menerapkan dan mengembangkan pendidikan yang ramah lingkungan, ramah anak dan responsif gender dalam suasana yang harmonis.
  12. Membangun kemitraan (link and match) dengan lembaga yang relevan dalam dan luar negeri.

Demikian artikel mengenai SMK Multimedia. Jangan lupa kunjungi juga website kami karena banyak informasi menarik. Sekian dan terimakasih.

Related Article…