SMK Jurusan Perbankan Syariah

SMK JURUSAN PERBANKAN SYARIAH – jika kamu ingin belajar dan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang petugas bank dan tetap memegang teguh syariat islam, maka jurusan yang satu ini sangat cocok untuk kamu.

Jurusan yang dimaksud adalah jurusan perbankan syariah. Seperti apakah jurusan yang satu ini? simak penjelasan berikut.

Mengenal Jurusan Perbankan Syariah

Perbankan syariah merupakan sebuah sistem perbankan yang pelaksanaannya atas dari hukum Islam.

Sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan dengan mengenakan suku bunga yang bersifat riba, serta larangan berinvestasi pada usaha yang bersifat haram.

Dalam jurusan perbankan syariah siswa akan dibekali ilmu agar mampu bekerja dalam bidang perbankan guna membantu tugas tugas perbankan profesional terutama tenaga akuntan syariah, operasional lembaga keuangan syariah, manajemen perbankan syariah, serta pemasaran syariah.

Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah

SMK Jurusan Perbankan Syariah

Dengan ilmu yang di dapatkan selama di sekolah, berikut ini adalah peluang kerja yang tepat untuk kamu lulusan jurusan perbankan syariah

Baca Juga :  Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Pegawai bank

Pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk lulusan perbankan syariah. Seorang pegawai bank bertanggungjawab atas usaha penyimpanan uang masyarakat, melakukan pemasaran dengan mencari nasabah, memberikan jasa penukaran uang dan lain sebagainya

Pegawai asuransi

Tugasnya yaitu memasarkan dan menjual jasa asuransi untuk jaminan kerugian yang disebabkan karena sakit, kecelakaan mobil, kebakaran dan yang lainnya.

Akuntan

Di jurusan perbankan syariah kamu juga akan dibekali ilmu akuntansi, dengan ilmu itu kamu bisa bekerja menjadi seorang akuntan tugasnya yaitu mencatat seluruh transaksi keuangan, memeriksa laporan keuangan dan pajak hingga melakuan konsultasi untuk riset keuangan.

Staf keuangan syariah

Selain bekerja di bank kamu juga bisa bekerja di bagian staf keuangan, saat ini banyak lembaga keuangan syariah yang menyediakan peluang kerja untuk lulusan perbankan syariah.

Internal auditor

Setiap perusahaan pasti membutuhkan orang yang bekerja di posisi ini, seorang internal auditor tugasnya yaitu mengatur atau mengelola uang yang diinvestasikan oleh nasabah.

Kompetensi Keahlian Jurusan Perbankan Syariah

Beberapa kompetensi yang nantinya siswa kuasai jika masuk di SMK jurusan perbankan syariah antara lain :

  1. Pengelolaan kas
  2. Ekonomi Islam
  3. Layanan lembaga keuangan syariah
  4. Akuntansi perbankan syariah
  5. Komputer akuntansi
Baca Juga :  SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Kenapa kalian harus memilih jurusan perbankan syariah?

Banyak sekali keuntungan yang di peroleh dari seorang lulusan jurusan perbankan. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus memilih jurusan perbankan

  1. Industri perbankan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga lulusan jurusan perbankan sangat di butuhkan oleh banyak perusahaan.
  2. Banyak sekali ilmu  yang bisa kamu peroleh dari jurusan perbankan, mulai dari ilmu perbankan, ilmu akuntansi, ilmu ekonomi serta ilmu agama Islam.
  3. Industri perbankan adalah industri yang tidak akan pernah mati, begitupun dengan keuangan syariah yang diprediksi akan terus berkembang dan banyak diminati hingga tahun tahun kedepan.
  4. Gaji orang yang bekerja di industri peebankan juga dikenal dengan gaji yang menjanjikan, bahkan lulusan baru pun juga bisa menikmati gaji yang tinggi. 
  5. Bisa bekerja dilembaga keuangan seperti perusahaan asuransi, jasa investasi, Bank Syariah dan lainnya. Selain itu Kamu juga bisa menjadi konsultan keuangan yang bertugas sebagai penasehat individu maupun organisasi dalam mengelola keuangan.

Itulah sedikit pembahasan kita tentang SMK Jurusan perbankan syariah.

Semoga bisa menambah refrensi anda. Jangan lupa kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya seputar teknologi, digital marketing dan SMK.

Related Article…