SMK Jurusan Multimedia

SMK Jurusan Multimedia – Jurusan Multimedia yaitu salah satu jurusan pada SMK yang merupakan kompetensi keahlian dalam rumpun bidang keahlian teknik komputer dan informatika.

Yang dimana pada era saat ini teknik komputer dan informatika sedang booming-boomingnya dan menjadi incaran banyak orang. Tak sedikit pula orang yang berminat untuk masuk ke jurusan Multimedia. Lantas apa sih jurusan Multimedia itu? Untuk mengetahui hal yang berkaitan dengan jurusan Multimedia secara mendalam yuk simak penjelasan di bawah ini readers. 

 

Contents

Apa itu SMK Jurusan Multimedia?

Multimedia merupakan suatu gabungan lebih dari satu media. Yang bertujuan untuk menyampaikan atau memberikan informasi. Pada jurusan Multimedia menyediakan suatu informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, maupun sebuah teks.

Dengan mempelajari berbagai ilmu di jurusan Multimedia, siswa dituntut agar memiliki kompetensi keahlian dalam hal yang berkaitan dengan teknologi Multimedia. Dalam hal ini, siswa sudah mahir dalam pengaplikasian teknologi Multimedia dan diyakini sudah siap bekerja saat lulus nanti. Bagi kamu yang masuk jurusan Multimedia tak perlu khawatir, karena tenaga kerja lulusan Multimedia cukup banyak dicari dan dibutuhkan.

 

Apa Yang dipelajari di SMK Jurusan Multimedia?

Seperti namanya, jurusan multimedia tentu mempelajari mengenai teknik yang berhubungan dengan komputer dan informatika. Lantas apa saja sih pelajaran yang di dapat pada jurusan ini, yuk simak dibawah ini!

 

  • Simulasi dan Komunikasi Digital

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar mengenai sistem komunikasi dalam bentuk digital. Tidak hanya materi tetapi pada mata pelajaran ini juga kamu akan diajarkan mengenai cara prakteknya.

  • Sistem Komputer

Pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan mengenai ilmu komputer dan teknik elektro. Yang bertujuan sebagai pengembangan software, hardware, dan juga jaringan komputer.

  • Komputer dan Jaringan Dasar

Pada mata pelajaran ini kamu akan mempelajari tentang perangkat keras dan lunak yang ada pada komputer. Mulai dari belajar merakit hingga merawat sebuah jaringan.

  • Pemrograman Dasar
Baca Juga :  Teknik Pemesinan

Pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan untuk mengetahui langkah-langkah terbaik agar dapat mempelajari bahasa pemrograman dasar atau kode yang ditulis. Kamu juga akan belajar mengenai semua ilmu yang mempelajari tentang pemrograman komputer.

  • Dasar Desain Grafis

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar tentang konsep, bentuk, hingga komposisi sebuah karya komunikasi visual. Selain itu, kamu juga akan diajarkan mengenai prinsip-prinsip desain.

  • Desain Media Interaktif

Pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan mengenai sebuah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media.

Media tersebut terdiri dari teks, grafis, gambar, audio, video, foto, dan animasi secara terintegrasi serta dapat mempermudah proses pembelajaran.

  • Teknik Pengolahan Audio dan Video

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar mengenai bagaimana cara untuk mengolah sebuah audio dan video yang baik dan benar. Dimana siswa dididik agar menjadi seseorang yang terampil dan profesional pada bidang pengolahan audio dan video.

  • Desain Grafis Percetakan

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar mengenai hal yang berkaitan dengan cetak-mencetak. Dimana kamu akan lebih mengetahui mengenai elemen-elemen desain grafis dan bisa mencetaknya menjadi wujud fisik. Itu tadi merupakan beberapa mata pelajaran yang akan didapat dan dipelajari bagi kalian yang akan masuk jurusan Multimedia. Jelas terlihat bahwa pada mata pelajaran tersebut dibutuhkan sikap profesional, kreatif, dan keuletan.

 

Keuntungan Jurusan Multimedia

Bagi kamu yang berminat untuk masuk ke jurusan Multimedia tentu akan mendapatkan keuntungan tersendiri selama belajar pada jurusan tersebut. Lalu apa saja yang menjadi keuntungan belajar jurusan Multimedia?

 

Yuk kita intip beberapa manfaat dibawah ini readers!

  • Dapat memahami ilmu komputer secara lebih dalam
  • Lebih mahir dalam mengoperasikan software komputer
  • Mampu membuat karya yang profesional
  • Lebih mahir sebagai konten kreator
  • Dapat menghasilkan uang dari karya-karyanya

 

Dari uraian tersebut, terlihat manfaatnya tidak main-main ya readers. Tentu manfaat tersebut akan kamu dapatkan jika kamu rajin untuk mempelajari dan mempraktekkan dasar-dasar ilmu Multimedia yang sudah kamu dapatkan.

Baca Juga :  Syarat Masuk SMK Jurusan Otomotif

 

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Prospek kerja atau peluang kerja yang bisa dijajaki oleh jurusan Multimedia media pun cukup banyak. Apalagi di era globalisasi ini yang semakin canggih dengan pengaplikasian sistem digital, salah satunya komputer.

 

Berikut ini adalah prospek kerja jurusan multimedia :

  • Graphic Designer

Bagi jurusan Multimedia, peluang kerja yang satu ini bisa menjadi peluang. Tugas seorang Graphic Designer adalah bertanggung jawab untuk membuat suatu desain yang bernilai jual. Desain tersebut berguna untuk keperluan publikasi pada website, media cetak, poster, kemasan produk, hingga membuat identitas visual untuk keperluan branding suatu perusahaan.

  • Animator atau Illustrator

Pada pekerjaan ini dibutuhkan daya imajinasi yang tinggi karena harus mampu untuk menggabungkan seni, desain, dan kreativitas agar mendapatkan hasil visual yang menarik dan orisinil serta dapat diperjualbelikan. Selain itu, akan bekerja untuk dengan melibatkan keahlian seni dan dapat membuat gambar gerak dalam bentuk 2D atau 3D.

  • Web Designer

Tugas seorang Web Designer adalah menggabungkan desain dan programming untuk membuat layout website. Dan juga harus bisa untuk membuat coding website agar website menjadi baik dan mampu bekerja secara maksimal.

  • Game Modeler

Bagi kamu yang memiliki hobby dan passion games, bisa banget nih menyalurkan minat kamu sebagai seorang Game Modeler. Yang bertugas untuk membuat sebuah game designer mulai dari karakter, alur, hingga cara permainan.

  • Interactive Media Designer

Seorang Interactive Media Designer mempunyai tugas untuk membuat produk dengan mengkoding dan melakukan tes terhadap semua produk yang telah dibuat. Menjadi seorang Interactive Media Designer juga sangat dibutuhkan ketelitian serta sikap profesionalisme.

 

Mungkin sekian pembahasan mengenai jurusan Multimedia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa menjadi referensi untuk yang mau masuk SMK jurusan Multimedia. Untuk informasi selanjutnya tentang SMK bisa kalian intip di website ini.

 

Related Article…