SMK Jurusan Keperawatan

SMK jurusan keperawatan – sebagai salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat, jurusan keperawatan masih menjadi jurusan yang banyak dipilih oleh calon siswa.

Apalagi mengingat besarnya peran yang diberikan sebagai perawat ketika sudah bekerja nantinya.

Bagaimanakah jurusan yang satu ini sebenarnya? simak pembahasan berikut ini.

Jurusan Keperawatan

Keperawatan merupakan bidang studi yang menyiapkan kita menjadi seorang perawat.

Di jurusan ini mempelajari teori dan teknologi baru untuk mengembalikan dan merawat kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas.

Bidang spesialisasi untuk disetiap kelas perawat antara lain perawat dewasa, anak-anak, manula, perawat untuk mental dan perawatan jalan. Pengertian perawat adalah suatu profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga dan komunitas dalam mencapai, memelihara dan menyembuhkan kesehatan yang optimal dan berfungsi.

Baca Juga :  Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang dipelajari di jurusan keperawatan diantaranya : 

  1. Fisika
  2. Kimia
  3. Biologi
  4. Komunikasi keperawatan
  5. ilmu kesehatan masyarakat 
  6. Keterampilan dasar tindakan keperawatan
  7. Kebutuhan dasar manusia
  8. Anatomi Fisiologi
  9. ilmu penyakit dan Penunjang Diagnostik
  10. Produk kreatif dan kewirausahaan
  11. Simulasi dan Komunikasi Digital

Jadi itulah mata pelajaran jurusan keperawatan yang saya ketahui. Dan ada juga materi muatan Nasional Seperti Bahasa indonesia, pkn, pendidikan Agama islam dll.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Keperawatan ??

SMK Jurusan Keperawatan

  1. Karena Kebutuhan masyarakat akan pelayanan dan asuhan kesehatan yang semakin meningkat secara tidak langsung juga berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan tenaga medis, salah satunya adalah perawat.
  2. Lapangan kerja lulusan Keperawatan sangat luas, mulai dari di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, dan sebagainya
Baca Juga :  SMK Jurusan Kebidanan

Prospek Kerja

  1. Instruktur Perawat
  2. Pekerja sosial medis
  3. Perawat lansia
  4. Perawat kesehatan mental
  5. Perawat gigi

Dan masih banyak sekali berbagai ilmu-ilmu yang bisa kita dapatkan dijurusan ini, tentunya akan menunjang kita mampu terjun ke dunia lapangan pekerjaan yang kita inginkan.

Tapi sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja yang sejalan dengan jurusan ini, namun tidak mungkin saya sebutkan semua. Lebih baik persiapkan diri dan terus berlatih untuk mengasah kemampuanmu agar siap bersaing ya! 

Sekian dulu sedikit pembahasan tentang SMK Jurusan Keperawatan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mencari SMK Jurusan keperawatan.

Dapatkan Informasi lainnya tentang SMK hanya di website kami

Related Article…