SMK Jurusan Kebidanan

SMK JURUSAN KEBIDANAN – Jika kamu sedang mencari refrensi dan bingung untuk memilih jurusan sekolah lanjutan, sekarang tidak usah bingung lagi. Kami akan memberikan informasi yang anda butuhkan. Salah satunya adalah tentang SMK jurusan kebidanan. lalu seperti apakah SMK jurusan kebidanan itu? Simak penjelasan berikut.

Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan adalah jurusan dimana kamu akan mempelajari tentang menolong pasca proses persalinan sekaligus mendampingi pasien pasca proses persalinan. Tidak hanya itu pada jurusan kebidanan juga mempelajari tentang nifas, masa menyusui, masa interval, pengaturan kesuburan, menopause, bayi baru lahir, dan sistem reproduksi.

Kamu juga akan dilatih untuk membantu ibu hamil pasca persalinan sekaligus memimpin jalannya proses persalinan. Selain itu kamu bisa juga akan dilatih untuk membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan setelah melahirkan dan juga dapat berperan dalam program keluarga berencana.

Jurusan kebidanan tidak hanya teori saja yang dipelajari akan tetapi juga lebih ditekankan kepada praktek langsung di lapangan sehingga membuat proses pembelajaran pada jurusan kebidanan lebih menyenangkan dan asik. Kita juga bisa memanfaatkan bekal ilmu yang kita dapat pada jurusan kebidanan ini untuk membantu para ibu hamil pasca proses persalinan.

5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Kebidanan

Masuk ke jurusan kebidanan tentu akan membuka peluang kerja atau prospek kerja dan karier yang bagus untuk kamu yang masuk jurusan kebidanan akan tetapi jika kamu masih mengenai jurusan kebidanan kamu bisa simak artikel ini yang mungkin bisa mengubah pandanganmu mengenai jurusan kebidanan.

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL

Karier kerja yang meyakinkan

Perkembangan ilmu pengetahuan membuat lulusan jurusan kebidanan banyak dicari oleh para instansi kesehatan seperti klinik, puskesmas, maupun rumah sakit. Tidak hanya daerah perkotaan saja yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan jurusan kebidanan akan tetapi daerah terpencil sekalipun seperti desa kecil juga membutuhkan tenaga kesehatan untuk membantu para ibu-ibu.

Membuka praktek sendiri

Ilmu yang kamu dapatkan dari pembelajaran pada jurusan kebidanan bisa kamu terapkan dengan membuka praktek sendiri di rumah. Selain mendapat penghasilan dari rumah, membuka praktek sendiri di rumah juga membuatmu merasa nyaman.

Bisa untuk selalu membantu orang lain

Dalam kehidupan sehari-hari entah dalam bersaudara, berumah tangga ataupun bermasyarakat kamu bisa menerapkan ilmu jurusan kebidanan untuk selalu membantu satu sama lain sehingga nanti kamu pun akan mempunyai jaringan silahturahmi yang luas. Pada jurusan kebidanan ini kamu juga dituntut untuk bisa bergaul dengan orang-orang di sekitar tapi tentu saja ketelitian harus kamu kedepankan jika sedang menangani masalah.

Bisa menjadi seorang dosen

Kamu bisa menambah ilmu tentang kebidanan jika kamu mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tentang ilmu kebidanan. Nantinya bisa mengajar pada jurusan kebidanan juga. Dengan ini kamu bisa berbagi  ilmu kepada orang lain.

Jika berkuliah maka masa perkuliahannya singkat,

Masa untuk perkuliahan jurusan kebidanan hanya sampai D3 saja akan tetapi jika kamu berminat untuk mendalami pengetahuan tentang kebidanan kamu bisa melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Jaringan yang luas bisa kamu dapatkan,

Pada pasca kamu berada dalam jurusan kebidanan tentu kamu akan kenal dengan beberapa temanmu juga yang mungkin sepaham denganmu tentang jurusan kebidanan. Lalu ditambah dengan praktek di lapangan secara langsung yang kamu lakukan juga bisa membuatmu mengenali lebih banyak orang terutama para dokter, bidan senior serta tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga :  Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor

Lulusan Jurusan Kebidanan Prospek Kerjanya Apa Saja?

SMK Jurusan Kebidanan

Dengan berbekal ilmu jurusan kebidanan yang kamu pelajari kamu bisa mendapatkan karir yang jelas dan meyakinankan ditambah tingginya peminat jurusan kebidanan membuat jurusan kebidanan menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Pekerjaan apa kira-kira yang cocok buat kamu lulusan jurusan kebidanan yang masih bingung.

  1. Dosen Jurusan Kebidanan.                                                 
  2. Bidan.                                                                                     
  3. Pengasuh Bayi atau Anak.                                               
  4. Perawat Lansia.
  5. Instansi BPJS.
  6. Dinas Kesehatan.

Sekolah SMK Jurusan kebidanan

Salah satu sekolah yang memiliki jurusan kebidanan adalah SMK Negeri 2 Simpang Empat, Kalimantan Selatan. Sekolah yang berdiri pada tahun 2005 ini, merupakan sekolah pertama yang memiliki jurusan kebidanan di indonesia yang berdiri pada tahun 2011. Di sekolah ini sendiri memiliki beberapa jurusan lainnya seperti jurusan kesehatan, jurusan farmasi, dan jurusan keperawatan.

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang SMK Jurusan Kebidanan. Semoga bisa menjadi refrensi anda untuk memilih jurusan sekolah lanjutan anda. Dapatkan informasi lainnya di website kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Related Article…