SMK Jurusan Animasi Di Jakarta

SMK Jurusan Animasi Di Jakarta – bagi kamu yang sedang bingung mencari sekolah lanjutan di Jakarta, sebenarnya ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih salah satunya adalah jurusan animasi.

Sekarang ini ada banyak sekolah di Jakarta yang memiliki jurusan yang satu ini. Dimana sajakah sekolah tersebut? Berikut pembahasanya.

Pengertian Animasi

Dilihat dari istilah umumnya, Animasi bisa diartikan sebagai gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek yang sudah disusun sedemikian rupa agar membentuk pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi animasi bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.

Beberapa orang mendefinisikan animasi sebagai hasil dari pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak atau hidup dikomputerisasi. Selain bergerak, pengolahan sekumpulan gambar juga memkombinasikan dengan efek dan filter, sehingga suara sejalan dengan gerakan animasi tersebut.

Pada animasi tradisional, suatu struktur dibuat menjadi gambaran atau dilukis dengan tangan pada lembaran seluloid transparan untuk difoto dan dipamerkan pada film. Pada masa kini, sebagian besar animasi dibuat dengan gambar yang dihasilkan komputer (CGI).

Animasi komputer dapat berupa animasi 3 Dimensi (3D) yang sangat detail atau 2 Dimensi (2D) yang dapat digunakan untuk mengatur bandwidth atau rendering.

Metode pembuatan animasi lainnya menerapkan teknik stop motion pada objek 2 dan 3 dimensi seperti boneka, tanah liat, dan potongan kertas. Itu sebabnya mata kita hanya dapat melihat atau menangkap gambar selama 1/16 detik.

Ketika beberapa gambar bermuncul di layar secara berurutan dengan cepat, otak akan menggabungkannya menjadi satu gambar yang bergerak. Hal itulah yang mendasari terciptanya animasi.

Dalam dunia multimedia, animasi merupakan cara menggunakan program di komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pada layar. Dan animator adalah sebutan yang dikenal untuk seseorang yang membuat animasi.

Mengenal Jurusan Animasi di SMK

SMK Jurusan Animasi mempersiapkan siswanya menjadi tenaga terampil di bidang animasi. Siswa dibekali kemampuan menggambar, kemampuan seni dan desain, kemampuan menggambar manual atau digital, penguasaan teknik animasi 2D dan 3D, penguasaan software animasi, dan spesial efek, fotografi, sinematografi, dan produksi film animasi.

Jurusan animasi menjadi jurusan yang digemari anak muda karena jurusan ini sangat berkaitan erat dengan hobi dan kesukaan banyak remaja. Seperti suka anime, seni menggambar, video animasi, film, kartun, dan masih banyak sebagainya.

Baca Juga :  SMK Jurusan Sekretaris

Kompetensi Keahlian SMK Jurusan Animasi

Beberapa kompetensi keahlian yang akan siswa pelajari jika menempuh jurusan animasi antara lain :

Videografi

Umumnya, siswa akan dibekali kemampuan agar dapat berkarya videografi yang meliputi membuat skenario, storyboard, pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Peserta didik juga akan dibekali kemampuan editing dengan menggunakan berbagai aplikasi.

Animasi 2D

Siswa nantinya juga akan belajar tentang animasi 2D. Disini siswa akan belajar dan memahami tentang prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector). Sehingga bisa membuat gambar obyek menggunakan aplikasi animasi 2D dengan berbagai teknik.

Animasi 3D

Mempelajari bagaimana cara membuat sketsa rancangan obyek 3D, membuat dan mengolah model sederhana berbasis 3D Hardsurface, membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D, menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D, hingga membuat produk animasi 3D menggunakan obyek-obyek sederhana.

Digital Processing

Mempelajari cara memindahkan gambar manual menjadi bentuk digital dengan menggunakan perangkat yang tersedia. Kompetensi keahlian ini juga akan membahas bagaimana memproses gambar manual yang sudah dalam bentuk digital tersebut.

Prospek Kerja

Jika kamu memilih untuk sekolah di jurusan animasi, maka ada beberapa prospek kerja yang erat kaitannya dengan jurusan tersebut. Mulai dari Desainer video game, illustrator, storyboard artist dan lainnya.

Desainer Video Game

Pekerjaan yang pertama adalah sebagai desainer video game. Jurusan animasi akan membuat siswa memiliki kompetensi yang sangat cocok untuk pekerjaan yang satu ini. Dengan menggunakan ilmu yang mereka miliki, siswa bisa mengembangkan dan menerapkan keilmuannya dalam mendesain video game.

Animator dan Seniman Multimedia

Ada juga pekerjaan sebagai seorang animator dan seniman multimedia. Pekerjaan yang satu ini akan membuat siswa menerapkan ilmunya dalam pembuatan animasi yang menggunakan aplikasi tertentu. Tentunya animasi yang dilakukan bisa juga untuk mendukung pembuatan film animasi yang sekarang ini sedang naik daun.

SMK Jurusan Animasi di Jakarta

Desainer Visual Efek

Sebagai lulusan jurusan animasi, siswa juga bisa menjadi seorang designer visual efek. Pembuatan visual efek tentunya tidak mudah karena memerlukan pengaturan yang tepat agar bisa menghasilkan efek yang bagus. Di jurusan animasi, tentunya ada beberapa kompetensi yang nantinya dapat diterapkan dalam pekerjaan yang satu ini.

Illustrator

Selanjutnya adalah pekerjaan sebagai seorang illustrator. Illustrator memiliki tugas untuk membuat gambar statis yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Nantinya pembuatan gambar statis ini disesuaikan dengan target atau tujuan yang ingin dicapai. Pekerjaan ini juga sangat cocok untuk lulusan animasi karena bisa lebih mudah menggambarkan keinginan klien dengan kreatifitas yang dimiliki.

Baca Juga :  SMK Jurusan Masinis

Storyboard Artist

Selanjutnya adalah storyboard artist. Pekerjaan yang satu ini akan menuntut lulusan untuk bisa mebuat gambaran visual dari sebuah script yang sudah disiapkan sebelumnya. Scipt inilah yang nantinya akan digunakan untuk membuat gambaran salah satu contohnya di komik.

Desain Karakter

Pekerjaan selanjutnya adalah desain karakter. Melakukan desain karakter tentunya membutuhkan kreatifitas yang tinggi sehingga bisa membuat gambaran karakter yang apik. Dengan memberikan gambaran animasi yang apik tentu akan memberikan kesan yang lebih baik pada pembaca atau orang yang melihatnya.

Daftar SMK Animasi Di Jakarta

Jika kamu bingung sekolah mana saja SMK yang memiliki jurusan animasi khususnya di daerah Jakarta, berikut beberapa informasi sekolah yang menyediakan jurusan tersebut.

SMK Islam PB Soedirman 2 Jakarta

Sekolah yang pertama adalah SMK islam PB Soedirman 2 jakarta. Di sekolah ini terdapat jurusan animasi yang tentunya memiliki fasilitas yang mumpuni untuk bisa mendukung pembelajaran siswa. Selain jurusan animasi ada juga jurusan lainnya seperti perbankan syariah, akuntansi dan keuangan lembaga, dan jurusan Otomatisasi tata kelola perkantoran.

SMK Negeri 67 Jakarta

Selanjutnya adal SMK Negeri 67 jakarta. Di sekolah ini tersedia juga program keahlian animasi. Tentunya jurusan tersebut bisa berjalan maksimal dengan adanya dukungan dari fasilitas yang sekolah sediakan. Selain jurusan animasi ada jurusan lainnya yaitu DKV (Desain komunikasi visual) dan multimedia yang bisa siswa jadikan pilihan.

SMK Negeri 71 Jakarta

Sekolah selanjutnya yang ada di Jakarta dan menyediakan jurusan animasi adalah SMK Negeri 71 jakarta. Di sekolah ini menyediakan jurusan animasi tentunya dengan fasilitas yang mendukung. Ada juga beberapa jurusan lainnya seperti desain komunikasi visual, dan rekayasa perangkat lunak. Untuk mendukung lulusan dari sekolah ini, terdapat juga kerjaasama dengan beberapa dunia industry yang ada.

SMK Negeri 31 Jakarta

Sekolah lainnya yang memiliki jurusan animasi adalah SMK Negeri 31 jakarta. Di sekolah ini terdapat jurusan animasi yang memiliki lulusan yang siap kerja. Tidak hanya jurusan animasi saja, ada juga jurusan lainnya seperti otomatisasi tata kelola perkantoran, desain komunikasi visual, perbankan dan keuangan mikro, akuntansi dan keuangan lembaga, dan juga bisnis daring dan pemasaran.

SMKN 6 Jakarta

Terakhir adalah SMK Negeri 6 jakarta. Di sekolah ini terdapat 5 program keahlian yaitu Adminisstrasi perkantoran, akuntansi, manajemen bisnis, multimedia, dan juga animasi. Dengan fasilitas yang ada tentunya hal tersebut sudah bisa mendukung dan memperlancar kegiatan belajar mengajar yang berlangsung.

Mungkin itu sedikit pembahasan kita tentang SMK Jurusan Animasi di Jakarta. Semoga bisa menjadi refrensi anda yang sedang mencari sekolah lanjutan. Dapatkan informasi lainnya tentang SMK hanya di pklsmk.com. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Article…