PKL SMK Multimedia Jakarta

Halo, Readers!! Kalian siswa SMK jurusan Multimedia Jakarta bingung mau PKL dimana? Apalagi kondisi lagi pandemic jadi engga banyak tempat yang buka. Tenang aja pklsmk punya solusinya.

Siswa SMK itu memang memiliki prioritas untuk terjun langsung ke dunia kerja. Untuk mendapatkan predikat lulus, siswa harus menempuh kegiatan PKL Lalu apa kegiatan PKL itu sebenarnya?

PKL atau praktek kerja lapamgan adalah kegiatan siswa untuk mempraktekkan apa yang telah siswa pelajari di sekolah ke lapangan secara langsung. Siswa juga dapat mengetahui kegiatan di dunia kerja lewat PKL ini.

Kenapa PKL penting? Selain buat tau dunia kerja?

Kegiatan PKL menjadi salah satu jalan untuk mencari pekerjaan. Terkadang siswa PKL akan mendapatkan penawaran untuk masuk ke perusahaan. Hal ini terjadi karena siswa memberikan hasil yang bagus saat PKL.

Jurusan Multimedia

PKL SMK Multimedia Jakarta

Multimedia adalah salah satu bidang keahlian yang saat ini banyak perusahaan cari. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang ikut berkembang dengan adanya kemajuan informasi dan teknologi. Di jurusan ini, siswa fokus pada belajar pada pemanfaatan media yang ada mulai dari cetak, grafis, hingga ke pembuatan video untuk kebutuhan kerja.

Saat ini, Prospek kerja untuk siswa SMK multimedia bisa kita katakana sangat banyak. Sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan jasa untuk pengembangan dan pemanfaatan media. Pemanfaatan media ini terutama untuk melakukan promosi produk.

Pemilihan lokasi PKL perlus siswa pertimbangkan. Karena pemilihan tempat nantinya akan berefek pada apa yang siswa kerjakan selama PKL. Kegiatan PKL siswa harus tetap aktif karena akan mendapatkan penilaian dari lokasi PKL yang mereka tempati.

PKL Multimedia di daerah Jakarta

Sebagai kota besar, Jakarta memiliki beragam pilihan tempat untuk lokasi PKL. Dari perusahaan besar hingga kecil, semuanya tersedia di Jakarta. Sehingga membuat pilihan lokasi PKL sangat beragam. Namun, siswa perlu cermat dalam pemilihan lokasi karena yang akan menerima dampaknya adalah siswa sendiri.

PKL di masa pandemi

Sangat disayangkan, siswa PKL juga ikut mengalami dampaknya karena adanya pandemic virus corona. Karena penerapan work from home, perusahaan terpaksa melakukan kegiatan kerjanya dari rumah masing-masing. Alhasil, Kegiatan siswa untuk PKL di lokasi secara langsung juga terbatas.  Lalu apakah ada solusi untuk masalah ini?

Beberapa perusahaan ada yang menerapkan sistem PKL secara online. Cara ini mereka pilih agar memudahkan siswa untuk tetap menjalankan kegiatan PKL. Siswa tetap dapat berkegiatan PKL walau mereka terhalang karena adanya pandemic. Seperti apakah kegiatan PKL online itu?

Kegiatan PKL Online

Seperti namanya, PKL online menggunakan internet untuk dapat berjalan. Kegiatan akan menggunakan beberapa fasilitas yang telah terhubung dengan internet seperti gmeet dan zoom. Siswa tetap dapat melakukan komunikasi dan menjalani PKL tanpa halangan.

Saat ini, sudah banyak yang memanfaatkan sistem ini. Pekerjaan tetap berjalan dan mereka tetap dapat menampung siswa PKL. Sehingga memilih sistem ini sekarang sangatlah bijak. Nah sekarang, dimana aja sih yang memakai sistem ini? salah satunya adalah PT. Kombas.

PKL online di PT Kombas

Yap, PT. Kombas atau PT. Kombas Digital internasional secara lengkapnya adalah perusahaan yang memakai sistem PKL online. Kenapa PT. Kombas melakukan ini?

PT. Kombas adalah salah satu perusahaan yang selalu menjadi rujukan untuk penempatan siswa PKL. Supaya di masa pandemi, kegiatan PKL tetap berjalan akhirnya PT. Kombas menerapkan sistem PKL ini.

Kombas juga sedang mengembangkan platform untuk kebutuhan siswa PKL. Platform ini bernama Akademi kombas. Dengan menggunakan platform ini, siswa akan lebih mudah berkegiatan PKL. Rincian tugas dan materi sudah tertampung di platform ini sehingga tidak membingungkan siswa.

Dengan PKL di PT. Kombas kemampuan siswa tidak hanya berkembang pada kemampuan praktik dan pengetahuan lapangan saja. Siswa juga akan berkembang softskill nya?

Softskill yang akan berkembang diantaranya keaktifan, daya analisa, kemampuan memecahkan masalah, dan kerjasama. Perkembangan softskill ini akan sangat membantu siswa dalam dunia kerja nantinya.

Selain itu, jika siswa PKL di PT. Kombas, siswa berkesempatan untuk mendapat ilmu langsung dari ahlinya. Hal ini dapat terjadi karena PT. Kombas sudah bekerjasama dengan mentor-mentor yang sudah ahli dalam bidangnya. Ilmu yang siswa dapetin pasti udah yang paling best pokoknya.

Kalian juga berkesempatan untuk mendapat penyaluran kerja. Di beberapa kesempatan, lewat PKL di PT. Kombas, siswa SMK bisa dapat pekerjaan sebelum mereka lulus. Asik banget kan?

Jadi apalagi yang kalian bingungin, ikut PKL di PT.Kombas aja.

Sekian pembahasan sedikit tentang PKL SMK Multimedia Jakarta. Semoga dapat memberikan info untuk para pencari lokasi PKL dimanapun kalian berada. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan PKL SMK, kunjungi saja pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Depok

Related Article…