Profesi Sales Merchandiser

Profesi Sales Merchandiser – Jika kamu dari jurusan otkp ataupun bdp sedang bingung untuk mencari pekerjaan, Maka sekarang ini sangat cocok untuk kamu. salah satu pekerjaan yang mungkin bisa jadi refrensi untuk kamu adalah pekerjaan sebagai seorang sales merchandiser. Simak penjelasan ini agar lebih mudah kamu pahami.

Ada beberapa tanggung jawab dari merchandise terkait produk yang dijual. Apa sajakah itu? Dapat disimpulkan, merchandiser adalah seseorang yang mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh pelanggan di toko.

Seorang merchandiser memiliki tanggungjawab untuk memastikan produk yang dijualbelikan tiba tepat waktu. Selain itu mereka juga akan bekerja bersama tim purchasing dan sales untuk bisa memperkirakan dan merencanakan aatau bahkan mengawasi stok barang yang ada. Nah,berikut ini kita akan membahas tanggung jawab dan skil bagi seorang sales merchandise.

Apa itu Profesi Sales Merchandiser?

Seseorang yang mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh pelanggan di toko. Seorang merchandiser memiliki tanggungjawab untuk memastikan produk yang dijualbelikan tiba tepat waktu. Selain itu mereka juga akan bekerja bersama tim purchasing dan sales untuk bisa memperkirakan dan merencanakan aatau bahkan mengawasi stok barang yang ada.

Profesi Sales Merchandiser

Tanggung Jawab Sales Merchandiser

1. Menganalisis tren market terhadap produk

Tugas merchandiser lainnya adalah melakukan analisis tren market terhadap produk-produk yang dijual. Dengan kata lain, merchandiser harus mencari tahu produk apa yang sedang banyak dicari dan dibeli oleh pelanggan.

Baca Juga :  Profesi Social Media Marketing

Produk-produk itulah yang harus mendapat perhatian lebih untuk ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau pelanggan.

2. Mengatur tata letak penjualan

Salah satu tanggung jawab utama seorang merchandiser adalah mengatur tata letak penjualan. Biasanya, sebuah toko memiliki floor plan atau layout sendiri. Dari floor plan tersebut, merchandiser bisa menentukan lokasi yang cocok untuk setiap produk yang dijual. Selain cocok, merchandiser juga bertanggung jawab agar produk tersebut mudah ditemukan oleh pelanggan.

Bahkan, ada pula trik-trik yang bisa dilakukan, seperti menaruh produk-produk kecil di bagian kasir agar dilirik pelanggan.

3. Menjalankan strategi promosi

Seorang merchandiser juga bertugas menjalankan strategi promosi yang sudah dirancang oleh departemen lainnya. Strategi promosi ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk atau cara. Contohnya saja seperti diskon, beli 1 gratis 1, pemberian giveaway dan sebagainya.

4. Memeriksa produk yang dipajang

Sebelum produk dipajang di sebuah toko, kios, atau supermarket, seorang merchandiser harus memeriksa produk-produk tersebut. Hal-hal yang diperiksa antara lain harga, tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan, hingga kondisi produk itu sendiri. Merchandiser harus memastikan bahwa produk tersebut memang layak untuk dijual.

5. Memeriksa stok produk

Selain menjalankan empat tanggung jawab yang sudah disebutkan sebelumnya, merchandiser juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap stok produk secara berkala. Nantinya Merchandiser bisa mengetahui dan menentukan penambahan atau pengurangan produk yang mereka kelola. Dengan begitu, stok tidak akan kehabisan atau menumpuk di kios tersebut.

Baca Juga :  Tugas-tugas Digital Strategist

Skill Utama Sales Merchandiser

Ada beberapa skill utama yang dibutuhkan oleh seorang merchandiser, yaitu sebagai berikut.

  1. Kreativitas yang tinggi
  2. Menguasai tentang display produk
  3. Analisis data dan tren
  4. Komunikasi dengan berbagai pihak
  5. Memiliki ketelitian yang tinggi

Jenis merchantdiser

Dalam menjalankan aktivitasnya ternyata merchantdiser juga mempunyai beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan jenis produk yang di jajahkan. Jenis merchandiser ini antara lain :

Merchandise daily product

jenis merchantdise pertama adalah merchandise yang fokusnya pada produk yang digunakan sehari – hari. Contoh merchandisenya ini seperti gelas, pulepen, notebook, jam dinding atau yang lainnya.

Merchandise produk fashion

Ada juga merchandise yang dokusnya pada produk fashion. Kalau untuk merchandise yang satu ini  biasanya berfokus pada produk seperti kaos, jaket, masker, celemek, dan lain sebagainya. Apabil usaha yang dijalankan adalah usaha fashion maka merchantdise inilah yang akan banyak dipilih.

Merchandise produk unik

jenis yang selanjutnya adalah jenis merchandise produk unik. Di merchandise ini biasanya akan berfokus pada jenis merchandise yang memang memiliki keunikan mereka tersendiri. Contohnya saja seperti sticker atau lighstick yang dipilih dari boyband atau girlband tertentu. atau bahkan merchandise unik dari film tertentu. Biasanya merchantdise ini lebih digunakan sebagai sarana promosi atau agar penggemar merasa lebih dekat dengan idola.

Mungkin itulah sedikit pembahasan tentang pekerjaan atau profesi sebagai seorang sales merchandiser. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda yang sedang bingung mencari pekerjaan. Dapatkan informasi lainnya di website kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya

Related Article…