Profesi Marketing Research Analyst

Profesi Marketing Research Analyst – Setiap perusahaan pasti memiliki suatu masalah dalam menjalani pemasaran. Nah setiap perusahaan juga punya seorang karyaawan yang biasa di panggil Marketing Research Analyst. Apa itu profesi Marketing Research Analyst?

Apa itu Marketing Research Analyst?

Pekerjaan sebagai seorang marketing research analyst atau riset pemasaran merupakan profesi yang fokusnya adalah melakukan penelitian terutama di bidang pemasaran.

Penelitian yang dilakukan ini biasanya dilakukan secara sistematis dimulai dari proses perumusan masalah, merumuskan tujuan, Melakukan pengumpulan data, pengolahan data dan juga mengintepretasikan hasil yang didapatkan. Orang yang bekerja di bidang marketing research ini biasanya memiliki tujuan untuk mencapai target.

Tanggung Jawab Marketing Analyst

Berikut adalah beberapa tanggung jawab pekerjaan yang harus dilakukan oleh profesi marketing research analyst ini:

  1. Memproyeksi penjualan dan marketing.
  2. Melakukan riset pada pesaing pasar.
  3. Melakukan survei terhadap pasar dan segmentasinya.
  4. Menentukan cara yang efektif untuk mengumpulkan data.
  5. Menilai efektivitas strategi pemasaran.

Skill Profesi Marketing Research Analyst

Profesi Marketing Research Analyst

1. Analytic Poblem Solving

Seorang riset pemasar harus bisa menyelesaikann masalah analitis dengan benar dan baik. Hal ini karena mereka harus menerjemahkan masalah menjadi sebuah analisis yang terstuktur.

Baca Juga :  Profesi Sales Merchandiser

2. Berpikir Kritis

Selain dapat memecahkan masalah analitis, seorang periset pasar juga harus berpikir secara kritis. Dalam melakukan pekerjaannya, seorang marketing research analyst harus bisa melakukan penelitian tentang kepuasan dan juga tren konsumen. Dengan meneliti ini maka marketing research analyst dapat melakukan penggalian lebih dalam terutama tentang kebutuhan konsumen.

3. Komunikasi Efektif

Profesi ini dituntut untuk bisa membangun komunikasi dengan konsumen saat sedang melakukan survei. Dengan memiliki kemampuan dan membangun komunikasi ini maka marketing research analyst dapat mengumpulkan data dengan lebih mudah.

Langkah-langkah  Menyusun Riset Pemasaran

Merumuskan Masalah

Tahap pertama yang dilakukan adalah melakukan perumusan masalah. Tahapan awal ini memiliki peranan yang sangat penting dalam tahapan marketing research analys. Biasanya Perumusan masalah ini dilakukan agar bisa memahami dengan baik target yang akan perusahaan atau penelitian ini capai. Mengingat tahpan riset menghasilkan informasi yang akurat demi bisa melanjutkan langkah untuk bisnis.

Menentukan Desain Riset

Setelah mengetahui dan merumuskan target yang akan dicapai, maka marketing research analyst akan melakukan pembuatan dan menentukan desain riset. Desain riset ini biasanya dilakukan untuk bisa menentukan prosedur pengambilan data, pengujian hipotesis, dan juga berbagai kemungkinan untuk pengumpulan kuisioner yang dilakukan.

Dalam penentuan desain riset ini akan sangat bergantung pada parameter yang menentukan hasil akhir dari riset yang dilakukan. Melalui desain riset ini, maka bisa dilakukan perancangan untuk langkah lanjutan dalam melakukan riset pemasaran.

Baca Juga :  Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager

Merancang Metode Pengumpulan Data

Biasanya sumber data yang ada berupa data primer dan juga data sekunder. Data primer mernjadi data utama yang paling dibutuhkan dan bisa marketing research analyst ambil secara langsung di lapangan.

Untuk data sekunder, bisa dibilang merupakan data penunjang yang bisa diambil dari sumber seperti buku atau refrensi lainnya. Dengan memperhatikan kedua sumber data ini maka marketing research analyst dapat melakukan perancangan metode pengumpulan data.

Mengambil Sampel dan Mengumpulkan Data

Setelah Rancangan metode pengumpulan data selesai dirumuskan. Maka marketing research analyst bisa mulai melakukan tahap pengumpulan sampel dan pengumpulan data. Beberapa metode yang bisa digunakan seperti wawancara, melakukan observasi lapangan, kuesioner, atau studi dokumen lainnya. Hasil yang didaptkan dari tahapan pengumpulan data nantinya akan dibentuk menjadi database.

Melakukan Analisis dan Interpretasi Data

Tahapan lanjutan setelah melakukan pengumpulan data, maka tahap selanjutnya adalah melakukan analisis dan intepretasikan agar bisa mendapatkan kesimpulan. Hasil analisis yang dilakukan akan menjadi dasar dalam melakukan penyusunan laporan riset.

Menyusun Laporan Riset

Tahap akhir yang perlu dilakukan oleh marketing research analyst adalah membuat laporan riset. Laporan riset ini bisa memuat tentang hasil penelitian, kesimpulan, atau rekomendasi yang berkaitan dengan penelitian. laporan riset inilah yang digunakan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan selanjutnya.

Related Article…