Prakerin SMK OTKP Banjarnegara Terdekat

Prakerin SMK OTKP Banjarnegara terdekat – Jurusan OTKP menjadi salah satu jurusan yang saat ini banyak siswa tempuh dan pilih sebagai jurusan mereka.

Di jurusan ini juga ada kewajiban menjalan kegiatan PKL atau yang sekarang lebih sering disebut prakerin.

Lalu bagaimanakah kegiatan prakerin untuk SMK OTKP itu? berikut pembahasannya.

Peluang kerja jurusan OTKP

Kejuruan OTKP ini termasuk kedalam administrasi, dan administrasi salah satu bagian terpenting di setiap perusahaan.

Karena tanpa adanya administrasi,suatu perusahan akan kewalahan dan tidak akan bekerja sebagai mana mestinya.

Bagi kalian siswa siswi jurusan OTKP yang mungkin setelah lulus sekolah ingin langsung bekerja tetapi masih bingung mau kerja dimana ataupun mau kerja apa, disini akan memberitahu sedikit info yang diambil dari media apa pekerjaan yang mungkin cocok untuk para calon pekerja lulusan kejuruan OTKP ini yaitu :

  1. Resepsionis

Peluang kerja pertama yang bisa kalian cari yaitu resepsionis karena siswa siswi di jurusan ini memiliki komunikasi yang baik.

Bagi kalian yang merasa memiliki kemampuan komunikasi yang baik kalian mungkin akan tertarik bekerja di resepsionis ini.

Resepsionis mempunyai banyak macam di antaranya menjadi resepsionis di hotel, rumah sakit, sekolah ataupun perusahaan yang lainnya.

  1. Sekertaris

Peluang kerja yang kedua ada sekertaris, sekertaris ini memang biasanya membutuhkan siswa siswi jurusan otkp.

Tugas yang paling utama oleh seorang sekretaris yaitu untuk bisa memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaannya.

  1. Staf Administrasi

Yang ketiga ada staf administrasi, tugas utama dari staf administrasi ini yaitu melakukan pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk kelancaran operasional perusahaan tersebut.

  1. Asisten Sekretaris

Yang ke empat ada asisten sekretaris, dimana pekerjaan ini mempunyai tugas yaitu untuk menerima berbagai panggilan telepon yang masuk oleh perusahaan lain dan mengatur jadwal pertemuan.

  1. Staff Personalia

Kemudian yang ke lima ada staff personalia yang mempunyai tugas untuk mengelola hal hal seperti absensi karyawan perusahaan, pinjaman karyawan, serta mencatat cuti tahunan karyawan.

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Papua Barat

materi administrasi perkantoran smk

OTKP adalah singkatan dari Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu kejuruan yang ada di sekolah khususnya tingkat SMK.

Kejuruan ini terdapat hampir di seluruh SMK negeri dan juga SMK swasta, Otkp atau yang biasanya disebut dengan AP adalah kejuruan yang mempelajari atau mendalami ilmu tentang perkantoran..

Ilmu atau materi yang dipelajari oleh jurusan OTKP ini ada

  1. dasar dasar administrasi perkantoran
  2. Dasar dasar akuntansi
  3. Kearsipan
  4. Pengelolaan surat masuk dan keluar
  5. Pengelolaan informasi
  6. Komputer administrasi perkantoran.

Biasanya OTKP atau AP ini lebih fokus kepada Tata usaha suatu perusahaan ataupun yang lainnya.

Sehingga siswa siswinya harus paham tentang materi materi yang menjuru ke pengarsipan surat.

Di OTKP ini juga siswa akan dilatih untuk menata surat agar terlihat rapi dan tersusun sesuai dengan urutan nama atau isi surat tersebut.

Supaya ketika mencari surat tersebut tidak kebingungan dan sudah tau dimana tata letak suratnya.

Jadi tidak mengulur waktu dan juga sangat efektif jadi kita tidak perlu mengecek satu per satu surat tersebut saat ingin menemukan surat yang kita cari, Cara ini akan menghemat waktu.

Selain untuk mengarsipkan surat juga masih banyak lagi yang akan siswa siswi smk pelajari mengenai OTKP ini.

Prakerin SMK OTKP Banjarnegara

Administrasi perkantoran smk

Administrasi perkantoran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang yang berupa kegiatan mencatat,menganalisis dan membukukan suatu dokumen.

Nantinya dokumen ini dapat disimpan oleh perusahaan dan digunakan juga menjadi media komunikasi antara pihak yang satu dengan pihak lainnya.

Administrasi perkantoran memiliki beberapa fungsi .

Berikut beberapa fungsi dari administrasi perkantoran antara lain yaitu :

Administrasi perkantoran sebagai fungsi rutin maksudnya yaitu dalam melakukan kegiatan pengadministrasi seseorang sangatlah membutuhkan suatu pemikiran yang minimalnya berupa pengarsipan ataupun penggandaan dokumen .

Administrasi perkantoran sebagai fungsi teknis dimana fungsi ini sangat membutuhkan masukan baik pendapat kritik saran dari seseorang dan memiliki beberapa keterampilan administrasi yang memadai.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Jakarta

Fungsi interpersonal maksud dari administrasi perkantoran memiliki fungsi interpersonal yaitu fungsi administrasi.

Fungsi ini sangat membutuhkan penilaian dan analisis berbagai macam pihak yang dijadikan sebagai dasar atau acuan dalam pengambilan keputusan.

Interpersonl merupakan fungsi keterampilan yang berhubungan erat dengan orang lain, seperti mengkoordinasi suatu tim atau lembaga.

Fungsi manajerial maksud dari administrasi perkantoran memiliki fungsi manajerial yaitu dimana kegiatan administrasi membutuhkan akan tindakan perencanaan, tindakan pengorganisasian, tindakan pengukuran, dan tindakan. pemotivasian.

Tujuan Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran memiliki tujuan yaitu untuk mengkoordinir atau memonitoring  kegiatan yang berada di suatu perusahaan.

Tujuannya agar kegiatan yang dilakukan tertata dan berjalan dengan baik dan dapat membantu pengawas kegiatan mudah untuk mengawasi kegiatan yang sedang dilakukan.

Selain itu tujuan adanya administrasi perkantoran yaitu untuk mengamankan berbagai macam dokumen yang bersifat rahasia yang mencakup tentang strategi perusahaan berikutnya.

PKL SMK OTKP Banjarnegara terdekat

Kombas merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan fasilitas PKL online.

Apalagi disaat pandemi seperti ini, menjalankan PKL secara offline tidak semudah tahun tahun yang lalu jadi pemerintah menyarankan untuk para pihak sekolah menyelenggarakan PKL online ini.

PT kombas menyediakan jasa PKL online dwngan menggunakan platform akademk kombas.

Kegiatan pkl yang dilakukan oleh pt kombas ini juga tidak kalah jauh dengan tempat tempat PKL yang lain yaitu pemberian materi, tugas dan juga penilaian yang dilakukan dengan menggunakan platform yang akan mempermudah siswa saat mengerjakan tugas yang di berikan.

Siswa juga akan mendapatkan bimbingan dari mentor sesuai dengan bagiannya. Mentor di pt akademi kombas juga merupakan orang orang yang sudah ahli dalam bidangnya masing masing.

Ilmu yang akan didapatkan oleh para siswanya tidak setengah setengah dan pasti akan bermanfaat sekali untuk siswa siswinya.

Jadi tidak akan sia sia ilmu yang sudah didapatkan oleh setiap siswanya.

Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa langsung saja mengunjungi https://pklsmk.com. atau akademikombas.co.id

Related Article…