Tips Ampuh Ketika PKL

Hai Readers! Jumpa lagi dengan pklsmk.com . Sepertinya aka nada yang melaksanakn PKL nih. Bagaimana? Apakah Kalian excited atau malah bingung? Tenang di sini saya akan memberi tips ampuh ketika PKL.

Gambaran ketika PKL

Gambaran PKL SMK

Gambaran PKL SMK

Berbicara tentang SMK, tentunya sudah tidak asing dengan PKL. PKL sendiri merupakan singkatan dari praktik kerja lapangan.

Di SMK, perbandingan teori dan belajar itu 70:30. Tidak disangka, bukan? Apabila murid SMK memiliki pengalaman yang matang ketika lulus.

Karena tugas praktik merupakan syarat kelulusan, maka setiap siswa akan mendapatkan tugas ini. Sebagaimana, sekolah akan mengirim murid untuk masuk ke DU/DI (Dunia Usaha / Dunia Industri) atau sering disebut dengan dunia magang. Tempat pelaksanaan PKL, biasanya sekolah yang menentukan.

Untuk pelaksanaan PKL, tergantung sekolah masing – masing yang menentukan. Begitu pula, lama waktu PKL ditentukan oleh sekolah masing – masing. Kemudian dari pada itu, sekolah akan memberikan pembekalan sebelum melaksanakan magang.

Pembekalan siswa dapat berupa tata cara saat kerja, aturan magang, aturan kerja, etika ketika bekerja, hingga sistem penilaian PKL. Tujuan pembekalan ini ialah, supaya siswa ketika terjun ke dunia kerja tidak terlalu kaget.

Saat magang di mulai, siswa akan memasuki sebuah industri atau intansi. Kemudian, mereka akan mendapatkan arahan dari koordinator PKL. Arahan tersebut dapat berupa pembagian job desk siswa. Kemudian, mereka akan memasuki divisi – divisi yang telah ditentukan.

Setelah memasuki divisi, mereka akan menemukan kaka tingkat yang lebih dulu PKL di sana. Kaka tingkat tersebut akan bantu mengarahkan tata cara kerja di tempat yang mereka tumpangi.

Pelaksanaan PKL ini tidak menutup kemungkinan membuat siswa dapat ilmu baru. Bagaimana tidak? Semua itu karena mereka akan bertemu orang baru atau staff. Maka tersebut akan membantu mengajarkan mereka.

Itulah gambaran ketika melaksanakan PKL. Untuk Kalian, jangan pernah beranggapan bahwa dunia kerja itu menyeramkan. Akan tetapi, yang harus Kalian tanamkan bahwa dengan adanya pengalaman ini dapat menjadikan Kalian tenaga profesional lho.

Mengapa Harus PKL?

Mengapa Harus PKL

Mengapa Harus PKL


Seperti halnya dengan hukum Ekonomi. Penawaran terjadi ketika ada permintaan. Supaya transaksi terjadi, maka harus ada barang yang ditawarkan untuk memenuhi permintaan. Apabila penawaran tidak sesuai dengan permintaan, maka malah tidak jadi membeli.

Begitu pula dengan siswa SMK dan DU/DI. Tentunya siswa SMK ketika lulus akan membutuhkan pekerjaan. Sehingga, mereka akan menawarkan diri mereka sebagai tenaga kerja dan DU/DI membutuhkan tenaga kerja. Akan tetapi, bagaimana jika jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan krikteria DU/DI?
Maka dari itu, inilah gunanya PKL untuk siswa SMK. Sebagaimana mereka akan diasah ketika masih di sekolah, melalui magang. Dengan adanya pengalaman kerja selama magang, hal tersebut yang akan mengasah siswa untuk menjadi profesional. Sehingga, mereka dapat memenuhi krikteria tenaga kerja di DU/DI.

Tips Ampuh Sebelum Melaksanakan PKL

Tips Ampuh Sebelum Melaksanakan PKL

Tips Ampuh Sebelum Melaksanakan PKL

Sebelum melaksanakan PKL, Kalian harus paham apa saja yang akan disiapkan. Tujuannya, ketika magang Kalian tidak glabakan alias bingung harus ngapain.

Berikut tips  ampuh yang wajib Kalian baca sebelum melaksanakan PKL:

  1. Mencari informasi tentang perusahaan yang akan Kalian tempati dan jangan lupa mempelajarinya.
  2. Mengulang kembali materi – materi yang sudah Kalian pelajari. Supaya menjadi bekal ketika magang.
  3. Jika perlu, buat daftar pertanyaan yang ingin Kalian sampaikan saat magang.
  4. Ini adalah point terpenting. Jangan lupa persiapkan mental Kalian. Karena, apabila mental Kalian kuat maka saat magang pun bukanlah sebuah beban.

Tips Ampuh Ketika PKL

Tips Ampuh Ketika PKL

Tips Ampuh Ketika PKL

Jika Kalian sudah persiapan sebelum melaksankan PKL, kini saatnya Kalian menjalankannya. Eits! Kalian harus tahu, bahwa saat PKL pun ada yang harus dipahami.

Untuk info lebih lanjut, yuk simak tips ampuh ketika PKL :

  1. Berinisiatif

Jangan beranggapan bahwa orang lain akan menghampiri Kalian dengan sukarela untuk mengajarkan. Akan tetapi, Kalian lah yang harus berinisiatif untuk bertanya dan juga mempelajari jika ada kesulitan.

  1. Membangun Link

Yang dimaksud membangun link ialah menambah relasi Kalian. Hal ini merupakan kesempatan untuk Kalian, supaya berkenalan dengan orang – orang dan mendapatkan banyak relasi.

  1. Find The Point

Berusahalah untuk menemukan dinamika perusahaan yang Kalian tempati. Maksudnya, kenali pola dan budaya di perusahaan tersebut. Karena, hal itu akan membantuk Kalian saat melaksanakan PKL.

  1. Jaga Sikap

Menjaga hal ini sangatlah penting. Karena sikap dan perilaku yang akan menentukan sikap orang lain ke kita. Beretikalah selayaknya pelajar. Jangan sampai karena perlakuan kita yang kurang sopan membuat orang – orang di tempat magang jadi terganggu. Hal ini akan berpengaruh pula pada hubungan sekolah dan perusahaan tersebut.

  1. Key of Succes

Semua yang dilakukan jika tanpa doa adalah sombong. Maka dari itu, segala kegiatan harus diawali dengan doa. Ini kunci keberhasilan Kalian.

Wah sudah di penghujung pembicaraan kita kali ini. Di akhir penulisan, saya ingin menyampaikan kepada Kalian. Bahwa saat Kalian masih muda, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin. Biarkan masa muda menjadi masa perjuangan, supaya ketika tua kita tinggal menikmatinya.

Seperti itulah informasi yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Kalian ya. Dan juga, lebih kurangnya artikel ini saya ucapkan mohon maaf. Tidak hanya itu, ucapan terimakasih pun tidak lupa saya sampaikan ke Kalian karena telah membaca bacaan di atas.

Oh iya, untuk info lebih lengkap seputar SMK Kalian dapat cek di website kami ya. Bye bye !!

Baca Juga :  PKL SMK AKL Di Sulawesi Selatan

Related Article…