Prakerin Bisnis Online

Bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan melalui media internet. Kegiatan ini berarti aktivitas bisnis jual-beli, pelayanan kepada konsumen, pemasaran yang dilakukan secara online.

Di bisnis online kamu bisa menjual berbagai jenis produk, mulai dari barang, jasa, sampai produk digital.

 Orang mempunyai akses untuk mendapat lebih banyak informasi yang membantu mereka untuk mengambil keputusan, dan konsumen mempunyai akses untuk mengetahui produk dan layanan yang lebih luas jangkuannya.

Keberadaan sebuah bisnis online merupakan alat marketing dan komunikasi yang kuat, menjadi platfrom yang sangat efesien dari segi harganya, dengan cara kerja yang ramah lingkungan, dan simbol prefesionalisme yang saat ini sangat dibutuhkan.

Dengan adanya bisnis online anda tidak harus membuka toko atau ruko seperti bisnis offline. Hanya cukup melaksanakan bisnis dengan membuat website ditoko online, marketplace, dan media sosial.

Tak ada batasan dari mana asal calon konsumen tersebut. Karena, pembeli produk bisa berasal dari seluruh indonesia, hingga luar negeri.

Anda bisa juga mengatur bisnis online tersebut dari rumah, dimanapun anda berada/tempat yang anda ingginkan. 

Contents

Apa aja sih Jenis-jenis Bisnis Online?

10 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula, Panen Cuan! - Qoala Indonesia

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis Bisnis Online :

*Bisnis Online di Marketplace

Memulai bisnis online di Marketplace cukup populer karena gratis dan mudah. Hanya cukup memilih marketplace-nya, registrasi akun, pasang produk, dan menungu pembeli datang bertransaksi.

Tidak hanya itu, bermacam-macam kategori produk juga disediakan di Marketplace. Mulai dari produk fisik seperti baju, makanan minuman, barang elektronik, sampai produk jasa seperti wedding organizer dan travel agent.

Tetapi harus extra sabar ketika memutuskan terjun ke bisnis ini karena, pesaingan di Marketplace sangatlah ketat dengan perang harga yang tajam. Apalagi jika produk yang anda jual cukup umum seperti aksesoris handphone dan fashion. Menyebabkan, margin laba yang akan dihasilkan terlalu mepet.

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jateng

*Bisnis Online di Website

Peluang bisnis online yang satu ini mengandalkan website untuk tempat berjualan.

Bisnis online menggunakan website menjadi primadona  dikalangan pebisnis lho, karena website memiliki kelebihan yang tak dipunyai jenis bisnis online yang lain. Mulai dari branding yang lebih baik, pemasaran lebih luas hingga kebebasan desain.

*Bisnis Online di Media Sosial

Sejak awal, media sosial hanya sekedar digunakan sebagai sarana bersosialisasi. Tetapi, saat ini bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

Alasan utama bisnis online di media sosial sangat populer sebab, sangat mudah untuk memulainya. 

Tetapi, akan lebih baik jika menggunakan akun bisnis sebab tersedianya fitur untuk menunjang bisnis anda. Seperti fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli dan yang lain-lainnya.

Singkatnya tinggal memilih gambar produk  terbaik anda, mengisi deskripsi singkat yang menarik dan unik, mencantumkan harga, dan yang terakhir memposting nya.

Jika ada calon pembeli yang tertarik, mereka hanya cukup meninggalkan komentar atau DM ke akun Anda .

Apa Aja Sih Tantangan bisnis Online yang Akan Dihadapi ??

5 Tips Praktis Kembangkan Bisnis Online Yang Wajib Kamu Lakukan

Ada beberapa tantangan bisnis yang harus dihadapi, adalah sebagai berikut:

*Isu Keamanan

Didalam dunia bisnis online, anda dan calon konsumen juga akan sangat rentang diserang cyber crime atau kejahatan online. Mulai dari bocornya data pengguna di Marketplace, penipu menyamar sebagai pembeli, sampai website toko online yang diacak-acak hacker.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Jatim

Pastikan anda sudah melakukan langkah-langkah pencegahan. Supaya bisnis anda tidak bernasib sama. Misalnya, tidak mengiklik link yang tak dikenal, menggunakan password yang rumit, menggunakan hosting web toko online dengan fitur keamanan yang canggih.

*Ilmu Bisnis Online yang Selalu Berkembang

Dunia internet yang berkembang sangat cepat, selalu muncul trik dan tips baru untuk memaksimalkan cuan pada bisnis online.

Efeknya, bila tidak up-to-date dengan ilmu bisnis online yang baru, maka akan ketinggalan dari kompetitor.

Maka karena dari itu, anda harus konsisten dan rutin untuk belajar ilmu bisnis online. Baik tentang perubahan kebutuhan pasar, tentang pemasaran, teknologi terbaru dan yang lain-lainya.

*Kompetensi Ketat

 Anda harus bersaing dengan ribuan bisnis yang sama dari seluruh indonesia. 

Maka karena itu, dengan memasang produk dan mengungu saja tidak cukup. Harus memiliki keunikan atau nilai jual lebih untuk menengankan kompetensi di bisnis online.

Manfaat Bisnis Online

18+ Ide Peluang Bisnis Online Terbaik Paling Menguntungkan 2023

  • Fleksibel

Bisnis online sangat fleksibel untuk dijalankan. Bisa menjalankan bisnis online dimana saja dan kapanpun asal ada koneksi internet.

 Anda bisa mengatur jam buka dan tutup toko sesuai dengan keinginan anda. 

*Menjangkau Pasar yang Luas

Bisnis online bisa membuat orang-orang mengunjungi toko anda. Tidak ada batasan wilayah. Ini bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai seluruh daerah diindonesia.

*Hemat Biaya

Bisnis online tidak mengharuskan anda menyewa ruko atau toko. Bisa menggunakan rumah untuk menyimpan persediaan barang. Maka dengan bisnis online tidak perlu mengeluarkan cukup banyak hanya untuk menyewa ruko atau toko. 

Related Article…