Mengupas Apa Itu PKL SMK?

Di Indonesia masih banyak yang menganggap bahwa SMA lebih baik dari pada SMK. Padahal, itu tidaklah benar.

SMK memiliki kelebihan yang mampu membuat pelajar mengasah skill dalam bidang yang mereka minati. Banyaknya jurusan yang disediakan oleh SMK dengan kurang lebih 100 jurusan.

Cara pembelajaran SMK pun berbeda dengan SMA. Di SMK, siswa dituntut untuk praktik langsung ke dunia kerja. Sehingga, anak SMK ketika lulus sudah terampil.

Pengertian PKL SMK

PKL kepanjangan dari praktik kerja lapangan adalah implementasi sistem pendidikan sekolah dengan praktik kerja.

Sehingga, kurikulum yang terapkan oleh SMK mengaharuskan siswa mempraktikkan ilmu kejuruan dengan terjun langsung dalam dunia kerja.

Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,  Pasal 1 angka (1) menyatakan bahwa:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pada Standar Proses (SP) Pendidikan Menengah kejuruan (PMK) dinyatakan bahwa proses pembelajaran PMK diarahkan untuk mencapai tujuan yang dikembangkan bedasarkan profil lulusan yaitu;

  1. Beriman, berbudi pekerti luhur;
  2. Memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan diri berkelanjutan;
  3. Menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memiliki keterampilan sesuai kebutuhan pembangunan;
  4. Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik bekerja pada pihak lain atau berwirausaha, dan
  5. Berkontribusi dalam pembangunan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global.

Sehingga , pada proses pembelajarannya dengan berbasis aktivitas yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan mampu memotivasi peserta didik.

Pembelajaran disesuaikan dengan program keahlian yang mereka pilih dalam sekolah. Maka, pada siswa sekolah kejuruan proses pembelajaran ini melibatakan dunia kerja Du/Di (Dunia usaha atau Dunia industri) dalam bentuk Praktik Kerja Lapangan.

Baca Juga :  PKL Jurusan RPL Ngapain Aja?

Proses Pelaksanaan PKL

pkl untuk smk

Proses PKL SMA

PKL SMK ini biasanya dilaksanakan pada semester III/IV (tiga atau empat), tergantung pada kebijakan sekolah masing – masing. Namun,  sebelum sekolah mengirimkan siswa untuk tugas praktik atau magang, siswa memperdalami terlebih dahulu bidang kejuruan yang mereka pilih di sekolah.

Pada tugas ini, sekolah akan mengirimkan para murid ke Du/Di untuk magang dengan kurun waktu yang ditentukan dan tujuan adanya PKL ini adalah untuk mengasah apa yang mereka pelajari saat di sekolah.

Sebelum melaksanakan PKL, pihak sekolah akan mengundang para wali murid untuk berdiskusi tentang pembiayaan akomodasi, aturan kerja, dan sistem penilaian. Setelah melakukan diskusi, WAKA sekolah akan mengadakan pembekalan kepada siswa yang terdiri dari pengenalan budaya kerja, peraturan kerja di tempat PKL, penyusunan jurnal, dan pembuatan laporan PKL.

Dalam menentukan tempat PKL, sekolah menyediakan tempat beberapa perusahaan untuk magang siswa. Akan tetapi, sekolah tidak mengharuskan siswa untuk memilih tempat tersebut. Sehingga, memberikan kelonggaran terhadap siswa untuk menetukan tempat magang sesuai yang mereka inginkan. Namun, sebelum siswa mencari tempat mereka mengajukan proposal terlebih dahulu kepada sekolah.

Selama proses magang, siswa diwajibkan untuk mengisi jurnal harian dan absensipun harus mereka perhatikan. Karena, semua sebagai data dalam laporan.

Struktur Laporan PKL Untuk SMK

Laporan PKL

Laporan PKL

Setelah melakukan PKL, siswa akan membuat laporan yang akan diserahkan kepada sekolah. Isi laporan tersebut terdiri dari ;

  1. Cover
  2. Lembar pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Pernyataan otentik
  5. Daftar isi
  6. Daftar gambar dan lampiran
  7. Bab pendahuluan
  8. Bab isi laporan
  9. Bab penutup
  10. Daftar pustaka

Laporan PKL ini dibuat sebagai salah satu bentuk latihan siswa dalam mempertanggungjawabkan kegiatannya sekaligus menjadikan siswa lebih sistematis ketika melakukan PKL di tempat usaha.

Secara garis besar, laporan PKL berisi tentang apa saja kegiatan yang siswa lakukan di dunia industri.  Dengan menggunakan pengesahan dari mentor di dunia industri menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan siswa merupakan kegiatan yang diarahkan oleh perusahaan.

Apakah PKL Termasuk Pengalaman Kerja Bagi Siswa SMK?

Apakah PKL termasuk pengalaman kerja?

Apakah PKL termasuk pengalaman kerja?

Walaupun PKL merupakan tugas sekolah, namun hal tersebut merupakan pengalaman kerja bagi siswa. Karena, mereka secara langsung terjun di dunia kerja.

Baca Juga :  PKL SMK BDP NTB

Mereka melakukan apa yang mereka pelajari di sekolah dan pihak yang menerima mereka pun akan mengajari bagaimana bekerja. Hal ini lah menjadi menjadikan siswa SMK lebih mempunyai pengalaman dari pada SMA.

Kegiatan siswa di dunia usaha melalui PKL juga dapat menjadi portofolio pengalaman kerja yang dapat mereka cantumkan di curriculum vitai ketika nanti melamar pekerjaan.

Manfaat PKL Untuk Siswa SMK

Manfaat PKL Untuk Siswa SMK

Manfaat PKL Untuk Siswa SMK

Dari semua yang dilakukan selama PKL, tentu akan menuai manfaat. Manfaat tersebut ialah;

  1. Lahirnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional.

Tentu PKL ini memiliki dampak yang baik bagi siswa. Karena terbiasa melakukan pekerjaan sesuai jurusan yang mereka  tekuni.

  1. Melatih dalam komunikasi.

Saat PKL, secara mau tidak mau siswa akan menemui banyak orang asing dan hal ini yang dapat melatih mereka dalam bersosial dan komunikasi.

  1. Adanya wawasan baru yang tidak diajarkan oleh sekolah.

Walaupun, mereka telah memperdalam ilmu kejuruan sebelumnya. Namun, tidak menuntut kemungkinan Du/Di memberikan ilmu baru bagi siswa yang tidak ada di sekolah sebelumnya.

  1. Menjalin kerja sama yang baik antar sekolah dan perusahaan yang terkait.

Sekolah mengirim siswa untuk magang bukan hanya sekadar supaya siswa terampil. Namun, supaya siswa memberikan kontribusi tehadap perusahaan yang mereka tumpangi sehingga, terjalinnya relasi antar sekolah dan perusahaan tersebut dengan baik.

  1. Membentuk pola pikir siswa yang produktif.

Siswa yang sudah terbiasa menjalankan kerja, maka pola pikir mereka akan berubah. Hal ini akan memacu mereka tambah dewasa dan rasa ingin tahu yang besar.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait PKL SMK. Bagi kalian siswa SMK yang sedang atau akan melaksanakan PKL, ini adalah moment untuk melatih diri kalian menjadi terasah lagi. Persiapan yang mateng dan proses yang tekun akan menghasilkan skill yang profesional.

Kalau masih mencari tempat PKL yang cocok untuk kalian, kalian bisa cek ke website akademikombas.com.  Disitu akan ada penjelasan detail tentang PKL bidang digital marketing yang bisa kalian ikuti.

Bukan hanya penting untuk menunjang kelulusan kalian, dengan fokus di digital marketing, kalian juga akan berpeluang mendapatkan penghasilan meskipun masih sekolah.

Artinya ilmunya masih bisa diterapkan meskipun PKL sudah selesai.

So…..tetep semangat ya!

Related Article…