PKL SMK Multimedia DIY

Halo, Readers!! Kalian siswa-siswi SMK jurusan Multimedia DIY lagi bingung cari tempat PKL? Karena corona jadi ga banyak tempat yang mau terima. Udah ada pilihan tapi tempatnya penuh duluan. Tenang aja kita ada solusinya.

Tenang aja siswa SMK tetep bisa PKL kok walau dari rumah. Ilmunya juga masih cocok dengan jurusan kalian. Jadi pilih aja PT. Kombas jadi tempat PKL kalian. Trus kenapa sih harus di PT. Kombas? Kan di DIY masih banyak tempat PKL lainnya? Emang apa untungnya PKL di PT. Kombas? Mari kita jawab satu persatu pertanyaan itu.

Sejatinya PKL jadi ajang siswa SMK untuk menerapkan ilmu yang sudah mereka punya di lapangan secara langsung. Tidak hanya menerapkan ilmu, PKL juga menjadi ajang untuk mengenali dunia kerja dan mendapatkan ilmu baru lagi. Emang kenapa harus dapet imu baru lagi?

Di zaman yang terus berkembang ini, kita gaboleh kurang update dengan perkembangan ilmu. Semakin banyak ilmu yang kita dapetin kita bakalan bisa lebih bersaing di dunia kerja. Gamau kan kalau  kita sampai kalah bersaing gara gara kurang update. Makanya kita harus bisa maksimalin kegiatan PKL ini.

 

Jurusan Multimedia

Seperti yang kita tahu, jurusan multimedia menjadi salah satu jurusan yang mulai pouler akhir akhir ini. Dengan adanya prkembangan social media dan jaringan internet, perkembangan software untuk multimedia lebih mudah untuk kita akses. Jurusan ini pun menjadi lebih berkembang dan terus berinovasi.

Jurusan multimedia mempelajari tentang cara penyampaian pesan dengan memaksimalkan media yang ada. Media yang kita maksud antara lain media cetak seperti Koran, majalah, pamflet, ataupun menggunakan media elektronik. Tentunya penggunaan media menyesuaikan perangkat yang akan kita gunakan sebagai media penyampaian pesan.

Dengan semakin banyaknya pemanfaatan internet sebagai media promosi, kebutuhan lulusan multimedia juga semakin meningkat. Perusahaan mulai mempromosikan produknya melalui social media dan internet untuk menekan biaya dan agar menjangkau daerah yang lebih luas.

PKL Multimedia di daerah Yogyakarta

DIY atau daerah istimewa Yogyakarta adalah daerah yang memiliki peluang besar dalam pengembangan jurusan multimedia. Banyak perusahaan atau tempat usaha yang dapat siswa manfaatkan sebagai lokasi PKL. Namun, hal ini tidak dapat siswa jadikan untuk memilih lokasi di DIY. Karena beberapa tempat terkadang tidak memberikan kegiatan PKL yang memberikan manfaat ke siswa. Oleh sebab itu pemilihan lokasi perlu siswa lakukan secara teliti dan cermat.

PKL di masa pandemi

Sayangnya, kegiatan PKL ikut mengalami dampak adanya virus covid-19. Perusahaan terpaksa membatasi kegiatan di dalam kantor sehingga siswa PKL tidak dapat berkegiatan secara maksimal. Karena masalah ini, beberapa perusahaan akhirnya memberikan solusi.

Solusi yang perusahaan lakukan adalah dengan melangsungkan kegiatan PKL secara daring atau online. Kegiatan PKL online ini tidak berbeda jauh dengan mekanisme sekolah online yang beberapa bulan ini pemerintah terapkan. Hal ini untuk mempermudah siswa agar tetap bisa melakukan PKL.

Kegiatan PKL Online

Seperti yang kita tahu, kegiatan sekolah online memakai jaringan internet sebagai alat komunikasi selama bersekolah online. Hal ini juga perusahaan terapkan untuk mensiasati kegiatan offline. Kondisi PKL online akan seperti sekolah online. Bedanya guru di PKL online adalah dari pihak perusahaan tempat siswa melaksanakan PKL.

Dengan sistem ini, siswa dapat terbantu dalam melaksanakan kegiatan PKL. Siswa tetap berkegiatan walaupun tidak dapat berkegiatan di lokasi PKL. Kegiatan PKL tetap dapat berlangsung dari rumah. Nah salah satu perusahaan yang sudah memakai sistem ini adalah PT. Kombas.

PKL online di PT Kombas

Yap kegiatan PKL di PT. Kombas sudah menggunakan sistem online. Jadi siswa tidak perlu datang ke lokasi. Hal ini akan sangat memudahkan siswa. Walaupun siswa tinggal di DIY sekalipun, siswa tetap dapat melaksanakan PKL di PT. Kombas. Asik bukan?

Kombas sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa pengembangan digital marketing. Kegiatannya berbasis pada pemanfaatan media internet seperti social media, website, dan youtube untuk melakukan pemasaran. Jadi pas banget untuk tempat PKL siswa SMK Multimedia dari DIY.

Selain memanfaatkan media internet teleconference, PT. Kombas juga menggunkaan platform untuk keperluan PKL siswa. Platform sudh berisi materi, ilmu, dan tugas yang akan siswa kerjakan selama PKL. Jadi sangat tidak membingungkan siswa.

Jika PKL di PT. Kombas, siswa berkesempatan dapat berkembang lebih dari siswa yang PKL di tempat lain. Kok bisa sih? Ya bisa dong. Soalnya PKL di PT. Kombas itu sudah memakai sistem PBL atau project based learning. Di sistem ini, siswa akan menjadi lebih aktif dan secara tidak langsung akan berkembang softskillnya.

Siswa juga bakalan mendapat keuntungan lainnya lho. Siswa juga berkesempatan belajar langsung dari para ahlinya. Karena PT. Kombas sudah bekerjasama dengan banyak ahli dalam bidangnya. Keren banget kan?

Jadi apalagi yang kalian bingungin, udah PKL di PT.Kombas aja.

Sekian pembahasan sedikit tentang PKL SMK Multimedia DIY. Semoga dapat memberikan info untuk yang masih bingung mencari lokasi PKL. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan PKL SMK, kunjungi saja pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Jateng (Jawa Tengah)

Related Article…