PKL SMK OTKP Banjarnegara

Halo guys, gimana nih kabar kalian? Kalian SMK jurusan OTKP di Banjarnegara masih bingung mau PKL dimana? Tenang kita bisa kok kasih solusinya

Seperti yang kita tahu, Siswa SMK merupakan lulusan yang siap menjadi  tenaga kerja. Siswa SMK biasanya akan mengalami kegiatan PKL demi meraih predikat kelulusan bagi siswa. Hal ini berlaku untuk semua jurusan SMK di indonesia. Salah satunya siswa jurusan OTKP di daerah Banjarnegara.

Saat ini, penggunaan internet sangat membantu dalam menjalani kehidupan.  Perkembangan ini dapat menjadi peluang apabila dapat masyarakat manfaatkan dengan sebaik baiknya. Hal ini dapat siswa SMK manfaatkan sebagai tujuan setelah lulus dari jenjang sekolah. Melalui kegiatan PKL, siswa berpotensi untuk dapat mendapatkan peluang tersebut. Lalu bagaimana kegiatan PKL yang tepat agar siswa dapat melihat peluang dari internet? Khususnya untuk jurusan OTKP (otomatisasi tata kelola perkantoran). Berikut sedikit ulasannya.

Jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran atau biasa disingkat OTKP, yang dulunya bernama administrasi perkantoran atau AP merupakan salah satu cabang bidang keahlian bisnis dan manajemen.

Jurusan OTKP mempelajari tentang pengetikan naskah atau dokumen, penanganan telepon, penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, penataan dan pengelolaan arsip, penanganan perjalanan bisnis, hingga penanganan informasi melalui internet.

Salah satu keunggulan Jurusan OTKP, siswa dapat memiliki keterampilan yang tidak dipelajari di jurusan lain seperti: Kemampuan mengetik 10 jari buta, sehingga siswa akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jurusan OTKP, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jabar

Selain itu, Kemampuan menguasai administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar. Kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan. Keterampilan table manner, di mana pada jurusan ini siswa disiapkan menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja di perusahaan besar.

Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk Lulusan dari Kompetensi Keahlian Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran antara lain Sekretaris Junior, Petugas Administrasi, Petugas Kearsipan, Petugas Perpustakaan, Resepsionis / Front Office, Operator Telepon, Juru Ketik, Personalia / HRD dll.

Kondisi Banjarnegara untuk OTKP

Kabupaten Banjarnegara menjadi daerah yang saat ini terus berkembang. Dengan mengandalkan sentra produksi keramiknya, banjarnegara masih memiliki potensi lainnya untuk dapat berkembang. Potensi kuliner di daerah banjarnegara juga terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Sehingga dapat siswa jadikan sebagai potensi untuk dapat siswa pelajari melalui kegiatan PKL.

Selain di sektor kuliner dan kerajinan, siswa juga dapat melakukan kegiatan PKL di bidang lainnya. Bidang seperti digital marketing tentu akan sangat cocok apalagi untuk jurusan Bisnis daring dan pemasaran. Sehingga ilmu yang telah siswa dapatkan dari sekolah dapat lebih bermanfaat.

Tempat PKL di banjarnegara

Sebagai tempat pariwisata dan berkumpul pelancong, Banjarnegara menjadi daerah yang memiliki tempat rujukan PKL yang sangat banyak. Tempat PKL dapat berasal dari tempat usaha untuk oleh-oleh ataupun ke perusahaan-perusahaan ritel yang tersebar di daerah tersebut. Lokasi yang dapat siswa jadikan lokasi PKL contohnya seperti prima cyberteam atau di PT. Kombas Digital Internasional. Apabila siswa merasa kurang cocok, siswa dapat mencoba menggunakan metode PKL secara online.

PKL secara online saat ini mulai banyak berkembang. Beberapa perusahaan baik di dalam atau di luar bidang marketing menyediakan tempat PKL secara online. Dengan melakukan kegiatan PKL secara online, tentu akan mempermudah siswa. Siswa tetap dapat melaksanakan PKL dari rumah saja. Siswa juga dapat memilih lokasi lain selain di daerah Banjarnegara sendiri untuk melaksanakan PKL. Salah satunya ada di daerah kota Purwokerto yaitu PT. Kombas.

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jatim

PKL online PT. Kombas

Kombas menjadi salah satu perusahaan jasa yang menyediakan fasilitas PKL online. PT. Kombas menyediakan lokasi PKL secara online menggunakan platform akademi kombas. Kegiatan PKL mulai dari pemberian materi, tugas, dan penilaian akan berlangsung secara penuh dengan menggunakan platform. Hal ini agar mempermudah siswa.

Selain itu siswa juga akan tetap mendapatkan bimbingan dari mentor. Mentor yang ada merupakan orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Sehingga ilmu yang siswa dapatkan tidaklah setengah-setengah. Proses

PKL yang ada di PT. Kombas menggunakan mekanisme Project based learning. Dalam sistem ini, siswa dapat lebih aktif karena penyelesaian tugas akan mentor serahkan kepada siswa sepenuhnya. Sehingga untuk melanjutkan ke tugas lain sangat bergantung ke kecepatan siswa itu sendiri. Cara ini juga membuat siswa menjadi lebih berkembang. Tidak hanya dalam kemampuan praktik tapi juga kemampuan analisis.

DIY menjadi lokasi yang sangat berpotensi untuk terjadi pengembangan. Tentu dengan memaksimalkan pemnfaatan internet, potensi ini dapat berkembang lebih jauh. Hal ini juga menjadi peluang untuk siswa khususnya jurusan OTKP di Banjarnegara untuk lebih berkembang melalui kegiatan PKL.

Sedikit ulasan tentang kegiatan PKL SMK OTKP Banjarnegara, semoga dapat memberikan informasi untuk anda para pembaca.

Untuk info PKL selangkapnya kunjungi saja htttps://pklsmk.com.

Info PKL SMK lainnya juga dapat anda temukan di akademikombas.co.id

Related Article…