PKL SMK BDP Kabupaten Kudus

PKL SMK BDP Kabupaten Kudus – selama masa pandemic ada banyak kegiatan yang mengalami pembatasan. Termasuk didalamnya juga kegiatan siswa sekolah salah satunya pada kegiatan PKL SMK. Lalu bagaimana sebaiknya menjalankan kegiatan PKL selama pandemic ini? beriku ulasannya.

Bisnis daring dan pemasaran

Bisnis daring dan pemasaran adalah salah satu bidang keahlian yang saat ini banyak berkembang di jenjang SMK. Bidang keahlian ini sendiri awalnya bernama jurusan pemasaran. Dengan perkembangan internet, maka jurusan ini ikut berkembang menjadi bidang keahlian bisnis daring dan pemasaran. Nantinya siswa akan mempelajari tentang dasar – dasar tentang marketing dan penjualan. Jurusan ini akan lebih banyak belajar dengan ilmu yang berkaitan dengan bisnis.

Siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran juga memiliki peluang yang sangat besar untuk kedepannya. Lulusan dari jurusan daring dan pemasaran dapat langsung ke dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang perkuliahan jika memang menginginkan. Untuk masuk ke dunia kerja, siswa dapat masuk ke pekerjaan yang sejalan seperti menjadi pengusaha. Siswa juga dapat masuk ke perusahaan seperti pada bagian marketing. Untuk meneruskan ke jenjang perkuliahan, siswa dapat mengambil bidang keilmuan seperti ekonomi, manajemen, bisnis, dan lainnya.

PKL SMK BDP Kudus

Kegiatan PKL

Kegiatan PKL jadi salah satu kegiatan yang wajib untuk siswa lakukan di jenjang SMK khususnya. Nantinya kegiatan ini juga menjadi salah satu persyaratan yang harus siswa tempuh untuk mendapatkan predikat lulus. Kegiatan ini akan siswa gunakan untuk mengetahui kondisi dunia kerja sesungguhnya sehingga ketika lulus menjadi lebih siap.

Untuk kegiatan PKL secara umum dapat siswa lakukan di berbagai tempat. Tempat – tempat yang biasanya siswa PKL gunakan seperti di perusahaan, usaha ritel, ataupun masuk dalam instansi tertentu. Yang penting lokasi PKL yang siswa pilih memiliki hubungan dengan ilmu atau bidang keahlian yang siswa pelajari. Agar ilmu yang mereka dapatkan mampu siswa terapkan.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Karanganyar

Kondisi Kabupaten Kudus untuk PKL SMK BDP

Kabupaten kudus adalah salah satu daerah yang berada di wilayah administrasi provinsi jawa tengah. Daerah ini sangat terkenal sebagai penghasil rokok terbesar di daerah jawa tengah. Selain itu, daerah ini sangat terkenal dengan sebutan kota santrinya. Kabupaten ini juga sangat terkenal dengan wisata religinya sehingga banyak wisatawan yang banyak datang kesana.

Akan tetapi di masa pandemi covid-19 ini, kota kudus juga ikut mengalami pembatasan. Apalagi dalam beberapa hari ini, kondisi pandemi di kabupaten kudus meningkat tajam. Sehingga pembatasan besar – besaran pun harus pemerintah setempat lakukan. Pembatasan ini sangat berdampak bagi kegiatan yang ada termasuk di dalamnya kegiatan PKL siswa SMK.

Kegiatan PKL SMK selama masa pandemic juga ikut mengalami pembatasan. Kegiatan yang biasanya dapat siswa lakukan secara langsung di lokasi PKL mereka, saat ini tidak siswa lakukan secara langsung. Hal ini juga membaut sekolah melakukan penyesuaian dengan kegiatan PKL siswa mereka. Penyesuian kegiatan ini contohnya dengan melakukan kegiatan PKL secara online.

PKL Online

Dengan adanya pandemi covid-19 membuat banyak kegiatan yang mengalami pembatasan dan penyesuaian. Penyesuaian yang terjadi seperti kegiatan produktif di tempat kerja ataupun di sekolah – sekolah. Karyawan beberapa kantor sempat melakukan pekerjaannya dengan sistem work from home. Hal ini juga siswa sekolah alami. Karena pandemi, kegiatan belajar siswa juga mereka lakukan dari rumah. Caranya dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai media utamanya. Kegiatan lain yang siswa lakukan secara online adalah kegiatan PKL khususnya untuk siswa SMK.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Aceh

Kegiatan PKL secara online menjadi solusi yang banyak perusahaan atau lokasi PKL tawarkan agar siswa tetap dapat berkegiatan. PKL secara online nantinya akan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi seperti google meet, zoom, dan media conference lainnya untuk pertemuan siswa dan perusahaan. Berkaitan dengan tugas nantinya siswa juga dapat menggunakan aplikasi dari google untuk pengumpulan tugas mereka.

PKL Online di PT Kombas

Salah satu perusahaan yang menyediakan kegiatan PKL secara online adalah PT. Kombas Digital Internasional. Perusahaan yang bertempat di purwokerto ini bergerak di bidang digital marketing. Sehingga sangat cocok untuk siswa BDP gunakan sebagai lokasi menjalankan PKL. Dengan sistem PKL secara online yang ada di PT. Kombas, siswa tetap dapat menjalankan kegiatan PKL walaupun mereka lakukan dari rumah.

Kegiatan PKL di PT. Kombas nantinya menggunakan platform khusus bernama akademikombas.co.id. Pada platform ini nantinya berisi materi pembekalan terkait kegiatan PKL dan rincian tugas yang nantinya perlu siswa kerjakan. Siswa nantinya akan mendapat materi pembekalan dan pendampingan dari mentor yang memang memiliki keahlian dalam bidangnya masing – masing. Materi pembekalan juga berasal dari apa yang biasanya mentor kerjakan sehari – hari sehingga sangat berkaitan dengan kegiatan siswa kedepannya.

Tugas yang nantinya siswa kerjakan menggunakan sistem project based learning. Sistem ini akan menuntut siswa untuk menyelesaikan tugas – tugas yang ada terlebih dahulu sebelum berlanjut ke tugas selanjutnya. Dengan menggunakan sistem ini siswa akan menjadi lebih berkembang seperti dalam aspek manajemen.

Nah bagi kalian yang sedang mencari lokasi PKL, pilih saja PT. Kombas Digital Internasional sebagai lokasi PKL kalian. Jika berminat kalian bisa menghubungi di nomor 0811-2829-002. Untuk infomasi yang lebih lengkap kalian bisa mengunjungi akademikombas.co.id.

Related Article…