PKL SMK BDP Jakarta

Perkembangan ekonomi dan bisnis hampir terus meningkat setiap tahunnya. Potensi di bidang ekonomi dan bisnis sangatlah besar. Hal ini juga menjadi bahan pembelajaran di SMK khususnya jurusan BDP di daerah Jakarta melalui kegiatan PKL.

Kegiatan ekonomi menjadi kegiatan yang penting untuk keberlangsungan suatu negara. Dengan menurunnya kegiatan ekonomi, maka dapat menurunkan kegiatan di bidang lainnya. Hal ini tentu menjadi tanggungjawab bersama agar kegiatan ekonomi tetap berlangsung.

Untuk mempertahankan atau meningkatkan perekonomian suatu negara, tidak hanya melibatkan pelaku usaha. Siswa SMK juga dapat berkontribusi untuk ikut serta meningkatkan kegiatan ekonomi. Siswa perlu menemukan peluang dan potensi dalam kegiatan bisnis dan ekonomi.

Untuk hal itu, siswa dapat melakukannya dengan melakukan PKL di lokasi lokasi tertentu. salah satunya adalah yang jurusan BDP lakukan.

PKL SMK BDP Jakarta

Penjelasan Jurusan BDP

Jurusan BDP atau Bisnis daring dan pemasaran adalah bidang keahlian yang masuk ke dalam naungan program bisnis dan pemasaran. Siswa akan mempelajari teori dan ilmu praktis tentang pemasaran dan cara mengembangkan bisnis melalui media online.

Pembelajaran yang siswa dapatkan diantaranya tentang analisis pasar dan mencari peluang bisnis. Pembekalan juga menyangkut tentang pemanfaatan media internet seperti situs ataupun social media.

Dengan masuk ke jurusan BDP, siswa juga dapat mendapatkan peluang karir yang cukup baik. Siswa dapat melanjutkan kuliah ke jurusan jurusan yang relevan seperti akuntansi, perpajakan, manajemen, dan kewirausahaan. Lulusan jurusan ini juga dapat melanjutkan kerja ke sektor swasta, instansi pemerintah, bank, ataupun ke perusahaan asing.

Kondisi Jakarta yang cocok untuk jurusan BDP

Sebagai ibukota negara, Jakarta dapat kita anggap sebagai tempat tersibuk. Roda perekonomian kebanyakan berpusat di kota Jakarta. Banyak perusahaan besar yang bermarkas di kota besar satu ini.

Hal ini membuat peluang bisnis dan mencari pekerjaan menjadi sangat besar di Jakarta. Alasan ini juga yang banyak orang untuk merantau ke kota Jakarta. Potensi ini juga dapat siswa jurusan BDP sebagai tujuan.

Siswa jurusan BDP khususnya dapat memanfaatkan potensi besar yang ada di kota Jakarta. Siswa BDP dapat mempelajari tentang bagaimana perkembangan bisnis di kota ini. Kondisi kota Jakarta dapat siswa jadikan sebagai bahan analisis pasar.

Akan tetapi Analisis pasar yang siswa lakukan tidak perlu secara keseluruhan. Harapannya, siswa dapat menemukan peluang bisnis ataupun pemasaran di daerah atau bisnis tersebut.

Tempat PKL di Jakarta

Jakarta telah banyak menyediakan tempat untuk memenuhi kebutuhan tempat magang atau PKL SMK. Tempat PKL tentunya dapat siswa sesuaikan dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi, Pemilihan tempat PKL menjadi poin penting untuk pertimbangan siswa.

Terkadang tempat PKL tidak memberikan apa yang ingin siswa capai, seperti siswa hanya melakukan tugas office boy. Hal ini tentu sangat merugikan bagi siswa.

Siswa sebaiknya cermat dalam pemilihan lokasi PKL. Salah memilih tempat akan membuat siswa tidak mendapat hasil yang memuaskan. Siswa sebelumnya perlu membaca profil dari perusahaan terlebih dahulu sebelum memilih. Apabila tempat yang siswa belum mendapatkan tempat yang sesuai, siswa bisa memilih PKL secara online di Jakarta ataupun di daerah lainnya.

PKL online PT. Kombas

Salah satu tempat yang dapat siswa gunakan sebagai lokasi PKL adalah PT. Kombas. Walaupun terletak di daerah cukup jauh, PT. Kombas juga menyediakan kegiatan PKL secara online.

Kegiatan PKL tetap dapat berlangsung dengan memanfaatkan platform yang telah PT. Kombas buat. Platform ini dapat siswa akses menggunakan jaringan internet dimanapun sehingga mempermudah kegiatan siswa.

Berbeda dengan tempat PKL lainnya, PT. Kombas akan memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Hal ini karena kurikulum yang PT. Kombas terapkan telah mengalami penyesuaian dengan kurikulum yang berlaku di sekolah – sekolah. Sehingga target siswa tetap dapat tercapai.

Metode PKL yang PT. Kombas terapkan adalah metode Project based learning. Dengan metode ini, siswa akan lebih banyak melakukan praktek daripada hanya mendapat teori. Pembagiannya 70% Praktek dan 30% teori. Dengan metode ini, siswa akan langsung mengerjakan tugas yang mentor berikan sehingga siswa juga akan berkembang dengan sendirinya.

Penggunaan metode ini akan membuat siswa menjadi lebih aktif. Kemampuan analisis siwa akan berkembang seiring dengan proyek yang siswa kerjakan. Dan tenang saja siswa akan tetap mendapat pengawasan yang berkaitan dengan tugas yang mentor berikan.

Potensi kota Jakarta membuat siswa SMK juga perlu melakukan analisis kondisi lapangan. Salah satu caranya dengan melakukan PKL khususnya untuk jurusan SMK BDP di kota Jakarta.

Sebagai alternatif, kegiatan PKL dapat siswa lakukan melalui media online salah satunya ke PT. Kombas. Dengan mengikuti PKL di PT. Kombas, siswa dapat lebih berkembang dan siap untuk menghadapi dunia kerja.

Untuk info PKL selangkapnya kunjungi saja htttps://pklsmk.com.

Info PKL SMK lainnya juga dapat anda temukan di akademikombas.co.id

Baca Juga :  PKL SMK BDP Banyumas

Related Article…