PKL SMK AKL Lampung

PKL SMK AKL Lampung – Sudah akan PKL dan bingung mau kemana? Wah berarti cocok banget dengan artikel ini.  Baca terus ya, supaya nanti bisa mendapatkan informasi lebih tentang PKL SMK AKL di Lampung.

Apa itu AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga)?

Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data. Tujuannya adalah untuk menjadikan sebuah laporan keuangan yang akurat.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) yaitu salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan, dan Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) merupakan salah satu program keahlian yang ada di SMK yang memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta didik dengan keterampilan akuntansi, dan  mengelola transaksi keuangan dan pajak.

Pembelajaran PKL dibagi menjadi 2 pembelajaran, yaitu pembelajaran materi dan praktek. Pembelajaran materi berkaitan dengan pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data. Pembelajaran praktek dilakukan dengan cara prakerin (PKL).

PKL SMK Di Jurusan AKL

PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah kegiatan murid atau  mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Tujuan Praktek Kerja Lapangan yaitu memperkenalkan siswa pada dunia usaha, dan meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan PKLPKL biasanya dilakukan oleh siswa SMK kelas 11 dan 12. Untuk durasi PKL sendiri bermacam-macam, yaitu 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Setelah berakhirnya masa PKL, hal yang biasa dilakukan adalah membuat laporan PKL. 

Baca Juga :  PKL SMK BDP Sumatera Barat

PKL SMK AKL di Lampung

Lampung adalah salah satu Provinsi yang berada paling selatan Pulau Sumatra, Indonesia, dengan beribu kotakan Bandar Lampung. Lampung memiliki potensi alam yang dikembangkan sebagai objek wisata. Potensi tersebut antara lain alam yang indah dan hawa yang sejuk, dan dikelilingi kehijauan bukit dan gunung yang ditumbuhi oleh berbagai jenis flora.

PKL SMK AKL Lampung

PKL SMK AKL Lampung

Tidak hanya potensi alam yang dijadikan objek wisata, Lampung juga memiliki potensi unggul lainnya, diantaranya :

Sektor perikanan

Masyarakat daerah pesisir Lampung kebanyakan bekerja sebagai nelayan dan bercocok tanam. Komoditas perikanan seperti tambak udang lebih menonjol, bahkan untuk tingkat nasional dan internasional.

Sektor peternakan

Perkembangan bidang Peternakan di Lampung memiliki arti penting dalam hal pemenuhan kebutuhan daging, susu dan telur bagi masyakat di Lampung. Adanya peluang pengembangan sektor peternakan tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan Kesejahteraan masyarakat Lampung Utara serta dalam rangka peningkatan pemenuhan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Sektor bidang kehutanan

Sektor kehutanan yang ada di Lampung memiliki potensi yang cukup baik. Sektor kehutanan salah satunya adalah Hutan Lindung. Hutan Lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.

Di Lampung juga memiliki potensi di bidang lain yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan untuk PKL, salah satunya adalah bidang industri. Semua sektor diatas juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat prakerin (PKL).

Baca Juga :  PKL SMK AKL Di Jawa Barat

Lokasi PKL di Lampung

Selain di sektor-sektor seperti sektor industri, sektor perikanan, sektor peternakan, dan sektor perhutanan, ada tempat di Lampung yang memungkinkan siswa SMK jurusan AKL untuk melakukan PKL, yaitu kantor pajak, koperasi, dan kantor dinas yang ada di kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Lampung.

PKL Online

Pandemi COVID 19 yang sedang terjadi ini memberikan pengaruh yang kurang baik bagi massyarakat, tidak terkecuali bagi siswa yang akan melaksanakan PKL. Kegiatan PKL terpaksa dilakukan secara daring (online). PKL juga dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung tapi ngengan syarat menaati protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan ada beberapa tempat yang seharusnya menerima siswa PKL tidak menerima siswa PKL sama sekali dikarenakan pandemi yang terjadi ini.

PKL di PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL

PKL secara tatap muka langsung juga dilakukan di PT Kombas Digital Internasional. Bagi siswa SMK, khususnya jurusan AKL dapat dilakukan secara tatap muka langsung (offline), tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan dan dengan jumlah siswa PKL yang terbatas.

PT Kombas Digital Internasional juga melakukan PKL secara daring (online) bagi siswa SMK jurusan OTKP dan siswa SMK lain dari luar kota. Selain jurusan AKL dan OTKP, ada beberapa jurusan lain yang bisa PKL di PT Kombas Digital Internasional, diantaranya yaitu jurusan BDP dan RPL.

Di PT Kombas Digital Internasional, siswa PKL diajarkan mengenai Digital Marketing dari mulai perkenalan PT Kombas Digital Internasional, pembuatan Email dan Database, hingga membuat desain konten.

Related Article…