PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) – Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program yang harus dilaksanakan untuk para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tujuan PKL SMK

Mengapa sih siswa SMK harus melaksanakan PKL? 

Tujuan dari pelaksanaan PKL ini adalah untuk mempraktikkan materi yang sudah diberikan sebelumnya di sekolah pada dunia kerja dan juga untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan siswa.

Kegiatan PKL ini juga memiliki manfaat yaitu melatih siswa bekerja sama secara tim. Waktu pelaksanaan PKL biasanya berbeda-beda, ada yang 6 bulan, 4 bulan, 3 bulan, dan yang paling singkat waktunya adalah 2 bulan. 

Setelah siswa melaksanakan PKL, diwajibkan untuk membuat laporan PKL dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti PKL. Sebagai pertanggungjawaban siswa yang telah mengikuti kegiatan PKL sesuai dengan program keahliannya masing-masing. Dan sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah melaksanakan praktik kerja di dunia usaha atau dunia industri.

Kemudian setelah lulus sekolah, siswa diharapkan telah memiliki pengalaman kerja di dunia usaha/industri. Keunggulan dari siswa SMK yaitu setelah lulus sudah memiliki skill walaupun tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Apa Itu Jurusan AKL di SMK?

Akuntansi dan Keuangan Lembaga atau yang biasa disebut AKL merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri maupun Swasta.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Di Jawa Barat

AKL merupakan jurusan yang mata pelajarannya berhubungan dengan transaksi keuangan. Pada jurusan Akuntansi ini kita akan diajarkan tentang cara menyusun laporan keuangan.

Kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga memiliki mata pelajaran produktif, antara lain Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur, Praktikum Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi Keuangan, Administrasi Pajak, Komputer Akuntansi, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Tentang Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki potensi pariwisata, kuliner, pertanian, perdagangan, perhotelan, industri kerajinan, dan lainnya.

Pada potensi pariwisata bisa dijadikan peluang untuk PKL jurusan Akuntansi pada bagian pengelola keuangan. Misalnya pemasukan dari penjualan tiket masuk wisata. Potensi lainnya yang bisa dijadikan peluang untuk PKL jurusan Akuntansi yaitu potensi pada bidang perdagangan.

Pada bidang perdagangan ini, siswa bisa menerapkan materi yang sudah diberikan di sekolah yaitu transaksi jual beli yang dicatat dalam jurnal. Pada potensi perhotelan juga dapat dijadikan peluang untuk PKL jurusan Akuntansi di bagian keuangan hotel.

PKL SMK AKL Yogyakarta

PKL SMK AKL Yogyakarta

Sebagai contoh lokasi PKL jurusan Akuntansi di Yogyakarta yaitu di Kantor Pelayanan Pajak Kota Yogyakarta, Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Sleman, Otoritas Jasa Keuangan Kota Yogyakarta, Kantor Pos Besar Yogyakarta, Bank-Bank di Yogyakarta, Koperasi Simpan Pinjam di Yogyakarta. Tempat PKL di Daerah Istimewa Yogyakarta biasanya ada di setiap kabupaten di Yogyakarta.

PKL bagi siswa SMK merupakan program yang wajib. Dikarenakan sekarang ini masa pandemi COVID-19, maka PKL pada tahun ini diadakan secara online.  Sebelum masa pamdemi COVID-19 ini, biasanya PKL dilaksanakan di dalam kota maupun di luar kota.

Baca Juga :  PKL SMK BDP NTB

Walaupun PKL dilaksanakan secara online, tetap harus diikuti dengan baik supaya kita bisa mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. Media yang digunakan untuk melaksanakan PKL online antara lain WhatsApp, Google Meet, YouTube, Google Drive, dan Platform.

Tempat PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL merupakan sebuah perusahaan rintisan yang berdiri tahun 2018 yang beralamat di Perumahan Griya Satria Mandalatama Blok 2a Nomor 2.  Karanglewas, Purwokerto, jawa Tengah.

PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL ini merupakan kumpulan para pebisnis online se Barlingmascakeb (Kab. Banjarnegara, Kab. Purbalingga, Kab Banyumas, Kab. Cilacap, dan Kab. Kebumen).

Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL memiliki solusi untuk melaksanakan PKL online pada bidang Internet Marketing.

PKL online bersama PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL ini, kita diajarkan berbagai macam hal tentang Marketing. Misalnya Membuat Email, Database, Riset Keyword atau Kata Kunci, Master Konten, Mindset Jualan, Alur Jualan Online, Membuat Artikel,  Konten Media dan Desain. 

Cara penyampaian materi untuk anak PKL sangat mudah dipahami. Setiap harinya kita diberi penjelasan materi oleh mentor kemudian kita disuruh untuk mempraktikkan materi tersebut.

Jadi, PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL sangat cocok untuk tempat PKL siswa SMK. Tidak hanya untuk PKL siswa SMK, PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL juga menyediakan kelas private bagi yang ingin belajar marketing lebih dalam.

Related Article…