PKL SMK AKL Jateng

PKL SMK AKL Jateng – Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan jurusan yang sangat berhubungan dengan angka dan hitung – menghitung. Di jurusan ini kita akan mempelajari banyak hal tentang laporan keuangan.

Mulai dari bagaimana cara membuat laporan keuangan yang sesuai dengan masing – masing perusahaan, menganalisis laporan keuangan, dan masih banyak hal lagi yang bakal kita pelajari. Dalam menganalisis laporan keuangan kita harus lebih teliti dan detail dalam melihat laporan keuangan yang disajikan.

Jurusan AKL Termasuk Kedalam Kelompok Keahlian Bisnis dan Manajemen

Akuntansi dan Keuangan Lembaga atau yang sering kita sebut dengan AKL adalah salah satu Kompentensi Keahlian yang pada umumnya berada di sekolah jenjang SMK dari Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, di SMK juga lebih mengarah untuk bisa langsung bekerja.

Akan tetapi bukan berarti jika kita masuk SMK terus kita tidak bisa melanjutkan kuliah lohh yaa, pastinya kita tetap bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah) sesuai keinginan.

PKL Jurusan AKL

Di jenjang SMK terutama jurusan AKL  pasti ada saatnya untuk  kita melaksanakan PKL yang biasanya dilaksanakan pada saat kelas 11 semester 1 atau 2.

PKL (Praktik Kerja Lapangan) merupakan kegiatan belajar yang dilaksanakan diluar lingkungan sekolah.  Tujuan dari pelaksanaan PKL adalah agar siswa bisa membayangkan apa yang dikerjakan dalam dunia bisnis maupun perusahaan nantinya. 

Pada umumnya, penempatan kantor PKL dilaksanakan sesuai bidang Kompetensi Keahlian yang mereka pelajari. Tempat pelaksanaan PKL jurusan AKL bisa dilaksanakan di Kantor pajak, Koperasi, Kantor dinas, Perbankan, dan masih banyak tempat lainnya yang bisa digunakan untuk PKL jurusan Akuntansi.

Baca Juga :  PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

PKL Jurusan AKL di Jateng

Pelaksanaan PKL Jurusan AKL di Jawa Tengah dapat dilaksanakan di berbagai tempat karena Jawa Tengah memiliki beragam potensi wisata dan produk unggulan yang tersebar di seluruh plosok Jateng, baik wisata alam, kuliner, maupun kerajinan dan masih banyak lainnya. Sehingga tempat – tempat tersebut pasti membutuhkan jasa akuntan untuk mengelola laporan keuangan perusahaan. 

Pelaksanaan PKL bisa dilaksanakan secara online dan offline. PKL online adalah pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang dilakukan secara daring dirumahnya masing masing untuk menindaklanjuti anjuran Pemerintah dan Kemendikbud dalam masa pandemi Covid 19 saat ini. 

Misalnya di Banjarnegara, kita ambil contoh di SMK N 1 Bawang, pelaksanaan PKL yang saat ini sedang berjalan dilaksanakan secara online dan offline sesuai ketentuan dari DU/DI.

Hal ini karena kondisi saat ini yang masih dalam keadaan pandemi. Sedangkan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan ini adalah prosedur dari sekolah jadi tetap harus dilaksanakan walaupun dengan waktu dan keadaan yang terbatas.  Yang seharusnya jangka waktu PKL 6 bulan sekarang cuma dilaksanakan  2 bulan sambil menunggu kondisi kedepannya. 

Tempat PKL AKL di Jawa Tengah

Salah satu tempat PKL siswa SMK N 1 Bawang jurusan AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) yaitu di PT Kombas Digital Internasional yang terletak di Perumahan Griya Satria Mandalatama, blok 2a No. 2, Karanglewas Kidul, Karanglewas, Banyumas.

Baca Juga :  PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

Kombas merupakan singkatan dari Komunitas Bisnis Online Banyumas Raya. Merupakan tempat berkumpulnya para pebisnis online se-Barlingmascakeb. Kab. Banjarnegara, Kab. Purbalingga, Kab. Banyumas, Kab. Cilacap dan Kab. Kebumen. 

Siswa SMK N 1 Bawang yang melaksanakan PKL di PT Kombas Digital Internasional tidak hanya jurusan AKL saja namun ada jurusan lain seperti BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) dan jurusan OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran).

PKL AKL di PT Kombas Digital Internasional

PKL di PT Kombas ini kita diajarkan tentang Internet Marketing dan Pelatihan Internet Marketing, mulai dari membuat database, membuat emai, riset kata kunci, master konten, membuat artikel SEO, dan masih banyak lagi pengetahuan yang kita dapatkan dari Prakerin (Praktek Kerja Industri) di PT Kombas Digital Internasional ini. 

pkl smk jateng

pkl smk jateng

Dengan PT Kombas Digital Internasional kita diajari step by step teknik digital marketing hingga bisa dan terdapat tutorial yang dapat kita pelajari. Mentor yang mengajar tentang internet marketing adalah mentor sekaligus praktisi di bidang internet marketing.

PT Kombas Digital Internasional memiliki beberapa divisi kerja yakni, Divisi Kerja – Akademi Kombas ( memberikan layanan Pembelajaran Digital Marketing secara Gratis maupun Berbayar), Divisi Kerja – Kombas Digital Agensi (memberikan layanan jasa Digital Marketing), Divisi Kerja – Kombas Perdagangan (melakukan kegiatan Digital Marketing melalui jalur Gratis (Free Traffic) maupun Berbayar (Paid Traffic).

Saat prakerin di PT Kombas Digital Internasional kita memiliki divisi masing – masing yang ditentukan sesuai dengan minat dan bakat setiap siswa. Supaya siswa bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri masing – masing.

Related Article…