PKL SMK AKL Di Jawa Barat

PKL SMK AKL Di Jawa Barat – Akuntansi berasal dari kata accounting yang berarti menghitung. Secara garis besar, akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan kegiatan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Segala informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli dalam bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. 

Akuntansi juga dapat disebut sebagai bahasa bisnis untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi serta menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk manajemen, investor, kreditor, serta regulator. Berbagai teori sendiri telah banyak dikemukakan mengenai pengertian akuntansi.

Bagi sebagian orang, ilmu akuntansi harus berkaitan dengan sistem hitung – menghitung, tapi faktanya akuntansi tidak sesederhana itu.

Berbagai teori berkembang seiring dengan semakin banyaknya orang yang ingin mempelajarinya, mengingat ilmu akuntansi memberi banyak kemudahan dalam melakukan kegiatan. Seorang praktisi yang ahli dalam bidang ini disebut akuntan.

POTENSI DAERAH JAWA BARAT

Seperti yang telah kita ketahui bahwa di daerah Jawa Barat memiliki banyak SMK yang menyediakan jurusan Akuntansi. Potensi daerah di Jawa Barat ini juga cukup melimpah seperti pariwisata, perkebunan, peternakan, usaha kehutanan, pertanian, dan bidang lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan PKL bagi siswa jurusan Akuntansi.

Wilayah Jawa Barat

Wilayah Jawa Barat

Di sektor perkebunan, komoditas unggulan nasionalnya adalah cengkeh, kopi, tembakau, kelapa, karet, dan kakao yang memadai dan bisa menjadi surplus jika digabungkan dengan teknologi yang tepat.

Baca Juga :  Rekomendasi PKL SMK Akuntansi Cilacap

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pihak SMK untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan – perusahaan di bidang tersebut. Diharapkan siswa dapat belajar tentang pengelolaan keuangan dalam usaha perkebunan atau dapat mengembangkan keahlian yang sudah dimiliki.

Dalam hal lain, sektor peternakan seperti sapi perah, ayam ras, dan domba ikut ditonjolkan di Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan, Jawa Barat harus mengimpor setidaknya 150 ekor sapi dari negara Australia setiap tahunnya, disamping berharap mendapat pasokan ternak hidup dari provinsi lain terutama Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Lampug, Bali, Lombok, dan lain-lain.

Dalam memaksimalkan sektor peternakannya Jawa Barat membagi kawasan pengembangan andalan peternakan ke dalam tiga wilayah yaitu Jawa Barat bagian Utara, Jawa Barat bagian Tengah, dan Jawa Barat bagian Selatan.

Potensi ini dapat kita pergunakan sebagai tempat PKL jurusan akuntansi dengan mengelola data yang bisa dijadikan sebagai laporan keuangan. Selain potensi sumber daya alamnya, wilayah Jawa Barat juga banyak sekali terdapat tempat usaha seperti CV, PT, organisasi ataupun satuan lembaga instansi lainnya baik dalam bidang  bisnis marketing, keuangan, desain grafik maupun lainnya.

LOKASI PKL DI JAWA BARAT

Lokasi untuk PKL di wilayah Jawa Barat sendiri telah meyebar luas secara merata di kota Depok, Bekasi terutama di ibu kotanya yaitu Bandung.

PKL SMK di Jawa Barat

PKL SMK di Jawa Barat

Tempat yang biasanya akan dijadikan sebagai praktek kerja lapangan ialah lokasi yang strategis (masuk jalur angkutan) dan dekat dengan perkotaan. Hal ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi kinerja baik dari karyawan maupun siswa yang berPKL ditempat tersebut.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Kebumen

PKL DI PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL

Begitulah sekilas tentang beberapa penjelasan PKL jurusan Akuntansi di daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk PKL di PT Kombas Digital Internasional sendiri memiliki bidang usaha Internet Marketing dengan melayani berbagai macam jurusan yaitu Administrasi Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, TKJ, RPL, Multimedia, Desain Grafik, termasuk jurusan Akuntansi.

Kita dapat mempelajari dan mengembangkan bisnis online sesuai dengan minat dan bakat masing – masing siswa. Mulai dari mengisi assesment minat bakat, pembuatan akun email baru, akun yahoo yang akan digunakan untuk berjualan online, membuat riset produk dan master konten, merecord narasi, membuat artikel SEO dan masih banyak lagi yang dengan sekaligus mendapat penjelasan materi melalui google meet.

Disini juga diajarkan bagaimana cara menggunakan platform media pembelajaran, pengumpulan tugas-tugas, fitur yang dapa memeriksa pekerjaan yang telah disetorkan, dinilai dan jika ada komentar koreksian yang diberikan mentor untuk siswa – siswi PKL yaitu platform akademikombas.co.id. Disini kami dapat mempelajari, memahami, serta mempraktekan bagaimana sistem kerja Internet Marketing.

Related Article…