PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja? – Multimedia merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang penggunaan komputer, seperti menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, dan gambar.

Jurusan ini juga mengadakan program PKL yang harus diikuti oleh siswa SMK. Siswa jurusan pemasaran akan mempraktekan secara langsung teori yang sudah didapat di sekolah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian PKL, hal yang dipelajari di jurusan multimedia SMK, dan kegiatan yang dilakukan saat PKL oleh siswa jurusan multimedia SMK. Simak penjelasan berikut ini.

PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

Pengertian PKL

PKL (Praktek Kerja Lapangan) merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa tingkat 2 SMK dengan bekerja langsung di dunia kerja secara terarah dengan tujuan untuk membekali siswa dengan sikap keterampilan dan etos kerja. PKL termasuk salah satu syarat untuk naik ke tingkat kelas selanjutnya dan juga syarat kelulusan.

Tujuan diadakannya kegiatan PKL adalah agar lulusan SMK memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai di dunia kerja, meningkatkan disiplin kerja, dan memberikan penghargaan terhadap pengalaman kerja. Dengan mengikuti kegiatan PKL ini, tentunya siswa akan mendapatkan pengalaman dan juga wawasan tentang dunia kerja dan membekali siswa agar siap untuk bekerja nantinya.

Program PKL juga merupakan salah satu upaya SMK untuk meningkatkan mutu siswanya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan jurusan dan bidangnya, dan bisa memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat.

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jakarta

PKL dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional di bidangnya. Dimana siswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat saat disekolah sekaligus mempelajari materi baru mengenai dunia kerja.

PKL tentunya memiliki tujuan yang berdampak baik untuk para siswa.

Berikut adalah beberapa tujuan dari pelaksanaan PKL:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional, yakni tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan kerja yang sesuai dengan dunia kerja.
  2. Meningkatkan keselarasan antara Lembaga Pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa sehingga memiliki daya saing tenaga kerja dipasar kerja global.
  4. Siswa mampu memilih karir, ulet, dan gigih dalam beradaptasi dalam lingkungan kerja dan menumbuhkan sikap professional dalam bidang keahliannya masing-masing.
  5. Menanamkan jiwa entrepreneurship pada siswa.
  6. Memperkenalkan dunia kerja yang nyata kepada siswa.
  7. Menjadikan siswa sebagai manusia yang produktif dan dapat bekerja di bidangnya setelah melalui pelatihan dan Pendidikan.

Hal Yang Dipelajari Di Jurusan Multimedia SMK

Multimedia merupakan salah satu jurusan di SMK, yang fokus untuk mempelajari tentang penggunaan komputer guna menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, dan video yang dibuat semenarik mungkin, dengan menggunakan tools yang sudah tersedia seperti:

  • Adobe Photoshop
  • CorelDraw
  • Freehand
  • Adobe After Effect
  • dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya multimedia ini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Multimedia Linier, merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dioperasikan pengguna misal film dan TV.
  2. Multimedia Interaktif, merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dengan pengguna misalnya game.

Sedangkan berdasarkan penggunaannya, multimedia dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Multimedia Communication, merupakan penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi dengan media yang digunakan seperti TV, radio, film, game, dan musik
  2. Multimedia Content Production, merupakan penggunaan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, audio, video, dan gambar yang dipadukan untuk menghasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, dan lainnya.
Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika DIY

Berikut merupakan materi yang dipelajari di jurusan multimedia SMK:

  1. Dasar Bidang Keahlian
  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Fisika
  • Kimia
  1. Dasar Program Keahlian
  • Sistem Komputer
  • Komputer dan Jaringan Dasar
  • Pemrograman Dasar
  • Dasar Desain Grafis
  1. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
  • Desain Grafis Percetakan
  • Desain Media Interaktif
  • Animasi 2D dan 3D
  • Teknik Pengolahan Audio dan Video
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan 

Kegiatan Yang Dilakukan Saat PKL

Tujuan diadakannya program PKL ini adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Berikut adalah kegiatan yang dilakukan saat PKL oleh siswa jurusan multimedia:

  1. Pengenalan Lingkungan Kerja, tahap pertama saat melakukan PKL yaitu, siswa akan dikenalkan dengan lingkungan kerja terlebih dahulu.
  2. Kemudian siswa diberikan pelatihan terlebih dahulu selama sebulan. Pelatihannya meliputi desain grafis, ilustrasi vector, dan pembuatan komik. Dan setelah melakukan pelatihan, siswa akan mengikuti ujian kompetensi, kemudain akan diberikan sertifikat kompetensi.
  3. Setelah mendapatkan pelatihan, siswa akan diberikan sebuah praktek/proyek yang berkaitan dengan bidang multimedia, seperti mendokumentasikan acara tertentu kantor, mendesain brosur untuk event kantor, merekap data. Dengan ini siswa dapat mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio.

Penutup

PKL dilakukan kurang lebih 3 bulan dan paling lama 6 bulan, tergantung oleh SMK masing-masing. Biasanya diikuti oleh siswa kelas 11 karena merupakan syarat kenaikan kelas dan siswa kelas 12 sebagai pelengkap kelulusan.

Itulah ulasan mengenai pengertian PKL, hal yang dipelajari di jurusan multimedia, dan kegiatan yang dilakukan saat PKL jurusan multimedia.

Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca, terutama untuk anda yang akan melaksanakan PKL semoga bisa sebagai bahan untuk mempersiapkan hal-hal dasar dalam pelaksanaan PKL.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jurusan Multimedia SMK, silahkan kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-multimedia/

Related Article…