PKL Jurusan BDP

Jurusan BDP atau Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan salah satu kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing yang baik, marketing secara konvesional maupun melalui media daring.

Para siswa jurusan BPD akan mempelajari startegi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.

Contents

  ••Mata Pelajaran Jurusan BDP••

Mengenal Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK

*Bisnis Online*

     Di mata pelajaran Bisnis Online peserta didik akan dibekali dengan bagaimana cara pemasaran melalui internet. Pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan situs web atau memanfaatkan sosial media yang ada .

Dengan menggunakan Bisnis Online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. 

*Produk Kreatif dan Kewirausahaan*

     Pada mata pelajaran Produk Kreatif dan kewirausahaan peserta didik dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. 

Materi yang akan diajarkan antara lain bagaimana memahami karakterisik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual.

*Penataan Produk*

   Pada mata pelajaran Penataan Produk membahas mengenai mengelompokan barnag sesuai dengan jenis dan kegunaan. Dalam pengelempokan produk peserta didik juga dituntut untuk benar-benar memahami spesifikasi produk tersebut.

*Pengelolaan Bisnis Ritel*   

*Adminitrasi Tranksaksi

   Pada mata pelajaran Adminitrasi peserta didik dibekali agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan tersruktur, sehingga hasil pencatatan tersebut mudah dipahami

 •Kekurangan dan kelebihan jurusan BPD••

Informasi Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran | Toffeedev

Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan jurusan BDP yaitu:

        •Kekurangan•

*Profesi Sales Yang Masih Dipandang Sebelah Mata 

Tenaga pemasaran atau yang disebut profesi sales masih dipandang sebelah mata. Tidak heran jika menganggap kehadiran mereka sangat menggangu

*Kerja Pemasaran Harus Sesuai Target

Baca Juga :  Rekomendasi PKL SMK BDP Pemalang

Ketika seseorang bekerja dibidang pemasaran, maka harus bekerja sesuai target. Jika tidak mencapai target yang sudah ditentukan, maka tidak akan mendapatkan bonus.

  • Kelebihan•

*Prospek Kerja yang luas

Prospek kerja jurusan ini sangatlah luas. Semua perusahaan yang bergerak dibidang produksi jasa atau barang membutuhkan tenaga pemasaran, termasuk juga instansi pemerintah.

*Belajar Bisnis

*Bisa Pratik Sendiri

Seorang bisa pratik sendiri selama masih sekolah dengan bisa membuka online shop atau bekerja paruh waktu di sebuah toko. Dengan ini bisa menambah pengalaman.

*Menjadi Wirausaha 

Seorang bisa menjadi wirausaha sebagai siswa pemasaran yang belajar bisnis, dengan memanfaatkan illmu yang didapatkan untuk membangun sebuah usaha.

*Mendapatkan Gaji dan Bonus

Tidak hanya cuma mendapatkan gaji tetap namun juga mendapatkan bonus. Sebagai tenaga pemasaran, seeorang akan bekerja sesuai dengan target tertentu. Jika seseorang tersebut mencapai target yang ditentukan atau bahkan melampauinya, maka bonus yang didapatkan akan semakin besar.

•Alasan Harus Memilih Jurusan BPD••

Kemampuan Presentasi: Manfaat bagi Karier dan Cara Meningkatkannya

 Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa harus memilih jurusan BDP adalah sebagai berikut:

*Melatih Kepercayaan Diri

Ketika sedang bekerja dalam menawarkan atau memasarkan suatu produk, harus bisa tampil percaya diri sehingga orang yang kamu ajak bicara bisa tertarik dengan jasa dan produk yang sedang kamu tawarkan. 

*Tempat Bekerja Yang Fleksibel

Bagi seseorang yang bekerja dibidang pemasaran, orang itu akan melakukan berbagai perjalanan untuk menemui klien dan memasarkan produk dan jasa perusahaan . Pekerjaan dibidang ini tidak akan membosankan karena tidak selalu berada diruangan.

*Mendalami Ilmu Marketing dan Bisnis

Kamu bisa membuka bisnis sendiri dengan ilmu pemasaran yang didapatkan sebab sudah paham mengenai startegi pemasaran dan promosi untuk bisnis kamu. Dan tentunya juga akan diajarkan tips-tips untuk menjadi wirausahawan muda yang sukses.

Baca Juga :  PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja?

*Relasi yang Luas

Seeorang uang bekerja dibidang pemasaran akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latarbelakang maka dari itu membuatnya memiliki relasi dan pergaulan yang luas.

*Peluang Kerja yang Sangat Banyak

Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan orang yang bekerja dibagian pemasaran agar memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut. Maka dari itu jika memilih jurusan ini, peluang kerjanya nantinya akan cukup banyak.

••Peluang Kerja Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)••

Admin Marketing: Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab | Blog Mba Lumina

*Social Digital Marketing

Seeorang yang bekerja di social digital marketing bertugas untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media.

Dalam social digital marketing perlu melakukan strategi yang khusus agar marketing bisa mencapai tujuan dan sesuai dengan value perusahaan. 

*Digital Marketing Staff

Pekerjaan digital marketing staff adalah pekerjaan yang bertugas untuk memasarkan produk atau jasa secara digital. Seorang digital marketing staff akan menggunakan platfrom digital lebih banyak sebagai media pemasaranya .

*Admin Marketing

Seorang admin marketing bertugas membantu para staff marketing dalam mengorganisir dan menyusun berbagai kebutuhan klien dan hasil penjualan.

*Sales Executie

Pekerjaan sales executie sangat dibutuhkan disetiap perusahaan dikarenakan setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executie agar memasarkan produknya.

• Kegiatan PKL••

Program Magang Ditjen Diktiristek Batch 13 Dibuka, Ini 6 Formasinya!

Pkl adalah kegiatan sekolah yang wajib diikuti oleh siswa smk. Dengan tujuan kmi memberikan pengalaman-pengalaman  kerja secara langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi disekolah.

Dengan adanya kegiatan PKL adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya .

Para peserta didik jurusan BDP akan mempratekkan secara langsung teori-teri yang sudah mereka dapatkan disekolah. 

Related Article…