Pentingnya Akun Linkedin Untuk Profesional

Pentingnya Akun Linkedin Untuk Profesional – Pada saat ini, linkedin sangat penting untuk personal branding. Dengan linkedin anda bisa sharing pengalaman dan portofolio, dan kini banyak digunakan oleh recruiter, sehingga anda akan mendapatkan kesempatan yang lebih tinggi daripada media sosial lainnya untuk ditawari pekerjaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Linkedin, mulai dari pengertian, manfaat, dan perbedaan linkedin dengan media sosial lainnya. Simak ulasan berikut ini.

Pentingnya Akun Linkedin Untuk Profesional

Pentingnya Akun Linkedin Untuk Profesional

Pengenalan Linkedin

Linkedin adalah jaringan professional terbesar di dunia internet. Anda dapat menggunakan linkedin untuk:

  1. Mencari dan menemukan pekerjaan atau tempat magang yang tepat.
  2. Memperkuat hubungan professional.
  3. Mempelajari keterampilan yang anda butuhkan agar sukses dalam karir.
  4. Mengadakan dan Menyelenggarakan acara offline.
  5. Bergabung dengan kelompok
  6. Menulis artikel
  7. Memposting foto dan video

Linkedin dapat di akses melalui desktop, aplikasi seluler linkedin, web seluler, dan aplikasi seluler linkedin lite android.

Linkedin dibuat untuk digunakan oleh siapa saja yang ingin memajukan karir mereka. Mencakup orang dari berbagai latar belakang professional, seperti pemilik usaha kecil, mahasiswa, dan pencari kerja.

Linkedin merupakan platform online yang bisa menghubungkan para professional di seluruh dunia.

Berikut beberapa Langkah untuk membuat linkedin:

  1. Buat Profil Anda

Langkah pertama yaitu mendaftar dan membuat profil anda. Dengan melalui profil anda, anda dapat menampilkan kehidupan professional anda, tonggak sejarah, keterampilan dan juga minat anda.

  1. Membangun Jaringan Anda

Membangun jaringan penting dalam membuka kekuatan linkedin. Hal ini akan membantu anda memahami apa yang terjadi di industri dan lingkaran professional anda.

Baca Juga :  Semua Tentang Website

Anda bisa memulainya dengan menambahkan keluarga, teman, dan rekan kerja anda ke dalam jaringan anda. Anda juga bisa mengikuti orang, perusahaan, dan topik yang anda minati.

  1. Mencari Pekerjaan

Dengan linkedin anda dapat mencari lowongan pekerjaan dengan meriset perusahaan dan menjangkau komunitas perekrutannya.

  1. Berpartisipasi Dalam Percakapan

Dengan linkedin anda dapat dengan mudah berpartisipasi dalam percakapan. Dengan hal ini dapat memungkinkan anda untuk berbagi perspektif anda tentang masalah yang relevan dengan orang lain.

Anda juga dapat bergabung grup linkedin untuk terhubung dan berkembang dengan anggota yang berbagi minat, pengalaman anda.

  1. Memposting Konten

Dengan jutaan orang yang mengunjungi linkedin setiap harinya, bisa memberikan peluang untuk anda agar bisa membuat konten menarik yang anda posting di linkedin.

Anda juga dapat berbagi pemikiran dan ide dengan anggota linkedin menggunakan kotak berbagi.

Linkedin menawarkan keanggotaan gratis bagi siapa saja yang ingin membuat dan memelihara profil professional secara online. Dan jika anda mengupgrade menjadi langganan premium, anda akan mendapat akses lebih lanjut ke produk dan fitur yang ada di linkedin.

Perbedaan Linkedin Dengan Media Sosial Lainnya

Jika dibandingkan dengan jejaring sosial media lainnya, linkedin memiliki beberapa perbedaan secara khusus yang terkait dengan visi, misi, dan sistem layanan yang disediakan untuk kepentingan pengguna.

Berikut kelebihan yang dimiliki linkedin:

  1. Self-Branding

Pada linkedin anda dapat mengisi ketertarikan seperti menulis, akuntansi, music, sosial media, ataupun yang lainnya. Dan dapat menambahkan dengan professional headline yang mendeskripsikan diri anda.

  1. Mempromosikan Keahlian

Anda dapat memasukkan daftar keahlian sekaligus dapat mempromosikannya.

  1. Memosting Lamaran Pekerjaan dan Melamar Pekerjaan

Dengan linkedin memudahkan anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, karena banyak perusahaan yang memosting lowongan pekerjaan di linkedin.

  1. Menambah Koneksi
Baca Juga :  Pentingnya Akun Linkedin untuk Profesional

Dapat menambahkan koneksi sesama professional, sehingga mengetahui profesi baru yang belum diketahui dan dapat menambah beragam informasi.

  1. Memperlihatkan Proyek

Anda dapat memperlihatkan proyek yang sedang atau sudah anda kerjakan, seperti proyek kampanye sosial media, kampanye majalah dan yang lainnya.

  1. Memperkenalkan Sebuah Perusahaan atau Brand

Dengan linkedin anda dapat memperkenalkan sebuah perusahaan atau brand, dan hal ini berguna agar perusahaan atau brand tersebut dikenal banyak orang.

Fitur Yang Ada di Linkedin

Berikut adalah fitur-fitur yang ada pada linkedin:

  1. Name Pronunciation

Fitur ini berguna untuk branding, dengan audio berdurasi 10 detik, audiens dapat mendengarkan pelafalan nama perusahaan atau brand secara valid.

  1. Polling

Polling menjadi salah satu fitur yang berguna untuk meningkatkan perhatian target konsumen. Dengan melalui polling, anda bisa meminta saran dan masukan melalui rangkaian toik dan pertanyaan dengan cara yang menarik.

  1. Live Video

Fitur ini berguna untuk menarik awareness atau bisa digunakan sebagai media promosi.

  1. Reactions

Dengan fitur ini anda dapat memberikan stiker dalam bentuk yang berbeda-beda sebagai tanggapan atau reaksi untuk postingan sesorang.

  1. Carousel Post

Fitur yang membuat konten berisi lebih dari gambar, dimana audiens bisa menggeser dari satu gambar ke gambar lainnya dalam satu konten. Fitur ini bisa digunakan untuk berbagi dokumen (doc, ppt, pdf) kepada audiens.

Manfaat Dari Mempunyai Akun Linkedin

Beberapa manfaatnya yaitu hampir sama seperti kelebihan linkedin yang sudah dijelaskan diatas, yaitu:

  1. Membangun Profil Profesional
  2. Memperluas Koneksi
  3. Menjaga Hubungan Dengan Teman Lam
  4. Memudahkan Untuk Melamar Kerja
  5. Membuka Kesempatan Untuk Direkrut Oleh Perusahaan
  6. Memperlihatkan Keahlian
  7. Mendapatkan Informasi Dan Inspirasi Terbaru Tentang Pekerjaan

 

Demikian penjelasan mengenai Linkedin, semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada para pembaca. Memiliki akun linkedin penting dan sangat bermanfaat bagi karir kamu.

Jadi, sudah puya akun linkedin belum?

Related Article…