Pengertian Sosial Media

Pengertian Sosial Media – Sosial media menjadi peranan penting bagi kehidupan manusia saat ini, karena setiap kegiatan yang dilakukan sangatlah berhubungan dengan sosial media. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, dan mencari tahu tentang informasi yang sedang hangat dibicarakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sosial media, mulai dari pengertian, kegunaan dan manfaat, jenis-jenis, serta dampak dari adanya sosial media. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Sosial Media

Pengertian Sosial Media

Apa Itu Sosial Media?

Sosial media diciptakan pada 24 Mei 1844. Yang dulunya hanya serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik di mesin telegraf. Dan kini sosial media berkembang sangat pesat dengan mengikuti era digital saat ini.

Sosial media merupakan suatu platform digital yang memiliki fasilitas untuk penggunanya agar bisa melakukan aktivitas sosial. Sosial media juga merupakan bagian dari pengembangan internet. Hal ini lah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau berinteraksi online bisa kapan pun dan dimana pun.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sosial media, yaitu:

  1. Melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain
  2. Mengirim dan memberi informasi
  3. Berbagi foto dan video

Berikut adalah pengertian sosial media menurut pendapat dari para ahli, berikut diantaranya:

  1. K. Lewis (2010)

Dalam karyanya yang berjudul Social Media and Strategic Communication attitudes and Perceptions among College Students yang terbit di tahun 2010, menyatakan bahwa sosial media meupakan salah satu label yang merujuk pada teknologi digital yang memiliki potensi membuat semua orang untuk saling terhubung dan melakukan interaksi, dan berbagi pesan.

  1. Dave Kerpen (2011)

Dalam bukunya yang berjudul Likeable Social Media yang terbit pada tahun 2011, mengemukakan bahwa sosial media adalah suatu tempat kumpulan gambar, video, tulisan, dan hubungan interaksi dalam jaringan, baik individu maupun kelompok/organisasi.

Baca Juga :  Pengertian Youtube

Biasanya Sosial Media Digunakan Untuk Apa?

Sebagai salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh hamper semua orang yang memiliki akses internet, sosial media juga memiliki banyak kegunaan.

Berikut beberapa kegunaan dari sosial media:

  1. Komunikasi

Sosial media tentu digunakan sebagai alat komunikasi. Dengan seiring berkembangnya teknologi dan internet, sosial media bisa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul dan berinteraksi semua orang dari berbagai belahan dunia.

  1. Branding

Sosial media bisa juga digunakan untuk branding, dimana pengguna bisa menunjukkan cara yang unik dan khas untuk mendesain akun sosial media pribadinya sesuai citra yang ingin mereka tunjukkan kepada orang lain.

  1. Tempat Usaha

Sosial media juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan usaha atau bisnis. Pengguna bisa membangun sebuah usaha secara online, hal ini memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak orang dibandingkan dengan di dunia nyata.

  1. Marketing

Sosial media memudahkan pengguna terutama pebisnis untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak konsumen, dan hal ini terbukti untuk meningkatkan keuntungan.

Jenis-jenis Sosial Media Yang Sering Digunakan

Dengan kemajuan dari teknologi dan internet saat ini sangat membawa keuntungan dan kemudahan bagi manusia, seperti pada aspek bisnis. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jenis-jenis sosial media yang beredar saat ini.

Berikut adalah jenis-jenis sosial media yang sering digunakan:

  1. Youtube

Sosial media ini merupakan salah satu platform yang sangat populer. Anda bisa menonton dan mengunggah video.

  1. Instagram

Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh remaja. Anda bisa membuat dan mengunggah berbagai foto, dan video yang menarik di akun Instagram anda. Salah satu platform yang sering digunakan untuk bisnis online.

  1. Facebook

Sosial media ini bisa digunakan untuk berbisnis, karena sangat menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan. Bisa juga digunakan untuk berbagi cerita, link situs, gambar, dan video.

  1. Twitter

Twitter lebih mengarah untuk membagikan tulisan, foto, dan video. Dan twitter juga sangat update terkait informasi atau topik yang sedang hangat diperbincangkan.

  1. Line

Sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi, membuat perkumpulan pengguna, membagikan foto dan juga video.

  1. Tiktok

Saat ini tiktok sangat ramai diperbincangkan dan banyak digunakan oleh semua orang. Sosial media ini bisa digunakan untuk mengunggah video hasil karya anda.

Manfaat Sosial Media

Sosial media banyak digunakan oleh masyarakat di semua kalangan, karena sosial media memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  PELATIHAN DIGITAL MARKETING MATERI JUALAN LARIS DARI MARKETPLACE

Berikut adalah manfaat dari sosial media:

  1. Sebagai Media Bersosialisasi

Sosial media biasa digunakan sebagai media bersosialisasi antar individu karena mempermudah yang jaun menjadi dekat, serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tidak terbatas oleh waktu dan tempat.

  1. Sebagai Tempat Curhat dan Media Penyimpanan

Sosial media juga dapat digunakan sebagai tempat curhat dalam segala sisi. Tidak hanya itu, sosial media juga dapat menjadi media penyimpanan dokumen seperti foto dan video.

  1. Mempertemukan Teman Lama dan Menambah Teman Baru

Dengan sosial media anda akan lebih mudah untuk menemukan teman lama anda saat sekolah dan juga kuliah. Begitu juga dengan menemukan teman baru, di sosial media anda akan bertemu dengan orang baru dan juga bisa untuk menambah relasi pertemanan anda.

  1. Media Hiburan

Dengan banyaknya konten menarik dan lucu yang diunggah pada sosial media, dapat menjadi media hiburan untuk anda dan bisa menghilangkan penat.

  1. Penyaluran Hobi

Di sosial media terdapat berbagai komunitas yang bisa dijadikan sebagai media penyalur hobi anda.

  1. Sebagai Media Informasi

Dengan sosial media, tentunya anda akan mendapat informasi baru dan bisa juga memberi informasi kepada orang lain. Hal ini bisa untuk menambah wawasan anda.

  1. Media Bisnis Online Dan Promosi

Dengan perkembangan sosial media yang sangat pesat, banyak yang memanfaatkan sebagai tempat bisnis online dan promosi, karena transaksi jual beli dianggap lebih mudah dan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Dampak Negatif Dan Positif Dari Penggunaan Sosial Media

Dengan adanya sosial media sangatlah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan pada hubungan sosial, perubahan terhadap keseimbangan, serta perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial (nilai, sikap, dan pola perilaku).

Perubahan atau dampak positif dari penggunaan sosial media adalah memberikan kemudahan untuk memperoleh dan memberikan informasi, serta memberi keterampilan dan hal-hal baru baik secara ekonomi dan sosial.

Lalu dampak negatif dari penggunaan sosial media adalah munculnya kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku, dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma yang ada, dan bisa menimbulkan seseorang tidak peduli dengan lingkungannya.

Demikian penjelasan mengenai sosial media. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada pembaca.

Related Article…