Pekerjaan Tenaga Marketing

Pekerjaan Tenaga Marketing – mungkin bagi kamu yang bingung tentang apa sebenarnya pekerjaan yang ada dan apa kegiatan mereka, sekarang tidak perlu bingung lagi. karena disini kita akan kasih gambaran kepada kalian tentang gambaran suatu pekerjaan. salah satunya adalah tenaga marketing.

percaya atau tidak, tenaga marketing merupakan bagian penting yang ada di suatu perusahaan. bagian ini memegang peranan penting dalam ikut serta menjaga keberlangsungan perusahaan. Lalu seperti apa sebenarnya pekerjaan tenaga marketing itu? berikut ulasannya

Tugas Tenaga Marketing

Menjalani profesi menjadi tenaga marketing juga harus mengetahui tugas tugas yang dikerjakan pada saat pekerjaan berlangsung. Bukan hanya itu menjadi tenaga marketing juga harus mempunyai skil yang harus dimiliki yang sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan. 

Tugas tugas yang harus anda ketahui ketika anda menjalani profesi tenaga marketing. Berikut ini tugas yang harus anda ketahui ketika menjalankan pekerjaan tenaga marketing.

Melakukan manajemen kampanye pemasaran

Bagian pemasaran secara aktif melakukan identifikasi produk yang akan menjadi fokus di dalam penjualan perusahaan. Nantinya bagian ini juga yang menghasilkan materi dan komunikasi untuk keperluan penyebaran informasi. 

Memproduksi materi pemasaran dan promosi

Bagian pemasaran mempunyai tugas membuat rincian yang memuat penjelasan dan promosi produk baik yang berupa barang atau layanan. bagian ini juga dituntut terus up to date. supaya bisa mengikuti perkembangan produk dan layanan. 

Mengelola konten dan pengoptimalan di website

Sekarang ini, website menjadi tempat pertama orang akan mencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan. 

Baca Juga :  Profesi Sales Merchandiser

Bagian pemasaran juga memiliki tanggung jawab pada menjaga konten web tetap up to date. selain itu mereka akan memastikan situs tetap muncul dengan cepat. hal ini akan membantu saat seseorang membutuhkan informasi perusahaan. 

Memantau dan mengelola media sosial

Tenaga marketing juga bertugas untuk ikut serta dalam memberikan kontribusi dalam pengelolaan dan pemeliharaan halaman sosial media. Bagian ini akan mengelola akun dan memantau setiap postingan yang dilakukan secara online. 

Memproduksi komunikasi internal

Bagian pemasaran memiliki tanggung jawab untuk memastikan nilai, sasaran dan prioritas bisa tersampaikan. hal ini termasuk tanggung jawab kepada jajaran lain diantara karyawan yang biasanya dilakukan melalui buletin atau jaringan dalam perusahaan.

Berperan sebagai penghubung media

Jika suatu ketika ada media yang mengutip perusahaan, maka pemasaran juga memiliki tugas sebagai juru bicara pemasaran, dan melakukan pengarahan para eksekutif bagaimana menanggapi pertanyaan media. 

Melakukan riset pelanggan dan pasar

Melakukan riset agar membantu penentuan sasaran dan peluang juga menjadi bagian tugas dari marketing. Nantinya hal ini akan membantu dalam memandang dan memahami produk baik yang berupa barang atau layanan.

Menjalin kerjasama dengan vendor dan agensi luar

Bagian pemasaran juga mempunyai tanggung jawab dalam melakukan pemilihan atau pengelolaan agensi atau vendor yang akan memproduksi materi pemasaran dan dukungan terhadap pemasaran perusahaan. 

Skill Marketing

Pekerjaan Tenaga Marketing

Pekerjaan Tenaga Marketing

Setelah mengetahui tentang tugas dan tanggung jawab marketing. Selanjutnya adalah skil yang harus anda punya dengan menjadi tenaga marketing

Kreatif

Seorang marketing perlu menjadi seseorang yang kreatif agar bisa menjelajahi segala bidang. Jika seorang marketing sudah memiliki kemampuan kreatif maka bisa memberikan ide segar untuk keperluan promosinya. ide inilah yang nantinya menjadi solusi bagi pelanggan atau perusahaan. 

Kemampuan beradaptasi

tidak hanya kreatif, marketing juga harus memiliki kemampuan adaptasi. hal ini bertujuan agar marketing dapat beradaptasi dengan berbagai tantangan baru dan juga rencana baru. Tentunya hal ini perlu dibarengi dengan tekad dan semangat yang kuat.

Kemampuan berkomunikasi

selanjutnya adalah kemampuan komunikasi salah satunya kepada user atau konsumen. Karena marketing memiliki tugas untuk bertugas membangun citra perusahaan, maka marketing harus bisa menjembatani antara user dan juga perusahaan. 

Baca Juga :  Profesi SEO Specialist

Jiwa kepemimpinan

Jika kepemimpinan juga menjadi salah satu poin penting yang perlu dimiliki seorang marketing. Dia harus bisa memandu rekan kerja baik dari nasihat atau dari inovasi. Hal ini juga diharapkan berupa inspirasi bagi rekan kerja lainnya. .

Empati 

Life skill lainnya yang dibutuhkan marketer handal adalah empati. Dengan memiliki empati, maka marketing dapat memposisikan diri sebagai pelanggan dan melihat sudut pandang untuk bisa membantu marketer dan lebih memahami kebutuhan pelanggan. dengan begitu mereka bisa menciptakan strategi yang tepat. 

Contoh pekerjaan tenaga marketing

Berikut contoh pekerjaan tenaga marketing.

Content Writer

sekarang ini Menulis sudah menjadi salah satu bagian penting dalam bidang marketing. Pekerjaan yang satu ini biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. pekerjaan ini juga akan berkaitan dengan perancangan content planning secara reguler

Product Owner

selanjutnya adalah pekerjaan product owner. bagian yang satu ini biasanya tidak secara langsung ada di divisi marketing. Akan tetapi dilihat dari tugasnya memiliki pekerjaan yang mirip dengan pekerjaan marketing. Biasanya pekerjaan ini lebih masuk ke divisi IT, karena pekerjaannya lebih berhubungan dengan teknologi.

Social Media Specialist

Di era seperti sekarang ini media sosial menjadi tempat yang tidak bisa dikunjungi setiap harinya. alasan ini sudah cukup membuat sosial media menjadi salah satu bagian penting dalam kegiatan marketing. jika sosial media termanfaatkan dengan lebih maksimal maka akan dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak. 

Account Executive/Manager

Account executive mungkin salah satu pekerjaan marketing yang gambarannya lebih terlihat jelas walaupun penyebutannya tidak terlalu familiar. Bagian ini memiliki tugas menjalin kerjasama bersama klien perusahaan. klein disini bisa perseorangan ataupun korporat. Kerjasama ini tergantung dari produk yang ditawarkan perusahaan. 

Mungkin itu saja dulu tentang pembahasan seputar pekerjaan tenaga marketing. Semoga bisa jadi gambaran untuk kamu yang sedang bingung. Untuk informasi lainnya jangan lupa kunjungi website kami

Related Article…