Mengenal Website

Mengenal Website – Di zaman milenial seperti sekarang banyak sekali teknologi yang mempermudah manusia dalam melakukan banyak hal.

Bahkan, berbagai informasi dapat tersedia dan diakses menggunakan internet melalui website atau situs web. Penyebaran informasi lewat internet pun tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Untuk bisa Mengenal website lebih jauh, simak pembahasan berikut ini.

Sejarah Website

untuk mengenak website maka kita perlu tahu sejarah awal dari website itu sendiri. Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Tim Berners-Lee sendiri merupakan seorang ilmuwan komputer Inggris. Beliau bekerja di European Organization for Nuclear Research (CERN) di Jenewa, Swiss sebagai insinyur software (perangkat lunak).

Ilmuwan asal Inggris itu memberanikan diri untuk mengembangkan web dengan konsep hiperteks (HyperText) karena untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat nya bekerja, selain itu juga untuk kebutuhan menyimpan berkas-berkas pribadinya.

Awal mula adanya website adalah sebagai media atau alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan di berbagai belahan dunia. Pada Oktober 1990, Berners menulis tiga teknologi dasar web, antara lain :

  1. HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa format buat web.
  2. URI (Uniform Resource Identifier) adalah semacam “alamat” yang unik. Fungsinya yaitu untuk mengidentifikasi ke setiap sumber daya yang ada di web. Kini lebih sering disebut dengan  URL.
  3. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) berfungsi untuk memungkinkan kalian mengambil kembali sumber daya yang terhubung dari seluruh web.

Berners juga menulis halaman web editor/browser pertama (“WorldWideWeb.app”) dan server web pertama (“httpd”).

Pada akhir tahun 1990, halaman web pertama akhirnya disediakan di internet secara terbuka dan dibuka untuk publik pada tanggal 6 Agustus 1991. Dari tahun ke tahun Tim terus mengembangkan desain web, dan memastikan koordinasi umpan balik dari pengguna di internet.

Pengertian Website

Website merupakan kumpulan halaman dalam sebuah domain atau subdomain yang berisi tentang informasi tertentu dan dapat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun dengan mudah melalui internet. Sebuah website dapat diakses menggunakan browser dengan cara menuliskan URL di alamat website dengan tepat. 

Baca Juga :  Rekomendasi Website yang Perlu Kamu Kunjungi Saat Gabut

Secara bahasa berdasarkan KBBI, website adalah suatu sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut menggunakan komputer yang dihubungkan melalui internet. Pengertian lain website menurut KBBI yaitu program menjalankan server komputer agar  menyediakan akses ke beberapa laman. Laman  artinya adalah halaman utama dari suatu situs web yang diakses oleh pengguna pada awal masuk ke situs tersebut.

Secara teknis, website adalah kumpulan halaman dalam internet yang tergabung kedalam suatu nama domain atau subdomain tertentu. Domain sendiri merupakan alamat website yang diawali dengan http, https, serta www atau tanpa awalan apa pun dan diakhiri dengan dot com (.com), dot net (.net), dot id (.id), dan sejenisnya.

Mengenal Beberapa Website Populer

   Berikut ini 5 besar website yang paling populer di seluruh dunia :

  1. Google.com, dengan traffic share sebesar 9.61%
  2. Facebook.com, dengan traffic share sebesar 5.22%
  3. Youtube.com, dengan traffic share sebesar 5.15%
  4. Baidu.com, dengan traffic share sebesar 2.66%
  5. Wikipedia.org, dengan traffic share sebesar 1.23%

Jenis-Jenis Website

Mengenal website

Website memiliki beberapa jenis yang berdasarkan sifat, platform, dan juga fungsinya. Jenis Website Berdasarkan Sifat antara lain :

Website Statis

Website Statis yaitu website yang kontennya konstan atau tidak berubah. Setiap laman pada website statis dibuat dengan kode HTML dan menunjukkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang dapat melakukan update pada konten website statis.

Website Dinamis

Website Dinamis merupakan website yang kontennya selalu di-update secara berkala. Umumnya, banyak website yang bersifat dinamis karena lebih mudah dikelola dibandingkan website statis. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang umumnya hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer. Meskipun begitu, website dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang dapat melakukan update konten website tanpa mengganggu desain web.

Dilihat berdasarkan Platform, jenis website antara lain

CMS

CMS adalah perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat serta mengatur konten digital. Kalian bisa membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Meskipun membuat website menggunakan CMS termasuk mudah, kalian tetap perlu mempelajari cara penggunaannya. Masing-masing CMS punya cara kerja yang berbeda.

Website Builder

Website builder adalah platform yang membantu kalian membuat website dengan cepat, tanpa perlu memahami coding atau kemampuan desain sama sekali. Website builder cocok untuk kalian yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak ada waktu untuk mempelajarinya.

HTML Dan CSS

HTML dan CSS memerlukan pengetahuan tentang coding dan pemrograman. kalian bisa membuat kode untuk website menggunakan software. Biasanya metode ini digunakan untuk membuat website statis.

Baca Juga :  Ayo Mengenal Website

Apabila kita tinjau berdasarkan fungsinya maka website memiliki beberapa jenis seperti :

Blog atau Website Pribadi

Jika kalian ingin menuliskan pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan, kalian bisa mempublikasikannya melalui blog. Menulis cerita di blog bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Banyak blogger di Indonesia yang sukses melalui blog mereka.

Ecommerce/Toko Online

Kalian dapat memanfaatkan website untuk membuat toko online. Walaupun kalian sudah berjualan di marketplace atau media sosial, kalian tetap memerlukan website. Semua transaksi toko online bisa tercatat secara otomatis dan kalian bisa mengevaluasinya dengan mudah menggunakan bantuan Google Analytics.

Website Perusahaan

Jika perusahaan Anda tidak melakukan transaksi secara online, Anda perlu memiliki website resmi perusahaan agar calon konsumen bisa menemukan informasi resmi tentang perusahaan Anda dari website resmi. Dengan begitu, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan meningkat karena mereka dapat menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.

Blog (Content Marketing)

Selain dapat digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga bisa digunakan sebagai alat content marketing. Kalian dapat mendatangkan traffic ke website toko online atau website perusahaan melalui blog. Kalian dapat membuat konten atau artikel menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh calon konsumen kalian. 

Organisasi atau Instansi Pemerintah

Tujuan dari website ini adalah agar masyarakat bisa mengakses informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Umumnya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

Media Sharing

Jenis website ini berguna untuk berbagi media seperti gambar, file musik, hingga video. Pengguna dapat upload ke situs tersebut dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. 

Komunitas Online

Di website ini tersedia berbagai komunitas online di internet dengan macam-macam topik. Biasanya satu website komunitas online hanya membahas satu topik tertentu. Di website komunitas online ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru, tips, serta tutorial dari satu atau beberapa topik tertentu. 

Website Berita

Website berita tentu saja bertujuan untuk menyebarkan berita. Jenis website ini mungkin adalah yang paling familiar untuk kalian. Di era serba digital saat ini, portal berita online berhasil menggeser bentuk media lain sebagai sumber informasi.

Sekian informasi yang mungkin perlu anda ketahui tentang Mengenal website. Dan masih banyak lagi lho informasi seputar website.

Related Article…