Mengapa Siswa SMK Penting Melaksanakan PKL

Mengapa Siswa SMK Penting Melaksanakan PKL – Praktek Kerja Lapangan (PKL) tentunya sudah tidak asing bagi anda terutama yang menempuh pendidikan SMK. PKL sendiri merupakan suatu kegiatan yang mewajibkan siswa SMK menerapkan suatu disiplin ilmu kejuruan dalam dunia kerja.

SMK sebagai sekolah ilmu kejuruan, mewajibkan PKL sebagai salah satu standar kelulusan yang memiliki banyak manfaatnya, seperti menambah kemampuan dan keterampilan, terutama untuk pengembangan skill para siswa.

Berikut adalah artikel penjelasan mengenai pentingnya PKL untuk siswa SMK.

Mengapa Siswa SMK Penting Melaksanakan PKL

Mengapa Siswa SMK Penting Melaksanakan PKL

Pengertian PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk atau program penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang diikuti oleh siswa SMK yang dilakukan di dunia kerja berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai jurusan yang mereka ambil.

PKL dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dengan menerapkan teori yang sudah dipelajari saat di sekolah. Dengan hal tersebut, siswa dapat beradaptasi dengan baik dengan dunia kerja. Sebelum program ini dilaksanakan, siswa akan dibekali ilmu dasar supaya bisa meminimalisir kendala-kendala saat penerapan kerja lapangan.

PKL juga merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan  mutu siswa SMK sehingga menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Pelaksanaan program ini didasari oleh Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang sesuai dengan industri yang memuat tentang Praktek Kerja Industri.

Hal ini juga didukung Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyebutkan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.”

Baca Juga :  PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

Tujuan PKL

PKL tentunya memiliki tujuan yang berdampak baik untuk para siswa.

Berikut adalah beberapa tujuan dari pelaksanaan PKL:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional, yakni tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan kerja yang sesuai dengan dunia kerja.
  2. Meningkatkan keselarasan antara Lembaga Pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa sehingga memiliki daya saing tenaga kerja dipasar kerja global.
  4. Siswa mampu memilih karir, ulet, dan gigih dalam beradaptasi dalam lingkungan kerja dan menumbuhkan sikap professional dalam bidang keahliannya masing-masing.
  5. Menanamkan jiwa entrepreneurship pada siswa.
  6. Memperkenalkan dunia kerja yang nyata kepada siswa.
  7. Menjadikan siswa sebagai manusia yang produktif dan dapat bekerja di bidangnya setelah melalui pelatihan dan Pendidikan. 

Manfaat PKL

Berikut ini merupakan manfaat dari PKL bagi siswa SMK:

  1. Implementasi teori

PKL ini sangat baik untuk mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari di bidangnya sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Dengan mengikuti PKL, siswa diharapkan bisa memperluas pengetahuan tentang dunia kerja. Selain itu, siswa juga mendapat pengalaman bekerja yang dapat digunakan saat memasuki dunia kerja nantinya.

  1. Melatih Keterampilan

PKL memberikan kesempatan bagi siswa untuk melatih keterampilan manajemen untuk terjun ke lapangan kerja. Hal ini berguna untuk menerapkan teori, dan konsep yang telah dipelajari.

  1. Memberikan Pengalaman Praktek Kerja
Baca Juga :  PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

Memberikan pengalaman-pengalaman di dunia kerja kepada siswa sehingga hasil penelitian bertambah luas.

  1. Melatih Memecahkan Masalah

PKL memberikan kesempatan dan melatih para siswa untuk memcahkan berbagai permasalahan manajemen di lapangan kerja dengan kemampuannya.

  1. Menjembatani Siwa Terjun ke Dunia Kerja

PKL berguna untuk menjembatani persiapan para siswa untuk siap terjun ke dunia kerja sehingga siswa memiliki kesiapan yang cukup.

Penutup

Pada intinya, program PKL dilaksanakan untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa mengenai dunia kerja. Dengan harapan siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga memilki etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja.

Oemar Hamalik berpendapat bahwa terdapat Sembilan model dalam pelaksanaan PKL, yaitu:

  1. Public Vocational Training
  2. Apprentice Training
  3. Vestibule Training
  4. On The Job Training (Latihan Sambil Kerja)
  5. Pre-Employment Training (Pelatihan Sebelum Penempatan)
  6. Introduction Training (Latihan Penempatan)
  7. Supervisory Training (Latihan Dengan Pengawasan)
  8. Understudy Training
  9. Sistem Kemagangan (Internship Training)

PKL dilaksanakan tentunya perlu mendapatkan penilaian dari sisi industry terkait untuk melihat kesesuaian program dengan pelaksanaannya.

Hal ini bertujuan sebagai dasar untuk penyusunan program tindak lanjut yang harus dilakukan terhadap pencapaian kompetensi siswa maupun program PKL.

PKL adalah sarana bagi siswa untuk mengasah lebih dalam pengetahuan dan keterampilan dan juga menambah pengalaman untuk terjun ke dunia kerja.

Bagi anda yang sedang atau akan melaksanakan PKL, maka manfaatkanlah program tersebut dengan belajar dan menambah pengalaman sebanyak mungkin, agar bisa menjadi bekal untuk ada kedepannya.

Demikian artikel mengenai pentingnya melaksanakan PKL untuk siswa SMK, semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi para pembaca.

Untuk melihat lebih lengkap mengenai pentingnya PKL untuk siswa SMK, silahkan kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/pkl-untuk-smk/

Related Article…