Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

    Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis atau yang sering disingkat dengan MPLB adalah progam keahlian yang membekali siswanya dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang mempunyai kecakapan dan kompeten dalam bidang pengelolaan adminitrasi perkantoran. 

Lulusan progam keahlian Manajemen akan mempunyai kemampuan sebagai  Sekretaris Junior (Junior Administrative Assistant), Admin Online, Digital Marketer, Staft Adminitrasi Kantor (office Administrative Staft,  berwirausaha dalam bidang komputer perkantoran serta penyedia jasa periklanan/pemasaran (digital marketing).

Contents

 Kelebihan Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanana Bisnis

6 Penyakit ini Diam-diam Mengintai Pekerja Kantoran. Terutama yang Duduk Depan Layar Tiap Jam

1.Kemampuan mengetik dengan 10 jari buta, supaya peserta didik akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tidak harus melihat keybroad. Kemampuan mengetik dengan 10 jari buta ini menjadi keunggulan tersendiri di jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. 

2.Kemampuan untuk menjadi sekertaris  yang ideal, melaksanakan pengarsipan dan menangani masalah keuangan.

3.Ketrampilan table maner, djmana peserta didik disiapkan menjadi seseorang tenaga ahli yang siap bekerja diperusahaan besar.

4.Kemampuan menguasai adminitrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar. 

 Kekurangan Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Kerja Kantoran Enak Gak Sih? | Pengalaman Kerja Kantoran - Siyo Ga

1.Banyaknya pesaing

2.Bidang pekerjaan bisa dimasuki oleh siapa saja

4.Pasaran 

3.Kemampuan 10 jari yang mudah dipelajari 

 Apa Tujuan Progam Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis??

8 Plus dan Minus Kerja Kantoran yang Paling Banyak Dialami Karyawan

`Mengembangkan dan menerapkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan baik didalam maupun diluar organisasi dengan memperhatikan etika dan norma yang berlaku dilingkungan masyarakat.

`Mengembangkan dan menerapkan kemampuan pengelolaan dana kas kecil dalam organisasi supaya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

`Mengembangkan dan menerapkan kemampuan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan organisasi dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Progam Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layananan Bisnis terbagi menjadi dua konsentrasi yaitu:

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Papua Barat

1.Konsentrasi Keahlian Manajemen Logistik yang berfokuskan pada ketrampilan mengelola layanan adminitrasi  kelogistikan dan pergudangan.

Tujuan progam keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada konsentrasi keahlian manajemen logistik adalah membekali siswa dengan karakter sikap dan moral etos kerja. pengetahuan, keterampilan, dan teknologi dengan lingkup cakupan: Dasar-dasar Manajemen Perkantoran, adminitrasi pergudangan, penanganan transportasi, regulasi sektor logistik dan keselamatan kerja, manajemem transportasi, manajemen distribusi, manajemen pergudangan, manajemen distrubusi dan pengirim (delivery), dan pengiriman barang (freight forwarding ).

2.Konsentrasi  Keahlian Manajemen Perkantoran yang berfokus pada ketrampilan mengelola layanan adminitrasi dan tata kelola perkantoran.

Progam keahlian manajemen perkantoran dan layanan bisnis pada konsentrasi keahlian manajemen perkantoran bertujuan untuk membekali siswa dengan katakter sikap dan moral, etos kerja, ketrampilan, pengetahuan dan teknologi dengan lingkup cakupan:  Dasar-dasar manajemen perkantoran, otomatisasi tata kelola kepegawaian, otomatisasi tata kelola keuangan, otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan, otomatisasi tata kelola sarana dan prasana, produk kreatif dan kewirausahaan, dan korespondensi kearsipan.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Tugas Personalia, Fungsi, Jobdesk, Juga Apa Itu Artinya? - Mekari Jurnal

*Otamatisasi Tata Kelola Sarana dan prasarana

Pada mata pelajaran otamatisasi tata kelola sarana dan prasarana siswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang adminitrasi dan regulasi sarana dan prasarana kantor dan keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja (K3).

*Otamatisasi Tata kelola Humas dan keprotokolan

Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah ketrampilan dan pengetahuan tentang rugulasi bidang kehumasan beserta etika dan kode etiknya hingga perencanaan progam kehumasan.

*Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

Materi pokok bahasan pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian adalah adminitrasi kepegewaian, perencanaan kebutuhan kepegawaian, prosedur pengadaan, hingga penilaian kinerja pegawai.

   Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

*Asisten Sekertaris

   Seorang asisten sekertaris bertugas untuk menerima berbagai panggilan telepon dan mengatur jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Kalimantan Tengah

*Resepsionis

   Seorang yang memiliki kemampuan berkomunilasi dengan baik. Bisa bekerja menjadi resepsionis hotel, perusahaan. Sebab setiap perusahaan yang bergerak pada bidang apapun pasti akan membutuhkan resepsionis untuk menjadi bagian front perusahaan.

*Staff Operasional Pameran

     Pada pekerjaan ini seorang bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran. Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar disetiap akhir pekan adalah event pameran, baik pameran busana, pameran mobil, ataupun pameran yang lainnya.

*Personal Assistant

   Jasa Personal Assistant ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi atau orang-orang penting.

*Staff Adminitrasi

   Pada pekerjaan staff adminitrasi seseorang bertugas untuk melaksanakan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan adminitrasi. Agar mendukung kelancaran operasioanal perusahaan.

*Sekertaris 

      Pada pekerjaan ini seseorang bertugas untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan perusahaan dan mengatur jadwal atasan.

*Staff Personalia

     Seorang staff personalia bertugas bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroil, dan pembayaran-pembayaran yang lainnya.

*Event Organizer

*Wirausaha

     Selain bekerja diperusahaan jurusan manajemen perkantoran dan layanan bisnis juga bisa membuka peluang usahanya sendiri. Dengan membuka jasa event organizer, dengan berbekal kemampuan ketelitian, multitasking, dan kemampuan mengorganisir yang baik.

Itulah beberapa penjelasan tentang jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

 Kamu seseorang siswa jurusan ini dan masih binggung mencari tempat PKL yang tepat??

Ayo gabunglah dengan kami di PT Kombas Digital Internasional disini kami siap menerima siswa PKL.

Jika anda berminat untuk gabung di PT Kombas Digital Internasional kamu bisa menghubungi nomer kami yaaa.

Wa: +62 811 2829 002 

Related Article…