PKL SMK BDP Sumatra Utara

Sebelum membahas PKL SMK BDP Sumatra Utara, di sini saya akan jelaskan dulu ya mengenai latar belakang SMK.

SMK memiliki perbedaan dengan SMA. Di mana SMK merupakan sekolah menengah dengan berbagai bidang kejuruan yang lebih spesifik. Dalam pembelajarannya, tidak hanya teori saja yang didapatkan. Akan tetapi, praktik pun juga dapat.

Tidak heran, siswa SMK ketika lulus menjadi penyumbang tenaga kerja. Hal tersebut dikarenakan, saat sekolah mereka sudah terbiasa dilatih untuk bekerja. Bentuk pelatihan ini diterapkan pada PKL.

PKL merupakan tugas yang wajib siswa ikuti. Praktik kerja lapangan (PKL) ini yang akan membawa siswa untuk terjun langsung ke dunia kerja dalam beberapa kurun waktu.

Pelaksanaan PKL pada setiap sekolah berbeda – beda. Tergantung pada kebijakan sekolah masing – masing. Sekolah akan mengirim siswa untuk magang ke dunia industri atau intansi lainnya.

Lokasi penempatan PKL berbeda – beda. Namun, untuk saat ini PKL dapat dilakukan melalui online.

Untuk penjelasan lebih lanjut, simak ulasan berikut ya!

SMK Jurusan BDP

Tanpa disadari bahwa berbagai latar pendidikan setiap orang ujung – ujungnya memilih membuka bisnis. Ini membuktikan bahwa bisnis sangat diincar dan bahkan menjadi persaingan. Maka dari itu, siswa jurusan BDP beruntung untuk memilih jurusan ini.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) merupakan ilmu yang mempelajari seputar bisnis dan manajemennya. Para siswa akan mendapatkan pengajaran berupa mengatur strategi marketing, cara mengembangkan bisnis, hingga marketing online.

Baca Juga :  Prakerin SMK

Di era digital saat ini, internet merupakan alat bantu untuk mengembangkan usaha. Maka dari itu, siswa dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran maupun praktik.

Pembelajaran pada jurusan ini memberikan peluang terhadap siswa untuk bewiraswasta. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menjadikan siswa sebagai pengusaha.

Kondisi Sumatra Utara Untuk Jurusan BDP

KONDISI SUMATRA UTARA UNTUK PKL ONLINE

KONDISI SUMATRA UTARA UNTUK PKL ONLINE

Indonesia terkenal dengan kekayaan budayanya. Berbagai macam kebudayaan tersebar di berbagai pulau Indonesia. Salah satunya adalah, Sumatra Utara (Sumut).

Sumut memiliki kawasan yang luas dengan berbagai budayanya.  Contohnya seperti, rumah adat Bolon, pakaian adat Batak Toba, tarian Tor – Tor, suku Batak, Nias, dan lainnya, hingga makan ciri khasnya ialah Anyang, Lalamak, Tasak Telu, dan Itek Poul.

Letak geografis Sumut berada pada jalur strategis pelayaran yang dekat dengan Singapur, Malaysia, dan Thailand. Dan juga kondisi iklim yang subur membuat sektor pertanian di sana menjadi baik.

Akibat dari dukungan kondisi budaya dan juga alam Sumut yang baik, maka Sumut memiliki sektor perekonomian yang baik pula. Struktur ekonominya didominasi oleh sektor kehutanan, pertanian, industri pengelolahan, perikanan, perdagangan besar dan eceran.

Melihat banyaknya peluang usaha yang ada di Sumut, dapat kita manfaatkan untuk membuka usaha. Seperti, membuat produk iklan pemasaran tentang keindahan wilayah Sumut, atau memasarkan secara online produk yang beciri khaskan Sumut.

Tempat PKL Online di Sumatra Utara

Bagi siswa SMK yang berada di Sumut, di era pandemic saat ini akan sulit mencari tempat PKL dikarenakan banyak perusahaan yang tutup. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

PKL secara online sat ini mulai berkembang. Kita dapat mencari perusahaan yang menyediakan PKL secara daring. Salah satunya ialah PT. Kombas Digital Internasional. Pelaksanaan PKL dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga :  Pusat PKL SMK Akuntansi Banyumas

Berhubung dengan jurusan di bidang bisnis yang khususnya digital marketing, maka PKL secara online pun cocok dipertimbangkan. Hal tersebut dikarenakan akan melatih siswa mengembangkan bisnis secara online.

PKL Online PT. Kombas

Kombas merupakan perusahaan jasa yang menyediakan lowongan PKL secara online dengan menggunakan platform Akademi Kombas.

Pada platform tersebut terdapat materi, tugas, hingga penilaian pun dapat dipantau melalui ini. Tujuannya agar mempermudah siswa untuk mengakses pembelajaran.

Tidak hanya itu, siswa pun akan diajarkan materi dengan bimbingan mentor yang sudah ahli dalam bidangnya. Jadi, tidak perlu untuk meragukan lagi.

Metode yang diterapkan PT. Kombas ialah dengan Project Based Learning (PBL). Pada metode ini, siswa akan berperan aktif.

Siswa akan diberi tugas atau project yang akan mereka selesaikan secara mandiri ataupun kelompok. Cara ini akan membuat siswa melatih daya pikir dalam problem solving dan menjadi lebih berkembang.

Sumatra Utara memiliki pontesi yang kuat dalam pemberdayaan bidang usaha. Tentu saja, dengan memaksimalkan pemanfaatan internet, dapat memajukan wilayah Sumut dalam segi ekonomi maupun budaya.

Sebagai generasi muda, sudah kodratnya kita sama – sama membangun bangsa. Kemajuan teknologi bukan berarti membuat kita menjadi malas, melainkan menambahkan etos kerja.

Demikian artikel seputar PKL SMK BDP Sumatra Utara yang saya sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Kalian para pembaca. Untuk informasi lebih lengkap seputar PKL SMK dapat Kalian cek di pklsmk.com dan juga akademikombas.co.id .

Sampai jumpa!!!

Related Article…