Jurusan Teknik Sipil SMK

JURUSAN TEKNIK SIPIL SMK – Teknik sipil merupakan pengetahuan tentang cangkupan teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan serta memperbaiki bangunan.

Jenis banguan yang dimaksud yakni seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, setasiun komplek perumahan serta berbagai fasilitas umum lainnya.

Untuk kamu yang tertarik dan berminat dengan ilmu desain, infrastruktur maupun konstruksi maka jurusan teknik sipil akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan minat kamu.

Peluang kerja lulusan teknik sipil

Perlu kamu ketahui, ternyata selain menjadi kontraktor lulusan teknik sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di bagian perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi.

Karena pada dasarnya jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup luas. Berikut ini beberapa peluang kerja lulusan jurusan teknik sipil : 

Teknisi sipil

Seorang teknisi sipil bekerja membantu insinyur sipil dalam merencanakan, merancang, mengawasi konstruksi, membangun dan memelihara jalan, jembatan dan proyek infrastruktur lainnya, dibawah arahan staf teknik.

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi Di Bandung

Surveyor tanah

Surveyor tanah sangat berkaitan erat dengan proyek pembangunan, sebelum proyek pembangunan dibuat 

Seorang surveyor tanah terlebih dahulu melakukan pengukuran tanah serta perencanaan sebelum konstruksi dibuat.

Kalau kamu ingin menjadi surveyor kamu harus menguasai ilmu mengukur, rancang bangun, matematika, fisika, dan ilmu hukum.

Jurusan Teknik sipil SMK

Konsultan konstruksi

Konsultan konstruksi adalah orang yang diminta pemilik proyek untuk mengawasi jalannya konstruksi. Untuk menjadi konsultan konstruksi kamu harus ahli dalam bidang teknik sipil, mekanikal elektrikal, arsitektur, listrik dan sebagainya.

Perencana struktur

Perusahaan konstruksi pasti akan sangat membutuhkan profesi ini, karena seorang perencana struktur sangat penting untuk mengawali jalannya suatu proyek konstruksi. Tugas dari perencana struktur yaitu menyusun struktu bangunan yang akan dikerjakan.

Quality control

Pekerjaan ini sangat di butuhkan untuk membantu dalam mencapai tujuan perusahaan. Tugas seorang quality control yaitu melakukan pengecekkan terhadap kualitas hasil pengerjaan proyek.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa kalian peroleh ketika kamu masuk di jurusan ini.

Baca Juga :  JURUSAN DESAIN INTERIOR SMK

Seorang lulusan teknik sipil sangat di butuhkan oleh perusahaan untuk memperkuat pembangunannya, apalagi negara Indonesia saat ini merupakan negara berkembang yang banyak melakukan pembangunan infrastruktur.

Lulusan teknik sipil juga mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas contohnya pembangunan jembatan, jalan raya, hingga bandara.

Selain bekerja di perusahaan lulusan teknik sipil juga bisa membuat lapangan kerja baru dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi maupun perusahaan pengembang.

Namun tentunya kamu juga harus memiliki ilmu yang cukup untuk bisa mewujudkan keinginanmu itu.

Belajar ilmu teknik sipil itu seru, terutama bagi kamu yang suka menghitung dan menggambar maka jurusan teknik sipil sangat cocok untuk kamu.

Biasanya untuk di SMK, jurusan teknik sipil bisa ditemui dibeberapa kompetensi contohnya di teknik gambar bangunan.

Begitulah kira-kira gambaran mengenai jurusan teknik sipil SMK, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih ragu mau masuk jurusan teknik sipil khususnya di tingkatan sekolah menengah kejuruan.

Related Article…