SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan

SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan – Untuk anda yang sedang mencari jurusan untuk sekolah lanjutan anak, sekarang sudah tidak perlu bingung. 

Disini kami akan memberikan informasi tersebut kepada anda. Salah satu jurusan yang mungkin bias kami rekomendasikan adalah SMK jurusan teknik gambar bangunan. Lalu seperti apakah jurusan yang satu ini? Berikut sedikit penjelasannya. 

Teknik Gambar Bangunan adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan pembangunan. Jurusan ini mempelajari ilmu dasar pembangunan gedung dan teknik menggambarnya. jurusan ini adalah jurusan awal sebagai dasar sebelum menjadi arsitek, pemborong, konsultan, dan lain lain. 

Berikut dibawah ini adalah rangkuman kompetensi dasar yang dipelajari, rekomendasi jurusan kuliah yang cocok, dan prospek kerja setelah lulus dari jurusan Teknik Gambar Bangungan :

Kompetensi dasar yang dipelajari

1.Menmpelajari dasar – dasar gambar teknik.

2.Memahami keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )

3.Menerapkan ilmu statika dan tegangan.

4.Mempelajari ilmu bangunan gedung.

5.Memahami bahan-bahan bangunan.

6.Mengatur tata letak gambar manual.

7.Menggambar dengan Sofftware/aplikasi

SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Prospek kerja setelah lulus

Untuk prospek kerja setelah lulus dari jurusan teknik gambar bangunan ini antara lain :

Kontraktor/ Pemborong

Pekerjaan ini memiliki tugas yaitu bagian pelaksana proyek atau pekerjaan bangunan yang memimpin sebuah kontrak kerja atau lebih dari segi material maupun tenaga kerja saja.

Baca Juga :  SMK Jurusan TKJ

Pengusaha properti/ Developer

Pekerjaan satu ini memungkinkan anda untuk mendirikan CV dengan ilmu bangunan yang dimiliki.

Tentunya dengan syarat-syarat tertentu dan tentunya ini bukan usaha yang kecil dan keuntungan yang besar

Pelaksana bangunan

bertugas mengarahkan tukang bangunan dan mengaplikasikan gambar desain yang telah di buat ke dalam bangunan. Dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan desain

Quantity surveyor

Tanggung jawab pekerjaan ini yaitu bertugas menghitung volume dan kebutuhan material bangunan dengan tepat agar bangunan aman 

Quality control

Pekerjaan ini akan membuat anda berfokus pada melakukan pengontrolan dan pengecekan pada pembangunan agar menghasilkan produk yang bagus dan Setanadar pengerjaan.

Pengendalian proyek

pekerjaan ini memiliki fokus menghitung  anggaran biaya bangunan,  menghitung rencana anggaran biaya pelaksanaan  sehingga proyek bangunan yang dikerjakan dapaat di kalkulasi biaya yang di butuhkan 

Rekomendasi jurusan kuliah yang cocok

Untuk anda yang ingin melajutkan kuliah setelah sekolah SMK, ada juga beberapa jurusan yang memiliki hubungan dengan jurusan teknik gambar bangunan ini.

Beberapa diantaranya seperti :

1.Teknik Sipil

2.Teknik arsitektur bangunan 

3.Pendidikan tekninik bangunan 

4.Teknik Industri

SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Untuk sekolah yang memiliki jurusan teknik gambar bangunan ini antara lain : 

SMK Negeri 4 semarang

sekolah pertama yang menyediakan jurusan Teknik gambar bangunan adalah SMK Negeri 4 semarang. 

Di sekolah ini siswa akan diberikan kompetensi tentang gambar bangunan tidak hanya menggunakan peralatan manual namun juga menggunakan perangkat lunak. 

Sehingga ketika dihadapkan pada perangkat lunak siswa juga menjadi lebih siap. 

Nantinya siswa juga bisa melakukan praktik pengukuran secara langsung di lapangan.

SMK Negeri 1 nganjuk

Yang selanjutnya adalah SMK Negeri 1 nganjuk. Di sekolah ini juga sangat cocok untuk siswa di kota nganjuk yang mencari jurusan teknik gambar bangunan. 

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL di Jakarta

Siswa akan belajar tentang teknologi rekayasa khususnya dalam bidang perancangan bangunan. 

Jurusan ini sudah bisa diimplementasikan di dunia kerja profesional. 

SMK Negeri 1 Cibinong

Sekolah selanjutnya yang menyediakan jurusan teknik gambar bangunan adalah SMK negeri 1 cibinong. 

Proses pembelajaran siswa di jurusan sudah bisa berjalan dengan maksimal karena didukung dengan fasilitas pendukung seperti laboratorium komputer dan juga ruang kelas yang sesuai. 

Di sini siswa akan belajar tentang bagaimana melakukan pengerjaan gambar yang disesuaikan dengan tujuan konstruksi bangunan, mulai dari konstruksi bangunan, kayu, interior, eksterior dan berbagai tujuan lainnya.  

SMK PGRI 1 Ngawi

sekolah selanjutnya adalah SMK PGRI 1 Ngawi. Di sekolah ini anda juga bisa belajar tentang bagaimana melakukan konstruksi bangunan untuk berbagai tujuan. 

Walaupun masih sedikit peminat di jurusan ini, akan tetapi jurusan ini termasuk yang memiliki prospek sangat bagus. 

Karena itulah sekolah ini memfasilitasi kebutuhan tersebut. 

SMK Negeri 2 Yogyakarta

Yang selanjutnya adalah SMK Negeri 2 Yogyakarta. 

Di sekolah ini siswa nantinya juga bisa belajar tentang berbagai bidang yang termasuk dalam ruang lingkup teknik gambar bangunan. 

Beberapa yang nantinya siswa pelajari seperti gambar teknik, konstruksi bangunan dan masih banyak lainnya. Apalagi jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A sehingga sangat tepat untuk dijadikan pilihan untuk menjadi sekolah lanjutan anda.

Dan masih banyak lainnya.

Mungkin itu sedikit informasi tentang SMK Jurusan Teknik Gambar bangunan. Semoga bisa menjadi refrensi anda yang membutuhkan informasi seputar SMK jurusan teknik gambar bangunan. Dapatkan informasi lainnya tentang SMK hanya di website kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Article…