Jurusan SMK Yang Gajinya Besar

Jurusan SMK Yang Gajinya Besar – Pastinya ada jurusan SMK yang bergaji besar yang bisa menjadi semangat untuk kamu yang mengambil jurusan tersebut. Tetapi, itu semua juga tergantung dari skill atau kompetensi yang kamu miliki.

Sangat beruntung jika saat ini kamu bersekolah di SMK. Bagi kamu yang berencana untuk masuk SMK, beberapa jurusan bergaji besar ini dapat menjadi rekomendasi. 

Yuk kita semakin pembahasan dibawah ini mengenai jurusan yang lulusannya bisa mendapatkan gaji yang besar.

 

Contents

Apakah Lulusan SMK Bisa Langsung Mendapat Kerja?

SMK merupakan sekolah yang dipilih oleh sebagian orang yang tujuannya saat lulus nanti bisa langsung bekerja.

Karena lulusan SMK dianggap sudah mempunyai keahlian yang mumpuni dan siap diterjunkan ke dunia industri. 

Biasanya setelah lulus dari SMK banyak yang memilih untuk langsung bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Lulusan SMK akan mudah diterima saat melamar pekerjaan dibandingkan dengan lulusan SMA, karena siswa SMK dianggap sudah mempunyai bekal ilmu praktek yang cukup untuk diaplikasikan ke dunia kerja.

Akan tetapi, banyak juga lulusan SMK yang sulit mendapatkan pekerjaan, karena itu semua tergantung dengan skill dan kemampuan yang mereka miliki.

Semakin bagus kualitas skill dan kemampuan mereka maka akan semakin besar pula peluang diterima kerja di sebuah perusahaan atau tempat kerja lainnya.

Dengan bekal skill dan kemampuan serta ditambah dengan beground sebagai lulusan SMK, maka kamu bisa langsung dengan mudah mendapatkan suatu pekerjaan. 

Jadi, untuk kamu yang masih ragu dan takut tidak diterima saat melamar pekerjaan, kamu tidak perlu khawatir karena kamu cukup mengasah skill dan kemampuan kamu lagi agar dapat meningkatkan kualitas diri dan mudah mendapatkan pekerjaan.

 

Jurusan SMK Terbaik

Jurusan SMK memang semuanya sama, tetapi ada juga yang merupakan jurusan SMK terbaik.

Bukan berarti jurusan yang tidak masuk ke dalam golongan jurusan terbaik itu bukan jurusan yang baik ya readers, tetapi semua jurusan mempunyai porsinya masing-masing.

Berikut ini yang merupakan jurusan terbaik yang banyak diminati oleh siswa.

  1. Akuntansi 
  2. Administrasi Perkantoran 
  3. Analis Kimia
  4. Bisnis Daring dan Pemasaran 
  5. Animasi 
  6. Broadcasting 
  7. Rekayasa Perangkat Lunak 
  8. Multimedia 
  9. Teknik Komputer Jaringan 
  10. Farmasi 

Nah itu dia yang merupakan beberapa jurusan yang masuk ke dalam kategori jurusan terbaik, dimana jurusan-jurusan tersebut banyak meraih prestasi di bidangnya dan banyak diminati oleh siswa.

Baca Juga :  SMK Jakarta Timur

 

Jurusan SMK Yang Jarang Diminati 

Selain jurusan SMK terbaik, ada juga jurusan SMK yang jarang diminati, beberapa siswa kurang berminat terhadap jurusan tersebut bukan karena jurusan tersebut tidak baik ya readers.

Sebagian siswa kurang minat terhadap suatu jurusan biasanya dikarenakan beberapa pertimbangan tertentu, seperti prospek kerja jurusan tersebut yang sempit atau jurusan tersebut dianggap sulit atau biayanya yang mahal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jurusan yang jarang diminati, yuk simak penjelasan dibawah ini readers!

  • Jurusan Pariwisata 

Meskipun jurusan ini termasuk jurusan yang mempunyai prospek kerja cukup luas, tetapi jurusan ini kurang diminati karena sebagian orang menganggapnya jurusan ini biasa-biasa saja.

  • Jurusan Pekerjaan Sosial

Jurusan ini tergolong jarang diminati karena prospek kerjanya yang kecil dan kebanyakan dari siswa kurang menyukai tentang pekerjaan sosial.

  • Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 

Banyak siswa yang beranggapan jika belajar pertanian tidak harus sekolah tentang jurusan pertanian, karena itu hal yang mudah.

Sebenarnya pertanian juga ada ilmunya, dan jika kamu ingin mendalami ilmu tersebut harus masuk ke jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. 

  • Jurusan Pelayaran

Sebagian dari siswa kurang berminat untuk masuk ke jurusan ini karena dianggap jurusan ini nantinya akan langsung praktek dan bekerja di laut dan juga ada bimbingan fisik yang lumayan berat. 

  • Jurusan Tata Boga

Dahulu jurusan ini sangat banyak peminatnya, namun seiring dengan perkembangan zaman ditambah dengan jurusan-jurusan modern lainnya, jurusan Tata Boga kini mulai tersingkirkan. 

Banyak yang beranggapan bahwa jurusan Tata Boga hanya belajar tentang kegiatan perempuan saja, seperti memasak dan yang lainnya.

Nah itu tadi merupakan jurusan yang kurang diminati berdasarkan riset. Di era saat ini jurusan tersebut kurang diminati karena banyak tergantikan oleh jurusan-jurusan modern dan menjanjikan yang lainnya.

 

Jurusan SMK Yang Gajinya Besar

Lulusan SMK tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti dibandingkan dengan lulusan SMA.

Bekerja sesuai dengan jurusan juga akan mempermudah kamu nantinya. Untuk memilih sebuah pekerjaan tentunya kamu akan mempertimbangkan berbagai hal termasuk gaji suatu pekerjaan di bidang tersebut. 

Baca Juga :  SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Untuk itu beberapa rekomendasi jurusan dibawah ini merupakan jurusan dengan pekerjaan yang bergaji besar yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. 

  • Akuntansi 

Dari dulu hingga sekarang, jurusan Akuntansi selalu memiliki peluang kerja yang cukup besar. Ketika memiliki keahlian di bidang ini, kamu berpotensi untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. 

Seorang akuntan lulusan SMK akan mendapatkan gaji sekitar Rp. 6 juta atau setidaknya di atas UMR daerah tempat kamu bekerja.

  • Administrasi Perkantoran 

Setiap perusahaan pasti membutuhkan orang yang ahli di bidang administrasi. Lowongan pekerjaan di bidang ini pun sangat banyak sehingga kamu berkesempatan untuk memilih mana yang paling sesuai.

Lulusan jurusan Administrasi Perkantoran dapat mengantongi gaji sekitar Rp. 3-4 jutaan. Angka ini masih bisa terus bertambah sesuai dengan pengalaman dan keahlian yang kamu miliki.

  • Rekaya Perangkat Lunak 

Buat kamu yang memiliki ketertarikan di dunia game, kamu dapat memilih karir menjadi game developer. Yaitu orang yang merancang dan membuat software khusus untuk game.

Kisaran gaji seorang game developer sendiri sekitar Rp. 6 jutaan. Tentunya dengan skill yang semakin mumpuni, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan lebih.

  • Multimedia 

Pada jurusan ini nantinya saat kamu lulus kamu bisa berkesempatan untuk menjadi seorang animator ataupun desainer grafis.

Untuk kisaran gaji profesi tersebut mulai dari Rp. 5 juta bahkan ada yang berani menggaji Rp. 10 juta. Ini semua tergantung dari kemampuan serta tingkat kesulitan pekerjaan yang kamu kerjakan.

  • Teknik Komputer Jaringan 

Hampir setiap perusahaan pasti menggunakan komputer, dengan adanya komputer tentunya akan dibutuhkan pula tenaga seorang teknisi komputer yang mana ia merupakan lulusan dari jurusan Teknik Komputer Jaringan. 

Walaupun pekerjaan yang satu ini terkesan mudah, tetapi sebenarnya dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang pekerjaan ini. Gaji yang ditawarkan juga cukup fantastis, yaitu Rp. 6 jutaan.

Tentu saja ada beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa perusahaan mau memberikan gaji yang besar terhadap jurusan diatasi, tetapi jelas skill dan kemampuan kamu yang sangat menentukan.

Sekian pembahasan mengenai jurusan SMK yang bisa mendapatkan gaji besar, semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat dan menjadi referensi kamu dalam melamar pekerjaan nantinya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia SMK, simak terus website ini ya readers!

Related Article…