Jurusan Pemasaran SMK

    Jurusan pemasaran adalah salah satu kompetensi keahlian pada program keahlian bisnis dan pemasaran. Jurusan pemasaran mempelajari keilmuan dan pratik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media internet.

Siswa akan mengajarkan bagaimana menganalisis pasar dan menemukan peluang bisnis didalamnya. Selain itu, siwa juga akan dibekali agar mampu menggunakan media online seperti situs web dan media sosial dengan sebaik mungkin, sehingga diharapkan para siswa dapat menggunakannya sebagai e-commerce.

Contents

Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Pemasaran?

penjual ritel – Awstom Indonesia

Berikut ini alasan kenapa harus memilih jurusan Pemasaran yaitu sebagai berikut: 

* Peluang Kerja yang cukup Banyak

Hampir semua perusahaan apapun pasti membutuhkan seseorang yang bekerja dibagian pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Maka dari itu jika memilih jurusan pemasaran, peluang kerjanya akan cukup banyak nantinya.

* Tempat Kerja yang Fleksibel

Untuk seseorang yang bertugas dibidang pemasaran, orang itu akan melakukan berbagai perjalanan untuk bertemu klien maupun untuk memasarka produk dan jasa perusahaan. 

Pekerjaan ini tidak akan membuat bosan karena tidak selalu berada diruangan.

*Hubungan yang Luas

Seseorang yang bekerja di bidang pemasaran akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang sehingga membuatnya memiliki pergaulan dan pergaulan yang luas.

* Melatih Kepercayaan Diri

Ketika bekerja di bidang penawaran atau pemasaran produk, seseorang itu harus bisa tampil dengan percaya diri agar orang yang Anda ajak bicara atau yang Anda tuju bisa tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Dengan hal seperti itu secara tidak langsung bisa melatih kepercayaan diri seseorang.

Baca Juga :  Tips Trik PKL Online #1

* Mendalami Ilmu Pemasaran dan Bisnis

Dengan ilmu pemasaran yang didapatkan, maka dari itu tentu bisa membuka bisnis sendiri karena sudah paham mengenal startegi pemasaran dan promosi untuk bisnis yang kamu jalankan. Dan tentunya akan diajari tips-tips untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

 Keunggulan Jurusan Pemasaran

Jurusan Pemasaran Belajar Apa Saja? Simak 8 Materi Ini - Pelajar Wajo

  • Prospek Kerja yang Luas

Saat ini hampir seluruh perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang atau jasa sangat membutuhkan tenaga pemasaran, termasuk juga instansi pemerintah.

  • Belajar Bisnis

Belajar ilmu pemasaran berarti belajar sebagian dari ilmu bisnis itu sendiri. Semua orang bisa memproduksi barang, tapi tidak semua orang bisa menjualnya.

  • Bisa Membuka Pratik Sendiri

Kamu bisa pratek sendiri selama masih sekolah lho. Dengan cara membuka toko online maupun bekerja paruh waktu di sebuah toko. Dengan ini, bisa menambah pengalaman.

  • Menjadi Wirausaha

Sebagai siswa jurusan pemasaran yang belajar bisnis kamu juga bisa menjadi wirausaha. Dengan memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan untuk membangun suatu usaha.

  • Mendapatkan Gaji dan Bonus

Selain mendapatkan gaji tetap, kamu juga bisa mendapatkan bonus. Sebagai tenaga pemasaran, akan bekerja sesuai target yang sudah ditentukan. Jika bisa mencapai target atau bahkan melampauinya, maka bonus yang didapatkan akan lebih besar.

Kekurangan Jurusan Pemasaran

Tips Memaksimalkan Strategi Pemasaran pada Bisnis Anda

  • Harus Memperhatikan Penampilan

Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran harus memperhatikan penampilan agar terlihat menarik. 

Hal ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi tenaga pemasaran agar menarik atau dilirik calon klien.

  • Materi yang Tidak Relevan Dengan Kebutuhan Industri

Materi yang didapatkan saat sekolah mungkin tidak relevan dengan fakta yang akan dilakukan. Maka, sebaiknya harus memperbanyak pengalaman dengan terjun langsung lapangan daripada memperbanyak materi.

  • Hampir Semua Orang Bisa Belajar Pemasaran
Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jatim

Saat ini hampir semua orang bisa saja belajar teknik pemasaran tanpa harus melalui bangku sekolah. Seseorang bisa belajar teknik pemasaran melalui artikel yang berada di internet

  • Kerja Pemasaran Harus Sesuai dengan Target

Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran maka, harus bisa bekerja sesuai target yang telah ditetapkan. Jika seseorang itu tidak mencapai target yang sudah ditetapkan maka tidak akan mendapatkan bonus.

  • Profesi Sales yang Masih Dipandang Sebelah Mata

Saat ini Profesi Sales/tenaga pemasaran masih dipandang sebelah mata. Tidak jarang jika, menganggap kehadiran sales sangat menggangu. Maka dari itu harus siap dengan stipma ini.

Mata Pelajaran Jurusan Pemasaran yang Akan Diajarkan

Contoh soal bahasa inggris unit 3 kelas 4 SD/MI mata pelajaran bahasa inggris - Sinergi Jatim

*Ekonomi Bisnis

Pada mata pelajaran ekonomi bisnis akan mempelajari bisnis berdasarkan teori ekonomi. 

*Marketing

Di mata pelajaran marketing akan mendapatkan materi mulai dari dasar ilmunya sampai penerapannya secara umum.

*Perencanaan Bisnis 

Di mata pelajaran perencanaan bisnis akan belajar merencanakan bisnis dengan baik serta bagaimana mengelolanya. 

*Penataan Produk

Jika bisa mengusai keahlian ini, bisa berkarir menjadi seorang merchandiser yang mengatur penataan barang ditoko dan dipajang.

*Komunikasi Bisnis

Pada mata pelajaran teori komunikasi bisnis yang akan didapatkan bisa digunakan untuk mengasah kemampuan komunikasi.

*Pengelolaan Bisnis Ritel

*Administrasi Transaksi

Dengan adanya materi administrasi transaksi kamu tidak hanya mengerti memulai penjualan dan bagaimana menjual barang kepada konsumen. Selain itu kamu akan paham bagaimana mencatatkan transaksi penjualan yang telah dilaksanakan.

*Administrasi Umum

*Simulasi dan Komunikasi Digital

Related Article…