PKL SMK AKL Di Sulawesi Selatan

Pkl di Sulawesi Selatan – Akuntansi keuangan dan lembaga adalah salah satu jurusan yang ada di SMK.  Di jurusan ini kita diajarkan langkah-langkah menyusun laporan keuangan untuk suatu perusahaan atau lembaga.

Sama seperti jurusan lain di SMK, Akuntansi juga menyelenggarakan kegiatan praktek kerja lapangan atau yang sering disebut PKL.

Tujuan PKL sendiri adalah untuk memberikan gambaran kepada siswa siswi bagaimana rasanya bekerja.  Durasi PKL umumnya berkisar antara 3-6 bulan atau 2-4 bulan.

Namun pada masa pandemi ini, kegiatan PKL menjadi terhambat karena adanya PSBB atau pembatasan sosial berskala besar yang mengakibatkan segala kegiatan yang berhubungan dengan sosial atau masyarakat diminimalisir. Sehingga muncullah yang disebut dengan PKL online.  PKL online ini sangat efektif untuk siswa siswi menunaikan kewajiban PKLnya.

Kelebihan dan Kekurangan PKL Online

Namun dibalik itu terdapat kekurangan dan kelebihan PKL online. Kekurangan PKL online adalah siswa hanya memahami materi, kurang paham dengan prakteknya di kehidupan nyata.  Kurang paham bagaimana bekerja itu.  tidak mendapat pengalam bekerja dengan rekan kerja karena bila PKL online maka siswa siswi berada di rumah mereka masing masing.

Kelebihannya yaitu menghemat biaya, menghemat tenaga, dan juga menaati tata tertib untuk tidak beraktivitas secara berkerumun.  Karena dimasa pandemi ini, berkerumun sangat ditentang dan tidak menaati protokol kesehatan.

Saat ini saja di Indonesia sudah banyak orang yang terinfeksi virus Covid 19 dan banyak yang dinyatakan meninggal akibat Covid 19 ini.  Sangat meresahkan memang. Sehingga kita dimasa pandemi ini harus menaati protokol kesehatan dengan mengenakan masker bila beraktivitas di luar rumah, selalu membawa hand sanitizer dan mengenakan pakaian yang tertutup  guna terhindar dari virus ini.

Baca Juga :  Prakerin SMK OTKP Banjarnegara Terdekat

Di Banjarnegara ada perusahaan yang menyelenggarakan PKL online, salah satunya PT Kombas Digital Internasional. PKL ini dilaksanakan dengan melalui pertemuan menggunakan platform google meet dan juga lewat website resmi akademi kombas.

Di PT Kombas Digital Internasional ini siswa siswi diajarkan caranya marketing online, dari mulai membuat riset tentang produk yang akan dipasarkan hingga posting di media sosial.

PT ini juga sangat fleksibel terhadap karyawannya yang dimana PT Kombas Digital Internasional menggunakan sistem divisi untuk setiap kategori pekerjaan dan para karyawan bisa masuk di divisi mana yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Hal ini juga diterapkan kepada siswa siswi yang melakukan prakerin di PT Kombas Digital Internasional.  Siswa siswi diminta untuk mengisi form yang isinya tentang pertanyaan yang akan mengarahkan mereka untuk memilih divisi mana yang sesuai dengan minat bakat mereka.  Jadi siswa siswi tidak merasa terbebani dalam menjalani prakerin ini, karena sudah sesuai dengan apa yang mereka minati.

Selain di Banjarnegara di daerah lain juga sudah banyak yang memperbolehkan masyarakat nya terkhusus pelajar untuk melakukan PKL.

Tentang Sulawesi Selatan

Kali ini kita membahas tentang Sulawesi Selatan. Jumlah penduduk Sulawesi Selatan sebanyak 8.851 juta jiwa. Disana terdapat banyak sekali suku, contoh suku yang terkenal di Sulsel ada suku Makassar, suku Toraja, dan suku bugis.

Baca Juga :  PKL SMK Multimedia Jatim

Sulawesi Selatan juga sangat terkenal dengan upacara adat.  Salah satu upacara adat yang paling terkenal adalah rambu solo yang terdapat di Toraja.  Rambu solo adalah upacara adat pemakaman, terdapat banyak sekali tahapan acara, namun yang paling menarik adalah Pebabaran.

PKL smk AKL Sulawesi Selatan

PKL smk AKL Sulawesi Selatan

Pebabaran ini adalah acara penyembelihan kerbau.  Jumlah kerbau yang disembelih sebanyak minimal 40 ekor. Maka dari itu upacara adat rambu solo sangat terkenal dan disebut sebagai upacara adat yang paling mahal dan fantastis.

Sulawesi Selatan sendiri memiliki potensi di banyak sektor, termasuk manufaktur, perikanan, dan pariwisata. Sehingga disana banyak tempat PKL di sektor pariwisata dan perikanan.  Sebagai contoh di sektor pariwisata ada pantai Losari di di Makassar, pulau Gusung di kepulauan Selayar, dan taman nasional Bantimurung di Maros.

PKL SMK AKL di Sulawesi Selatan

Namun kali ini kita akan membahas tempat PKL yang berhubungan dengan AKL. Di Sulsel ada banyak Lembaga dan perusahaan yang menyediakan tempat PKL untuk siswa siswi jurusan AKL. Di kota Makassar ada Koperasi Nusantara Makassar,ada juga KSPPS Bakti Huria Syariah, di Bone ada bank Mandiri, PT Hijau abadi lestari, di Palopo ada PT Must dan PT Gondowangi Tradisional.

Akan tetapi apabila kamu ingin melakukan PKL online, bisa dilakukan di PT Kombas Digital Internasional.  Dengan menggunakan platform PKL online di PT Kombas Digital Internasional juga bisa dilakukan untuk siswa PKL jurusan AKL di Sulawesi Selatan.

Related Article…