Jurusan Analis Kesehatan

Jurusan Analis Kesehatan – Jurusan analisis kesehatan adalah jurusan yang mendalami ilmu keterampilan dalam menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Lulusan dari jurusan analisis kesehatan diharapkan bisa melakukan pemeriksaan, pengukuran dan pengujian terhadap cairan tubuh, darah dan jaringan tubuh dengan tujuan untuk mengetahui jenis penyakit dan penyebabnya.

Selain itu, Kamu juga akan belajar untuk melakukan tes medis seperti mikrobiologi, hematologi, parasitologi, kimia air, kimia makanan, biologi molekuler, kimia klinik dan sebagainya.

Prospek kerja jurusan analisis kesehatan

Peluang kerja lulusan jurusan analisis kesehatan sangat luas. Selain bisa bekerja di bidang kesehatan, lulusan analisis kesehatan juga bisa bekerja di bidang quality control dan product development pada perusahaan makanan atau minuman. Berikut ini beberapa prospek kerja lulusan analisis kesehatan.

Teknisi rekam medis

Teknisi rekam medis merupakan salah satu bagian penting di sebuah rumah sakit. Teknisi rekam medis bertugas membuat informasi rekam medis yang berisikan data pasien mulai dari kartu riwayat pemeriksaanhingga proses perawatan pasien. Teknisi rekam medis juga bertanggungjawab untuk memastikan hasil rekam medis terjaga kerahasiaannya.

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL di Jakarta

Ahli gizi makanan

Seorang ahli gizi makanan bertugas memberikan menyediakan informasi terkait gizi, serta memberikan saran kepada pasien untuk menerapkan pola makan sehat dan bergizi.

Bekerja di bidang farmasi

Saat di sekolah kalian juga akan di bekali ilmu farmasi. Dengan bekal ilmu itu kamu bisa bekerja di bidang farmasi. Tugasnya yaitu kamu harus meneliti kandungan obat obatan apakah layak untuk dikonsumsi serta menentukan dosisnya.

Teknisi laboratorium klinis

Seorang teknisi laboratorium klinis bertugas melakukan pemeriksaan cairan tubuh, membuat laporan hasil pemeriksaan pasien serta bertanggungjawab terhadap penggunaan selurus peralatan laboratorium. Untuk menjadi teknisi laboratorium klinis kamu harus memiliki pengetahuan tentang teknologi medis, pengetahuan ilmu kimia, ilmu biologi serta pengetahuan dasar ilmu kedokteran.

Kenapa harus memilih jurusan analis kesehatan?

Jurusan analis kesehatan

Banyak sekali keuntungan yang dapat kamu peroleh dari jurusan analis kesehatan, mulai dari prospek kerja yang sangat luas, tidak hanya bisa bekerja di bidang kedokteran lulusan analisis kesehatan juga bisa bekerja di bidang industri makanan dan obat-obatan.

Baca Juga :  TEKNIK PERHOTELAN

Sekarang ini, tenaga analis kesehatan menjadi profesi yang banyak dicari, kamu memiliki peluang bekerja di badan pengawas obat dan makanan, perusahaan makanan dan minuman dan instansi lainnya yang berhubungan kesehatan. Jurusan analisis kesehatan sangat cocok bagi kamu yang mencintai dunia medis dan kesehatan.

Apa yang di pelajari di jurusan analisis kesehatan?

Pada jurusan analisis kesehatan kamu akan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan sebagai berikut

  1. Dasar manajemen laboratorium dan kesehatan lingkungan
  2. Biokimia
  3. Anatomi dan fisiologi
  4. Imunoserologi
  5. Mikrobiologi kesehatan
  6. Kimia klinik, kimia air, kimia bahan makanan
  7. Hematologi
  8. Pengelolaan alat dan bahan laboratorium

Mungkin itu saja sedikit pembahasan kita tentang jurusan analis kesehatan. Semoga bisa membantu anda dalam mengetahui bagaimana jurusan analis kesehatan. Dapatkan informasi lainnya tentang jurusan SMK di website https://pklsmk.com. Sampai Jumpa di artikel berikutnya

Related Article…