Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan – Semua orang pastinya membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan imbalan pembayaran.

Seseorang terkadang mengerjakan pekerjaan mereka tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Karena ada tuntutan dari keadaan mereka tetap mengerjakan pekerjaan tersebut meskipun tidak menyukai dan merasa terpaksa. Namun banyak juga orang yang memilih pekerjaan sesuai dengan minat mereka.

Di dunia ini banyak sekali jenis pekerjaan mulai dari pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik dan pikiran yang banyak. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang jenis jenis pekerjaan dan apa saja kegiatannya

Contents

APA YANG DIMAKSUD DENGAN JENIS PEKERJAAN?

90 Jenis – Jenis Pekerjaan Dan Profesi, Pengertian Beserta Tugasnya – Jasa Pembuatan PT & NIB Seluruh Wilayah Indonesia

Jenis pekerjaan adalah beragam aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Pada artikel ini nantinya akan dibahas beberapa pekerjaan dan profesi beserta tugasnya.

Adanya perkembangan teknologi 20 tahun terakhir ini, banyak melahirkan bidang pekerjaan baru misalnya tiktoker, youtuber, blogger, selebgram dan sebagainya. Banyak juga muncul diberbagai perguruan tinggi seperti disiplin ilmu robotik, bioteknologi, self drive vehicle, dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Berbagai pekerjaan yang paling umum dan dikenal banyak orang yaitu guru, model, dokter, wartawan, polisi, pilot dan masih banyak lagi.

APA SAJA JENIS PEKERJAAN DAN KEGIATANNYA?

10 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa - Lifestyle Katadata.co.id

Berikut beberapa jenis pekerjaan beserta kegiatan yang terkait dengan pekerjaan tersebut :

Media Sosial Officer 

Media sosial officer adalah profesi yang bertanggung jawab mengelola akun media sosial perusahaan. Media sosial yang dikelola oleh seorang sosial media officer yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Vine dan YouTube.

Beberapa tugas lainnya dari seorang media sosial officer adalah menciptakan konten, mengelola unggahan mengatur program dengan influencer dan berkomunikasi dengan pengikut media sosial.

Baca Juga :  Persyaratan Lamaran Kerja

Arsitek

Jenis Pekerjaan

Arsitek merupakan seorang berkeahlian dalam ilmu pengetahuan terkait perencanaan dan perancangan bangunan.

Beberapa tugas dari seorang arsitek adalah merancang pembangunan, menata letak bangunan, menentukan konsep desain interior bangunan, menentukan tata letak instalansi listrik, ventilasi udara dan pipa air serta menentukan anggaran biaya pembangunan.

Wartawan

Wartawan merupakan seorang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Jurnalistik adalah suatu kegiatan mencari, memperoleh mengolah dan menyampaikan informasi atau berita tersebut ke publik.

Berita yang disampaikan itu bisa dalam bentuk tulisan, gambar, suara, serta data dan grafik dengan memanfaatkan media cetak, elektronik atau jenis saluran lainnya.

Insinyur Mekanik

Insinyur mekanik adalah seorang yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan alat fisika, kimia dan mekanik untuk desain, produksi, pemasangan dan pemeliharaan komponen mekanik, mesin dan pabrik industri.

Seorang insinyur mekanik juga bisa ditempatkan dibagian dikantor penelitian dan pengembangan dimana dia bekerja dengan tim dengan insinyur dan teknisi lain yang kegiatannya yaitu meneliti bahan dan teknologi untuk desain produk baru, merancang inovasi produk, mengikuti pengembangan prototipe dan tahap pengujian serta mengelola industrialisasi produk hingga produksi.

JENIS PEKERJAAN APA YANG TIDAK DISUKAI?

7 Tips Menghadapi Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai

Sebuah pekerjaan memiliki nilai yang sifatnya sangat subjektif. Pekerjaan bisa saja jadi menyenangkan dan memberi kemewahan bagi seseorang, namun ada kalanya pekerjaan juga dinilai membuat stres.

Alasan yang paling umum biasanya karena pekerjaan tersebut membutuhkan waktu kerja yang banyak, gaji yang rendah lingkungan kerja yang buruk dan masih banyak lagi.

Sudah ada banyak survei yang dilakukan di seluruh dunia tentang pilihan karir terburuk, untuk mengetahui pekerjaan apa yang paling tidak disukai oleh profesional muda.

Baca Juga :  Hal Yang Diperlukan Dalam Surat Lamaran Pekerjaan 

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang menurut survei paling bikin stres dan tidak disukai oleh para millenials :

  1. Departemen pajak penghasilan
  2. Asuransi
  3.  Pedagang saham
  4. Koreografer
  5. Pekerja konstruksi
  6. Bartender
  7. Agen real estate

Semua pekerjaan pekerjaan tersebut didasarkan atas perspektif umum serta penilaian dari masyarakat luas. Jadi belum tentu yang menjalani pekerjaan tersebut juga tidak menyukainya.

APA SAJA JENIS JENIS PEKERJAAN KANTOR?

Pengertian Administrasi Perkantoran: Fungsi, Tujuan, dan Tugasnya - Gramedia Literasi

Kantor merupakan suatu tempat manusia untuk bekerja agar mendapat penghasilan atau tujuan lainnya. Ada beraneka macam profesi atau pekerjaan dalam suatu lingkungan perkantor yang saling berinteraksi dan saling terkait satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Semua profesi atau pekerja tersebut harus saling mendukung agar bisa menciptakan suasana kondusif dalam bekerja. Satu fungsi saja yang hilang dalam sebuah kantor maka bisa berdampak buruk pada kegiatan operasional kantor tersebut.

Berikut ini adalah beberapa macam pekerjaan yang ada pada suatu lingkungan kantor :

  1. Petugas resepsionis
  2. Pegawai kantor
  3. Teknisi
  4. Operator telpon
  5. Pengelola gedung
  6. Petugas keamanan
  7. Office boy (OB) /Cleaning Service
  8. Petugas parkir

Sementara itu, jika diteliti lebih lanjut mengenai beberapa jenis pekerjaan atau kegiatan yang bisanya dilakukan didalam kantor, maka jenis pekerjaan kantor dapat dibagi dalam beberapa kelompok.

Diantaranya yaitu mencatat, mengumpulkan atau menghimpun, mengadakan, mengolah dan menyimpan. Pengelompokan pekerjaan tersebut adalah tugas tugas rutin yang dilakukan atau dilaksanakan di kantor.

Sekian dulu pembahasan artikel tentang jenis pekerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Article…