Gaji Jurusan Perhotelan

Gaji Jurusan Perhotelan – Jurusan Perhotelan merupakan jurusan yang banyak peminatnya dan prospek kerjanya pun menjanjikan bagi masa depan.

Selain itu, banyak yang memilih jurusan ini karena gaji pekerjaan di bidang perhotelan cukup menggiurkan.

Berikut ini pembahasan mengenai jurusan perhotelan dan gaji pekerjaan di bidang ini.

Contents

Apa Itu Jurusan Perhotelan?

SMK jurusan Perhotelan merupakan salah satu jurusan yang tergolong banyak diminati oleh kalangan pelajar di Indonesia.

Pada bidang Perhotelan tentu akan mempelajari begitu banyak hal yang tidak hanya bisa menjadi peluang kerja dengan gaji yang besar.

Akan tetapi ilmu yang didapat juga bisa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu juga, pada jurusan ini kamu akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui hal tersebut tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk jurusan perhotelan.

Jurusan Perhotelan tergolong jurusan yang mudah dan tidak terlalu rumit untuk dijalankan.

Jurusan perhotelan merupakan bidang ilmu yang berhubungan dengan manajemen hotel dan mengeksplorasi cara untuk menyeimbangkan aspek pariwisata dan manajemen bisnis untuk sukses.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Perhotelan 

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan SMK jurusan Perhotelan yang bisa menjadi pertimbangan kamu.

Kelebihan Jurusan Perhotelan 

Industri perhotelan merupakan salah satu sektor industri yang selalu mengalami perkembangan dengan pesat setiap tahunnya. Maka dari itu, jika kamu masuk ke jurusan ini tentunya kamu akan mendapatkan prospek atau peluang kerja yang cukup besar. Kamu juga bisa memilih berbagai macam profesi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Di jurusan perhotelan tentunya kamu akan diajarkan keahlian yang beragam, di jurusan ini kamu akan mendapat berbagai materi dan ilmu yang bisa kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kelebihan lainnya dari jurusan perhotelan adalah bagi kamu yang tidak menyukai pelajaran angka atau hitungan, maka jurusan ini tepat untuk kamu.

Berbagai pelajaran teori maupun praktek juga akan kamu pelajari dengan cara yang menyenangkan, kamu tidak akan dibebankan dengan terlalu banyak pelajaran jurusan yang berkaitan dengan logika, angka, atau hafalan.

Kekurangan Jurusan Perhotelan 

Jurusan perhotelan merupakan salah satu jurusan yang banyak diterapkan di berbagai SMK. Hal ini akan membuat kamu memiliki lebih banyak saingan nantinya ketika akan memasuki dunia kerja. Maka kamu harus benar-benar memiliki keahlian yang lebih baik dibanding dengan para lulusan perhotelan lainnya. 

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi Di Bandung

Setiap harinya kamu akan dihadapkan dengan berbagai tamu yang berasal dari latar belakang yang mungkin saja memiliki pola budaya yang berbeda. Maka, kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki sifat yang sabar, disiplin, rapi dan teratur serta berorientasi untuk melayani.

Bekerja disektor perhotelan juga memungkinan kamu untuk dipindahkan pada cabang hotel lainnya yang berada jauh dari tempat tinggalmu yang sekarang. Kamu juga tidak akan memiliki waktu libur seperti kebanyakan orang, karena waktu-waktu liburan industri perhotelan justru bekerja lebih keras untuk melayani para tamu yang sedang menghabiskan waktunya untuk berlibur. 

Nah, itulah yang merupakan kelebihan dan kekurangan jurusan perhotelan yang nantinya akan kamu dapatkan ketika menekuni jurusan tersebut. 

Alasan Memilih Jurusan Perhotelan 

Salah satu jurusan yang ada pada SMK adalah jurusan Perhotelan. Bagi kamu yang sedang bingung untuk menentukan pilihan, berikut ini ada beberapa alasan memilih jurusan Perhotelan untuk memantapkan kamu.

  • Peluang Kerja Besar

Industri perhotelan semakin berkembang dengan pesat setiap tahunnya. Oleh karena itu, mereka pasti membutuhkan banyak tenaga-tenaga ahli yang mahir di sektor perhotelan. Nah, hal ini membuat kamu memiliki peluang kerja yang besar jika masuk ke jurusan perhotelan. 

  • Gaji Cukup Besar

Sudah banyak yang tahu bahwa karyawan yang bekerja di industri perhotelan pasti memiliki gaji yang cukup besar. Terlebih lagi mereka yang bekerja di hotel mewah seperti hotel bintang lima.

  • Prospek Karir Yang Panjang

Sampai dengan jangka waktu yang panjang, industri perhotelan akan terus bertahan bahkan semakin berkembang pesat. Mengingat orang-orang akan selalu membutuhkan bidang ini. Hal ini dapat membuat kamu memiliki pekerjaan yang prospek karirnya panjang.

  • Pelajaran Yang Menyenangkan 

Pada jurusan perhotelan, kamu akan mendapatkan berbagai materi pembelajaran yang menyenangkan, khususnya bagi kamu yang tidak suka pelajaran seperti logika dan angka-angka. 

  • Pekerjaan Yang Menyenangkan 

Bukan hanya pada saat belajar, tetapi saat bekerja nanti kamu pun akan mendapatkan pekerjaan yang menyenangkan. Pekerjaan yang menyenangkan tentunya dapat menghilangkan stress.

  • Mempelajari Banyak Ilmu
Baca Juga :  SMK N 2 Yogyakarta

Nah, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari dan mendapat banyak ilmu. Kamu akan mempelajari ilmu hospitaly, food and beverages, dan juga ilmu pelayanan terhadap konsumen.

  • Banyak Bertemu Orang Baru

Saat kamu lulus dan bekerja di perhotelan, tentu kamu akan bertemu banyak orang baru. Hal ini akan membuat pekerjaan yang kamu jalani menyenangkan dan tidak membosankan. 

  • Jenjang Karir

Kamu juga akan memiliki jenjang karir yang bagus untuk masa depan. Setiap hotel biasanya selalu memberikan jenjang karir bertahap bagi para karyawannya. Maka, nantinya kamu bisa memiliki karir yang tinggi suatu saat nanti.

  • Memiliki Banyak Keterampilan 

Ilmu-ilmu yang telah diberikan pada jurusan perhotelan selain memberikan ilmu pengetahuan juga bisa memberikan ilmu keterampilan bagi kamu. Yang dimana, ilmu tersebut tidak hanya bisa kamu aplikasikan pada pekerjaan, namun juga pada kegiatan sehari-hari di rumah.

  • Memiliki Ilmu Untuk Membuka Usaha

Di jurusan perhotelan tentunya kamu dibekali dengan banyak ilmu. Dimana ilmu tersebut bisa kamu aplikasikan untuk membuka peluang usaha dan berwirausaha. 

Nah, itulah beberapa alasan masuk jurusan perhotelan untuk menjadi referensi kamu saat masuk ke jenjang SMK.

Gaji Jurusan Perhotelan 

Jurusan perhotelan menjanjikan pekerjaan dan gaji yang cukup menarik sesuai dengan penempatan dan posisi jabatan yang diterima. 

Gaji lulusan jurusan perhotelan bisa mencapai sebesar Rp. 2000.000 hingga Rp. 4.000.000. Gaji tersebut dapat semakin bertambah sesuai dengan pengalaman dan hasil kinerja yang bagus. 

Berikut ini contoh pekerjaan di sektor perhotelan beserta kisaran gaji yang diterima :

  • Konsultan Pariwisata : Rp. 3000.000
  • Management Restaurant : Rp. 2000.000
  • Management Perhotelan : Rp. 3000.000
  • Akademis : Rp. 3000.000
  • Event Organizer : Rp. 4000.000
  • Pengelola Tempat Wisata : Rp. 3000.000

Nah, itulah estimasi gaji yang diterima pada pekerjaan bidang perhotelan. Gaji tersebut dapat berubah karena faktor UMR maupun penempatan tempat kamu bekerja.

Sekian pembahasan mengenai gaji jurusan perhotelan, semoga bisa bermanfaat dan mereferensi kamu saat akan masuk ke jurusan tersebut. 

Untuk informasi lainnya yang lebih lengkap lagi seputar dunia SMK, simak dan ikuti terus website ini ya readers!

Related Article…