Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Daftar riwayat hidup lamaran kerja – Daftar riwayat hidup menjadi salah satu dokumen yang perlu disiapkan sebelum melamar pekerjaan. Apa itu riwayat hidup?

Riwayat hidup disebut juga dengan CV atau curriculum vitae, ini adalah sebuah dokumen penting yang akan menyempurnakan suatu aplikasi lamaran pekerjaan. Baik riwayat hidup atau curriculum vitae ini memiliki makna yang sama dan sama sama berisi tentang data diri seseorang yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

Dengan adanya daftar riwayat hidup ini, perusahaan dapat mengenal Anda secara lebih mendalam dan juga informasi yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima Anda sebagai calon. Maka dari itu daftar riwayat hidup harus dibuat dengan baik dan benar serta ditulis secara detail mengenai kualifikasi anda.

Contents

APA ITU FORMAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP?

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik | Riwayat hidup, Cv kreatif, Desain cv

Dalam membuat daftar riwayat hidup anda harus menggunakan format penulisan yang baik dan benar, agar penulisan dalam daftar riwayat hidup tersusun rapi dan sejajar. Sehingga jika anda membuat daftar riwayat hidup dengan format yang baik dan benar akan menjadi pertimbangan bagi perekrut untuk merekrut anda.

Format daftar riwayat hidup adalah suatu bentuk atau susunan dari daftar riwayat hidup tersebut. Format ini digunakan untuk pengaturan agar daftar riwayat hidup dapat tertata rapi. Apa saja hal penting yang harus anda miliki dalam daftar riwayat hidup?

Beberapa format yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah sebagai berikut :

  1. Identitas pribadi mulai dari nama lengkap, alamat, jenis kelamin dan hal lain yang bersifat pribadi
  2. Riwayat pendidikan secara berurutan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi
  3. Pengalaman kerja atau pengalaman magang
  4. Pengalaman organisasi
  5. Keahlian khusus yang berhubungan dengan posisi yang dilamar
Baca Juga :  CV Lamaran Kerja

BAGAIMANA CARA MEMBUAT DAFTAR RIWAYAT HIDUP UNTUK MELAMAR PEKERJAAN?

10 Tips Membangun Kebiasaan Menulis Agar Lebih Konsisten

Setelah mengetahui format penulisan daftar riwayat hidup, berikut cara membuat daftar riwayat hidup dengan baik dan benar

  1. Siapkan kertas dan alat tulis
  2. memulai dengan membuat draf terlebih dahulu. karena daftar riwayat hidup ini ditulis tangan mencoba untuk membuat konsep yang akan ditulis. Cara sederhana ini akan membantu anda menghindari kesalahan penulisan, jika ada sedikit saja ada kesalahan maka anda harus membuat lagi dari awal.
  3. Kemudian tulislah informasi tentang diri Anda secara berurutan sesuai dengan format yang sudah dijelaskan sebelumnya dan pastikan tulisannya benar.
  4. Tempelkan pas foto pada bagian kanan atas daftar riwayat hidup jika diminta.
  5. Yang terakhir jangan lupa tuliskan juga penutup, biasanya bagian penutup daftar riwayat hidup yang ditulis seperti “Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat sebenar-benarnya”. Sebagai bentuk komitmen bahwa daftar riwayat hidup yang anda buat adalah jujur, kemudian sertakan juga tanda tangan di bagian kanan bawah daftar riwayat hidup.

Perlu diingat dalam penyusunan daftar riwayat hidup hindarilah coretan yang berlebihan yang dapat merusak surat tersebut. Daftar riwayat hidup ini harus dibuat serapi mungkin agar layak dibaca oleh pihak perekrut.

Selain tulisan tangan membuat daftar riwayat hidup juga bisa diketik di hp atau laptop. Untuk cara ini anda bisa menggunakan berbagai aplikasi di handphone.

Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Berikut ini cara membuat daftar riwayat hidup menggunakan aplikasi canva :

  1. Download aplikasi canva di play store atau App store jika sudah terinstall silahkan login
  2. Cari template CV atau resume
  3. Pilih template yang anda inginkan
  4. Edit kata kata di dalamnya sesuai kebutuhan. Isi juga data diri anda, pendidikan, pengalaman kerja dan keahlian yang anda miliki.C
  5. Simpan CV jika sudah selesai
Baca Juga :  Fakta Menarik tentang Persyaratan lamaran kerja

APAKAH SURAT LAMARAN PEKERJAAN HARUS ADA DAFTAR RIWAYAT HIDUP?

Dalam surat lamaran pekerjaan boleh saja menyertakan daftar riwayat hidup didalamnya, cara ini disebut juga dengan model gabungan. Jenis surat lamaran kerja dibagi menjadi dua yaitu model terpisah dan model gabungan.

Pada model gabungan, nanti dalam surat lamaran tersebut akan ada daftar riwayat hidup atau CV si lamaran. Misalnya seperti data tentang pengalaman kerja, riwayat pendidikan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki dan sebagainya. Daftar riwayat hidup yang dicantumkan tersebut bisa Anda perekrut terkait dengan kualifikasi beserta riwayat minatnya.

Adapun tujuan dicantumkannya daftar riwayat hidup kedalam surat lamaran kerja adalah agar perusahaan dapat menilai dengan mudah terkait akan diterima atau tidaknya lamaran kerja yang diajukan. Daftar riwayat hidup dapat menjadi rekam jejak perjalanan hidup seseorang hingga saat ini.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP DITULIS DI KERTAS APA?

Trik Memilih Kertas Saat Membuat CV atau Lamaran Kerja - SiDU - APP Sinarmas

Dalam membuat daftar riwayat hidup yang di cetak sebaiknya gunakan kertas putih dan polos. Menggunakan kertas putih dan polos akan memudahkan tim penyeleksi nyaman dalam membaca. Ukuran kertas standar yang biasa digunakan untuk daftar riwayat hidup adalah jenis A4 dan tebal 80 gram.

Sementara itu, jika Anda ingin membuat daftar riwayat hidup dengan cara di tulis tangan Anda bisa menggunakan kertas folio bergaris.

Demikian artikel mengenai daftar riwayat hidup lamaran kerja, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda.

Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Terima kasih…

Related Article…