Jenis Pekerjaan Penduduk yang Tinggal di Pantai

Jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di pantai – Keberadaan pantai di Indonesia cukup banyak karena luasnya wilayah laut dari pada darat. Hal ini yang menjadi alasan mengapa indonesia disebut sebagai negara maritim.

Pantai adalah daerah tepi perairan yang dipengaruhi oleh pasang surut tertinggi dan terendah. Indonesia memiliki berbagai macam pantai yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal dan turis.

Selain menjadi objek wisata, pantai juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat pesisir juga beragam.

Penasaran seperti apa? Yukk langsung simak penjelasan selanjutnya dibawah ini!

Menurutmu apa jenis pekerjaan manusia yang tinggal di daerah pantai?

Ada banyak pekerjaan di indonesia yang memanfaatkan sumber daya alam pesisir/pantai. Hal ini dikarenakan indonesia sendiri merupakan negara maritim yang memiliki banyak pantai.

lantas apa saja jenis pekerjaan manusia yang tinggal di daerah pantai?

Jenis pekerjaan manusia yang tinggal di daerah pantai, antara lain :

1. Nelayan

Jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di pantai

Indonesia memiliki potensi pesisir yang sangat besar dalam bidang perikanan laut. Di Indonesia bagian barat terdapat berbagai jenis ikan pelagis kecil, sedangkan di bagian timur indonesia terdapat ikan pelagis besar, cakalang, dan ikan tuna.

2. Budidaya ikan

Selain profesi nelayan, masyarakat indonesia di wilayah pesisir juga banyak yang membudidayakan ikan. Jenis ikan yang umum dibudidayakan di daerah pesisir adalah ikan bandeng dan udang.

3. Petani Garam

pekerjaan sebagai petani garam banyak dijumpai di daerah pesisir. Garam yang didapatkan, kemudian dipasok ke berbagai penjuru daerah.

Baca Juga :  Surat Lamaran Kerja

4. Jasa di sektor pariwisata

Keindahan terumbu karang di berbagai pantai di Indonesia memiliki manfaat ekonomi bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya. Penduduk di daerah pesisir seringkali membuka jasa mulai dari persewaan untuk snorkeling hingga usaha persewaan akomodasi/penginapan.

5. Pedagang

Pekerjaan pedagang yang memanfaatkan sumber daya pantai adalah pekerjaan yang menjual makanan laut dan katering/usaha rumah makan, yang bahan bakunya diperoleh dari sumber daya hayati di wilayah pantai tersebut.

Jadi, itulah jenis pekerjaan manusia yang tinggal di daerah pantai.

Apa saja jenis pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk yang tinggal di dataran tinggi?

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas jenis pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk yang tinggal di dataran tinggi. Kira-kira pekerjaan seperti apa yang memiliki prospek bagus/besar di sana? Yuk langsung, Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pertanian

Dataran tinggi memang identik dengan pertanian, baik itu sayur maupun bunga. Anda dapat memanfaatkan tanah dan iklim dataran tinggi untuk menanam berbagai sayuran dan bunga untuk dijual ke kota.

2. Perkebunan dan Peternakan

Menjadi seorang pemilik perkebunan adalah investasi jangka panjang kalau produk yang dihasilkan diminati pasar. Misal perkebunan kopi atau cengkeh.

Selanjutnya adalah peternakan hewan. Iklim dataran tinggi cocok untuk perkembangbiakan hewan. Anda bisa menjadi peternak kambing, sapi, atau sapi perah yang memproduksi susu setiap hari untuk dijual atau dikirim ke pabrik pengolahan.

3. Properti Vila dan Hotel

Masyarakat biasanya mengunjungi dataran tinggi pada akhir pekan atau hari libur untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran. Jadi, jika Anda tinggal di daerah yang banyak dikunjungi oleh orang pada hari-hari tertentu, mengapa tidak membuka akomodasi berupa vila atau hotel. Dengan membangun akomodasi berupa villa atau hotel yang memadai, wisatawan bisa terus datang dan akhirnya menyewa bangunan yang Anda miliki. Sambil menyewa, Anda bisa membuka bisnis lain, seperti menyewakan kendaraan untuk digunakan penyewa berkeliling atau pergi ke tempat-tempat di sekitar vila.

4. Pemandu Wisata

Sebagian besar daerah dataran tinggi di Indonesia telah berubah menjadi daerah wisata yang menarik. Seperti di kawasan Batu dan Bromo. Dataran tinggi ini selalu menarik ribuan orang setiap harinya yang datang untuk menikmati berbagai tempat wisata yang ada.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Jadi, itulah jenis pekerjaan yang dilakukan penduduk yang tinggal di dataran tinggi.

Apa jenis pekerjaan masyarakat di pesisir pantai selain sebagai nelayan?

Pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya pantai selain nelayan antara lain:

1. Budidaya ikan

Selain profesi nelayan, masyarakat Indonesia di wilayah pesisir juga banyak yang membudidayakan ikan. Jenis ikan yang umumnya dibudidayakan di daerah pesisir adalah ikan bandeng dan udang.

2. Petani Garam

Tidak hanya ikan bandeng dan udang yang dibudidayakan, tetapi di wilayah pantai, pekerjaan sebagai petani garam juga umum dilakukan. Garam yang didapatkan, kemudian dipasok ke berbagai penjuru daerah.

3. Jasa di sektor pariwisata

Keindahan terumbu karang yang indah di berbagai pantai di Indonesia memiliki manfaat ekonomi bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya. Penduduk di daerah pesisir seringkali membuka jasa mulai dari persewaan untuk snorkeling hingga usaha persewaan akomodasi/penginapan.

4. Pedagang

Selain memberikan jasa, jenis pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya pantai adalah pedagang. Profesi pedagang yang dimaksud adalah pekerjaan dalam penjualan hasil laut dan usaha rumah makan, yang bahan-bahannya diperoleh dari sumber daya hayati di wilayah pesisir tersebut.

Pekerjaan apa saja yang ada di laut?

Berikut adalah jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut, antara lain:

1. Nelayan

Nelayan adalah seseorang yang memperoleh penghasilan dari mencari dan menangkap ikan di laut. Nelayan sendiri ada berbagai macam ada yang menangkap banyak ikan dengan perahu besar, dan ada yang hanya menangkap sedikit ikan dengan perahu kecil.

2. Petani Garam

Pekerjaan selanjutnya yang memanfaatkan sumber daya alam laut adalah petani garam, dimana petani garam pekerjaannya membuat garam dari bahan dasar air laut.

3. Petani Rumput Laut

Rumput laut saat ini mulai dibudidayakan di Indonesia karena mempunyai nilai jual yang tinggi apalagi jika kualitasnya merupakan kualitas ekspor.

4. Pengeboran Minyak Lepas Pantai

Pekerjaan ini umumnya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak pada eksplorasi sumber daya alam terutama minyak bumi.

Jadi, itulah jenis pekerjaan yang ada di laut.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di daerah pantai dan dataran tinggi. Dan jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…