Contoh Resume Lamaran Kerja

Contoh resume lamaran kerja – Resume merupakan salah satu dokumen yang harus disiapkan saat ingin melamar kerja. Apa itu resume? Resume adalah dokumen yang menjelaskan gambaran singkat mengenai pengalaman, keahlian, pendidikan dan pencapaian calon karyawan.

Banyak orang yang mengira bahwa resume dengan CV merupakan dua dokumen yang sama. Padahal ada perbedaan antara kedua dokumen tersebut jika dilihat dari isi dokumennya. Namun, jika dilihat dari fungsinya resume dan CV mempunyai kesamaan yaitu sama sama digunakan sebagai data perkenalan diri pada perusahaan yang akan dilamar.

Bagi kalian yang masih bingung cara membuat resume berikut ini akan dibahas contoh apa saja yang harus ditulis dalam dokumen resume dan perbedaannya dengan CV. Simak artikel ini sampai akhir yaa

APA PERBEDAAN CV DAN RESUME?

Penting bagi kalian yang akan melamar kerja untuk mengetahui perbedaan antara resume dan CV, agar kalian bisa menyusun dan menggunakan dokumen tersebut sesuai tujuannya. Menjadi kedua dokumen yang penting untuk melamar kerja, resume dan CV sering kali dianggap sama oleh sebagian besar orang, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Informasi yang dicantumkan pada CV lebih lengkap dari pada resume. Pada CV pengalaman kerja dan riwayat hidup harus dijelaskan secara detail dengan panjang dokumennya bisa mencapai 2-3 halaman. Sedangkan resume informasi yang dicantumkan ditulis lebih ringkas, biasanya cukup 1 halaman saja.

Resume juga lebih bersifat fleksibel, bisa ditulis sedemikian rupa dan tidak perlu mencantumkan semua pengalaman, berbeda dengan CV yang lebih bersifat statis dan kronologis dengan informasi detail.

Baca Juga :  Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Resume dan CV juga memiliki tujuan yang sedikit berbeda, tujuan resume yaitu sebagai informasi terarah tentang siapa anda dan mengapa anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut. Beda dengan CV yang memiliki tujuan untuk merangkum semua kualifikasi yang anda miliki dari akademik, pengalaman, prestasi, keterampilan dan sertifikasi pelatihan.

Jadi selain untuk melamar pekerjaan CV juga dapat kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya misalnya mendaftarkan diri ke pendidikan lebih lanjut.

APA ISI RESUME UNTUK MELAMAR KERJA?

Sebelum membuat resume untuk melamar pekerjaan ada baiknya anda pahami dulu apa saja isi dari resume lamaran kerja. Berikut isi resume untuk melamar kerja :

Header

Header adalah bagian dari resume yang berisi tentang nama, nomor telepon dan alamat email. Nama harus terlihat jelas dibagian atas resume dengan huruf tebal dan lebih besar dari bagian lainnya tetapi jangan lebih dari ukuran 14 p.

Tambahkan juga alamat rumah anda tetapi tinggalkan jika resum akan dikirim secara online. Cantumkan juga nomor telepon aktif yang bisa dihubungi setiap saat.

Ringkasan

Rangkum pengalaman dan keterampilan kerja yang anda miliki dalam satu atau dua kalimat. Bagi yang memiliki pengalaman profesional terbatas, jelaskan tujuan karir yang merupakan pilihan terbaik seperti fresh graduate.

Daftar Soft Skill Dan Hard Skill

Pertimbangkan keterampilan diri yang cocok untuk pekerjaan itu. Pertimbangkan juga soft skill dan hard skill serta keterampilan yang dapat ditransfer dan yang dapat kamu gunakan untuk berganti karir atau industri.

Pendidikan

Pada bagian ini tuliskan informasi tentang bidang studi anda, gelar, nama sekolah, lokasi sekolah dan tahun kelulusan anda.

Tulis juga semua derajat pendidikan lainnya dalam urutan terbalik, jika sudah lulus kuliah hapus bagian pendidikan sekolah menengah. Selain itu anda juga bisa menambahkan informasi seperti nilai rata-rata yang relevan.

Baca Juga :  Surat Lamaran Kerja

APA SAJA ISI RESUME JOBSTREET?

Resume telah menjadi kunci utama bagi pelamar kerja untuk memberikan gambaran tentang pengalaman dan kualifikasi yang mereka miliki. Oleh karena itu dalam menulis resume harus memiliki kelengkapan informasi untuk menunjukan bahwa anda merupakan calon kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Resume jobstreet berisi mulai dari nama dan foto diri, deskripsi diri, informasi kontak, transferabel skill yang dibutuhkan perusahaan, pengalaman serta pencapaian anda yang relevan.

Pastikan bahwa resume anda hanya berisi tentang pengalaman dan kemampuan yang benar-benar anda miliki. Jangan sampai perekrut mendapat impresi jika anda telah melebih lebihkan kemampuan anda.

APA SAJA YANG HARUS ADA DALAM RESUME?

Berikut beberapa hal yang wajib anda cantumkan dalam resume :

Informasi Kontak 

Hal pertama yang sangat wajib ada dalam resume yaitu informasi kontak yang meliputi nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang aktif.

Agar lebih lengkap tuliskan juga gambaran terkait dengan latar belakang profesional dan kualifikasi yang anda miliki.

Pendidikan

Yang ketiga cantumkan latar belakang pendidikanmu seperti dimana anda sekolah dan bidang studi yang diambil. Anda juga bisa menyertakan nilai IPK dan kursus yang pernah anda ikuti.

Pengalaman

Anda juga perlu mencantumkan pengalaman kerja, perestasi dan pencapaian anda agar perusahaan mudah dalam menentukan apakah kekuatan anda sesuai dengan posisi yang sedang anda lamar. Sebutkan juga keterampilan yang anda miliki mulai dari soft skill hingga hard skill.

Sekian dulu pembahasan artikel tentang contoh resume lamaran kerja Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih

 

 

Related Article…