3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL

3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL – Bahasa Pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan  sintaks  dan  semantik  yang dipakai untuk mendefinisikan  program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara bertahan data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis  langkah  apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara bertahan.

Dari sekian bahasa yang digunakan oleh  programmer terdapat beberapa bahasa yang sering digunakan oleh para siswa-siswa RPL. Oke kita akan membahas 3 bahasa pemrograman dari beberapa bahasa pemrograman yang biasa dipakai oleh siswa-siswa RPL.

JavaScript

3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL

Tidak mengherankan, selama delapan tahun berturut-turut, JavaScript mempertahankan dirinya sebagai bahasa pemrograman yang paling umum terutama untuk para siswa-siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL.

JavaScript bisa dipelajari dengan cepat, mudah dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas situs web, menyempurnakan tampilan dan sistem halaman situs web, hingga mengaktifkan permainan dan perangkat lunak berbasis situs web.

Baca Juga :  Ciri Utama Pendekatan PBL

Sebagai bahasa yang digunakan untuk pengembang web, Javascript sering digunakan sebagai salah satu persyaratan keahlian untuk profesi Front End Developer.

Java

3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL

Berkembangnya dunia gadget dengan cepat sebenernya sangat membantu kehidupan sehari-hari kalian, terlebih didunia pendidikan.

Apalagi sekarang pembelajaran dilakukan secara daring yang menjadikan gadget berperan sangat penting dalam mengerjakan tugas maupun mempelajari materi yang disampaikan oleh para guru.

Kemudahan akses materi diharapkan dapat menambah semangat para siswa dalam belajar di rumah di masa pandemi ini.

Mata pelajaran pemrograman berorientasi objek atau PBO yang mempelajari materi Java merupakan salah satu pelajaran di sekolah menengah kejuruan kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL.

Baca Juga :  Kegiatan Pembelajaran PBL

Pelajaran ini mempelajari pemrograman dengan cara mengambil perumpamaan objek didunia nyata kemudian diaplikasikan kedalam bahasa pemrograman.

C++

3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Contohnya seperti aplikasi pengedit gambar, software, game, hingga sistem operasi baru. Bahasa Pemrograman C++ ini merupakan Object Oriented Programming (OOP).

Artinya, bahasa pemrograman C++ ini memiliki data dan function yang disatukan dalam kelas dan objek untuk bekerjasama memecahkan sebuah masalah.

Misal kalian ingin mengubah fungsinya maka kalian tidak perlu mengubah keseluruhan programnya. Dengan begitu, pengubahan kode akan lebih fleksibel.

Nah biasanya para siswa-siswa Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL ini menggunakan bahasa pemrograman C++ dalam aplikasi Codebloks.

Sekian dulu pembahasan tentang 3 Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Siswa RPL. Semoga bermanfaat untuk kedepannya.

Related Article…