10+ Media Sosial Yang Sering Digunakan

10+ Media Sosial Yang Sering Digunakan – Perkembangan teknologi membuat setiap individu melangsungkan kehidupannya melalui media sosial. Media sosial saat ini sudah menjadi suatu hal yang penting bagi kehidupan. Dengan banyaknya aplikasi media sosial yang bisa Anda pilih untuk mempermudah Anda.

Dengan bertambahnya jumlah media sosial yang semakin meningkat tentunya menjadikan media sosial ini penting dan populer di kalangan orang-orang. Rata-rata waktu penggunaan media sosial di kalangan orang di Indonesia termasuk cukup lama berkisar 3 jam 26 menit perhari-nya atau bahkan melebihi dari itu.

Dengan adanya media sosial, kehidupan manusia jauh lebih mudah baik dalam berkomunikasi, menjalin hubungan, atau bahkan mencari informasi. Seseorang dapat membagikan foto maupun video beserta cerita singkatnya melalui media sosial. Umumnya media sosial digunakan oleh anak dan bahkan orangtua sekalipun.

PENGUNAAN MEDIA SOSIAL SAAT INI

10+ Media Sosial yang Sering Digunakan

Pasti hampir di seluruh masyarakat Indonesia menggunakan media sosial bagi kehidupannya masing-masing. Ada juga tujuan dari penggunaan media sosial dari tiap individu pun berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk mempromosikan agar penjualan dapat terjual dan ada pula yang bertujuan untuk berbagi kegiatan sehari-hari.

Selain digunakan sebagai alat komunikasi dan mencari informasi, ternyata penggunaan media sosial juga dapat menjadi media untuk berbisnis. Dengan banyaknya pengguna media sosial tentunya akan menjadi suatu hal yang menarik jika memasarkan produk ke media sosial. Penggunaan media menjadikan pemerintah dapat dengan langsung berinteraksi dengan masyarakatnya tanpa harus susah payah.

Baca Juga :  Portofolio Admin Sosial Media

Penggunaan media sosial bagi para pebisnis dapat mengenalkan produk ke jangkauan yang lebih luas. Sementara untuk penggunaan media sosial bagi politik yakni kita dapat mengetahui berita maupun informasi terbaru seputar politik yang ada di Indonesia.

10+ MEDIA SOSIAL YANG SERING DIGUNAKAN

Berikut mengenai media sosial yang populer dikalangan masyarakat :

Youtube

Media sosial ini lebih berfokus kepada berbagi video maupun konten yang menarik. Penggunaan youtube menduduki peringkat tinggi yakni peringkat ke 2 dengan jumlah pengguna yang sangat banyak mencapai 1,9 milyar. Youtube dibuat pada tahun 2005 oleh Steven Chen, Chad Hurley, Jawed Karem. Pengguna youtube dapat melihat atau mengupload video tanpa batasam jumlah. Selain itu dapat membuat konten video yang menarik sambil berkarir.

Instagram

Media sosial ini memiliki fitur foto dengan berbagai filter yang menarik dan memiliki fitur berbagi video maupun foto. Instagram dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger dan diluncurkan pada tahun 2010 dengan pengguna aktifnya kurang lebih 1 milyar.

Facebook

Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg. Awalnya dengan facemash dan menduduki peringkat pertama dengan pengguna aktifnya mencapai 2,3 milyar. Bahkan Indonesia menjadi peringkat ke 3 karena pengguna aktifnya yang banyak.

Twitter

Pengguna media sosial ini sangat banyak dan Indonesia mendapat julukan sebagai negara Twitter. Aplikasi ini digunakan oleh penggunanya untuk ngobrol di dunia maya. Menurut data yang dirilis, pengguna dari Indonesia mencapai 78 juta dan mungkin akan terus bertambah setiap tahunnya.

TikTok

Media sosial yang berisi video singkat dilengkapi dengan filter yang menarik disertai musik dan fitur lainnya. Anda juga dapat membagikan video maupun konten yang menarik. Aplikasi ini sangat populer dengan unduhan yang begitu banyak di Play Store.

WhatsApp

Media sosial ini sering digunakan dan sangat populer di Indonesia dengan penggunanya yang begitu banyak berkisar 2 milyar. Aplikasi ini disukai karena praktis, gratis, dan mudah digunakan.

Baca Juga :  Feed Instagram

Line

Media sosial ini berasal dari jepang dan mirip dengan Whatsapp. Cukup populer di Indonesia. digunakan pengguna untuk berkomunikasi melalui chatting, sharing foto dan video pendek. Aplikasi ini populer di kalangan anak muda dan dapat membuat stiker sendiri.

Tumblr

Media sosial ini berbasis blog. Penggunanya dapat berbagi konten berupa tulisan maupun foto. Aplikasi ini didirikan pada 2007.

Pinterest

Media sosial yang berisi foto maupun video dan menjadi platform berbagi foto dan dapat dikategorikan ke dalam album atau folder.

Telegram

Media sosial ini menjadi layanan pengirim pesan instan berbasis awan. Aplikasi ini gratis dan dapat bertukar foto, stiker maupun video, audio dll.

Snapchat

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika dan memiliki fitur berbagi foto dengan berbagai filter yang keren dan dapat berbagi video juga.

Reddit

Aplikasi ini hampir mirip dengan Twitter. Penggunanya dapat mengaktifkan satu sama lain melalui topik atau gambar. Digunakan oleh pengguna berkisar lebih dari 330 juta.

Linkedln

Media sosial yang khusus berorientasi pada bisnis dan populer di Indonesia sehingga banyak perusahaan mencari seorang yang diberi hadiah di aplikasi ini.

DAMPAK YANG TIMBUL JIKA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SECARA TERUS MENERUS

Berikut dampak yang timbul akibat penggunaan medsos secara terus menerus :

  1. Gangguan Kesehatan
  2. Gangguan Mental
  3. Terkena Konten Negatif
  4. Terpapar Berita Hoaks
  5. Sulit Bersosialisasi
  6. Menimbulkan serangan

Demikian artikel mengenai penggunaan media sosial saat ini, 10+ media sosial yang sering digunakan, dan dampak yang timbul jika menggunakan media sosial secara terus menerus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi situs web kami agar dapat menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terima kasih.

Related Article…