YouTube Sebagai Sarana Belajar di Masa Pandemi

YouTube Sebagai Sarana Belajar di Masa Pandemi – Semenjak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia telah mengganggu aktivitas termasuk dalam sektor pendidikan. Dulu proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini pembelajaran jarak jauh dipilih sebagai alternatif agar tetap bisa belajar tanpa adanya interaksi langsung di sekolah. Pembelajaran jarak jauh akan tetap dilaksanakan selama selama penularan Covid-19 semakain meningkat. Salah satu media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan adalah YouTube. 

Dengan video konten yang ada di YouTube, memudahkan guru untuk menyampaikan materi. Penggunaan video YouTube untuk pembelajaran juga lebih mudah dijangkau oleh siswa dan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu siswa juga dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan di manapun pun telah terhubung dengan internet. Untuk lebih memahami tentang YouTube, yuk simak artikel berikut ini.

APA ITU YOUTUBE

YouTube sebagai sarana belajar di masa pandemi

YouTube adalah sebuah situs web yang memfasilitasi penggunanya untuk menonton, mendownload, dan membagikan video secara publik. YouTube menjadi tempat terbaik untuk membagikan video dari seluruh dunia seperti misalnya video klip, film, tutorial, blog, berita, edukasi dan masih banyak lagi. YouTube juga bisa digunakan sebagai sarana belajar bagi siswa. Apalagi di masa pandemi, dimana proses pembelajarannya dilakukan secara berani. 

YouTube berdiri pada bulan Februari 2005 dan telah berkembang pesat sejak awal didirikan. Bahkan Google telah membeli YouTube untuk US$ 1,65 milyar pada bulan November 2006. Konten yang ada di YouTube merupakan video unggahan seseorang yang biasa disebut sebagai YouTubers atau konten kreator. Semakin kesini kreator konten tidak hanya bekerja sendiri, biasanya mereka akan membentuk tim untuk mempercepat proses pembuatan video dan mencari ide untuk membuat konten selanjutnya.

Baca Juga :  Creator Youtube

Semakin berkembang, YouTube telah menawarkan berbagai fitur yang membuat pengguna semakin nyaman digunakan. fitur-fiturnya seperti mengatur video, mendownload video agar bisa di offline, mengatur autoplay, menonaktifkan video anotasi dan sebagainya. 

MANFAAT YOUTUBE

YouTube merupakan salah satu media yang sangat populer dan digandrungi masyarakat. Media sosial yang membuat penggunanya bisa menonton atau membagikan video kepada orang lain. Namun selama ini lebih banyak orang yang menggunakan YouTube hanya sebagai hiburan saja. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pengunggah video YouTube. Berikut beberapa manfaat penggunaan YouTube.

Mencari penghasilan melalui google AdSense

Google AdSense adalah iklan yang ditampilkan sebelum video YouTube diputar (biasanya ada di tengah tengah). Saat video yang kita unggah banyak yang menonton, daftar saja ke google AdSense. Nantinya google AdSense akan membayar anda jika banyak orang yang meng klik iklan. Namun ada syarat yang harus dipenuhi agar video anda bisa di monetisasi, yaitu akun anda harus memiliki 10.000 penonton. 

Sebagai sarana atau media belajar

Manfaat lainnya dari YouTube adalah sebagai media pembelajaran. Di YouTube banyak sekali video animasi yang menjelaskan tentang pelajaran yang sangat bermanfaat untuk para pelajar, apalagi di zaman pandemi. Anda juga dapat membagikan link ke teman Anda atau jejaring sosial seperti Facebook Twitter dan lainnya.

Memasarkan produk

Tahukah kamu, bahwa media yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatakan dan memajukan bisnis kita yang tengah dikelola. YouTube yang merupakan tempat segudang video ini bisa menjadi alat pemasaran yang efektif dalam mempertahankan dan memasarkan produk. Ini sangat cocok untuk para pembisnis online yang memasarkan produknya dengan bermodalkan gadget dan internet.

YOUTUBE SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Perkembangan teknologi dan internet semakin meningkat pesat. Adanya teknologi saat ini semua orang untuk dapat mengakses berbagai informasi, sementara internet telah mendorong penggunanya untuk berinteraksi secara online dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu. Kondisi itulah yang telah mendukung pembelajaran jarak jauh yang mulai ditetapkan di Indonesia selama masa pandemi covid-19. ditetapkan sebagai pembelajaran jarak jauh, maka guru mendapatkan tantangan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi demi memenuhi target belajar dan umpan balik dari siswanya.

Baca Juga :  Rekomendasi 10+ Channel Youtube Untuk Belajar Bisnis Online

Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana atau media pembelajaran adalah YouTube. Teknologi pembelajaran menggunakan YouTube sebenarnya telah dikenal lama oleh negara besar didunia, salah satunya di Amerika. Dengan media ini proses pembelajaran jauh jadi lebih praktis dan mudah dijangkau. Tujuan memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran jarak jauh adalah untuk menciptakan kondisi atau suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

 

DAMPAK POSITIF YOUTUBE DI ERA PANDEMI

Menurut survei yang dilakukan oleh We Are Social, YouTube menempati posisi pertama sebagai media yang paling aktif dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga memperoleh 88% suara. Di era pandemi covid-19 YouTube memiliki banyak dampak positif bagi para pengguna. Sebagai situs yang paling populer di dunia internet, berikut beberapa dampak positif yang bisa didapatkan dari media YouTube.

  1. YouTube mampu memberikan nilai edit terhadap pendidikan.
  2. YouTube bisa menjadi sumber belajar bagi siswa, karena apapun yang ingin siswa pelajari semuanya ada di YouTube.
  3. YouTube bisa menjadi ajang untuk menuangkan kreativitas.
  4. Bisa menjadi sumber motivasi dan inspirasi.
  5. Dapat menghilangkan rasa bosan saat berada di rumah

Perlu anda ketahui, bahwa media sosial apapun pasti memiliki dampak positif dan negatif. Selama media sosial digunakan untuk hal-hal yang baik, pasti juga akan menjadi positif. Begitu juga sebaliknya. Demikian artikel mengenai YouTube sebagai sarana belajar di masa pandemi. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi Anda. Untuk mendapatkan informasi lainnya silahkan kunjungi website kami. Terima kasih

 

Related Article…