Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager

Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager – Database Manager merupakan salah satu profesi yang memiliki tanggung jawab yang penting bagi perusahaan, karena bertugas untuk mengelola sejumlah data bervolume besar yang dibutuhkan perusahaan.

Proses ini tentu tidak mudah dan membutuhkan orang khusus yang bekerja di bidang big data, seperti database manager ini.

Untuk mengenali lebih jauh tentang profesi database manager, tugas yang dilakukan dan kemampuan yang dibutuhkan dan harus dimiliki, simak ulasan berikut ini.

Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager

Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager 

Pengertian

Database Manager merupakan profesi yang fokus terhadap big data dan berhubungan dengan pengelolaan data di perusahaan. Untuk proses mengelola datanya cukup panjang dimulai dari mengumpulkan, merapikan, hingga menganalisis data.

Tetapi, pada umumnya banyak perusahaan yang menjadikan profesi ini tidak hanya fokus pada pengelolaan data saja, karena mereka juga mengelola tim professional IT yang menangani tugas seperti mengonfigurasi sistem database dan pemrograman database.

Seorang database manager juga mampu bekerjasama dengan para stakeholder yang ingin mendapatkan data yang dibutuhkannya. Pekerjaan ini tentunya tidak mudah, karena membutuhkan kemampuan teknis yang mendalam soal data, skill komunikasi, dan kepemimpinan.

Profesi database manager juga memiliki peluang kerja yang luas, karena profesi ini sangat diperlukan oleh banyak perusahaan yang fokus pada data.

Baca Juga :  Pekerjaan Tenaga Marketing

Dan sudah diperkirakan dengan semakin berkembangnya big data maka profesi ini akan semakin banyak dicari dan diperlukan untuk mengolah big data suatu perusahaan.

Gaji

Berdasarkan indeed.com, rata-rata gaji yang didapat oleh seorang database manager mencapai Rp 5.215.000 per bulannya. Namun gaji tersebut disesuaikan dengan tingkatan pengalaman yang lebih tinggi, dengan semakin tinggi tingkatannya mungkin akan mendapat gaji lebih dari yang disebutkan diatas.

Tugas

Sebagai seorang database manager tentunya memiliki tanggung jawab pekerjaan yang berbeda sesuai dengan kebijakan dari perusahaannya masing-masing. Namun ada beberapa gambaran umum dari tugas yang dilakukan oleh seorang database manager.

Berikut adalah beberapa tugas yang paling umum dilakukan oleh seorang database manager:

  1. Mengembangkan Database

Tugas yang pertama yaitu membuat dan mengembangkan database milik perusahaan. Pemeliharaan sistem database harus dilakukan dengan teliti dan cermat.

  1. Menginstall Software Untuk Menjaga Keamanan

Tugas ini adalah untuk melindungi data penting yang dimiliki oleh perusahaan. Seorang Database Manager juga harus paham terkait software yang bisa melindungi keamanan data.

  1. Mengevaluasi Kebutuhan Perusahaan

Bertugas untuk memastikan bahwa kebutuhan perusahaan terhadap informasi data yang dimiliki bisa terpenuhi. Maka dari itu, seorang database manager harus sering bertemu dengan stakeholder untuk mencari tahu kebutuhan dati data yang mereka ingin.

  1. Mempersiapkan Rencana Pemulihan Data

Bertugas untuk bertanggung jawab untuk mempersiapkan rencana pemulihan data untuk mengantisipasi semua permasalahan yang bisa terjadi.

Kemampuan Yang Dibutuhkan

Setelah membaca ulasan diatas, bisa disimpulkan bahwa database manager memiliki posisi yang penting di perusahaan. Itulah mengapa kandidat posisi ini harus memiliki skill atau kemampuan khusus.

Baca Juga :  Profesi Social Media Marketing

Berikut adalah kemampuan yang dibutuhkan database manager:

  1. Berpikir Analitis

Seorang database manager tentu harus memiliki kemampuan berpikir analitis. Guna untuk membantu dalam melakukan tugasnya seperti membuat sebuah keputusan yang sulit. Dengan kemampuan ini akan membatu database manager lebih mudah menyaring informasi untuk dianalisis dan dijadikan pedoman untuk membuat keputusan.

  1. Software Database

Kemampuan ini wajib dikuasai untuk menggunakan beberapa macam software database. Jadi jika anda ingin menjadi database manager maka sebaiknya upgrade terus pengetahuan tentang software database, seperti Oracle, Microsoft SQL, Server, hingga IBM Db2.

  1. Memahami Bahasa Query

Wajib untuk paham dengan Bahasa query, karena profesi ini fokus pada pengelolaan database. Karena, Bahasa query ini adalah Bahasa khusus yang digunakan untuk meminta informasi dari database. Bahasa query yang biasa digunakan adalah SQL, jadi profesi ini harus paham dengan SQL.

  1. Kepemimpinan

Skill ini harus dikuasai oleh seorang database manager, agar dapat dengan mudah mengatur tim yang bekerja sama dengannya. Cara untuk meningkatkan skill ini bisa dilakukan dengan cara seperti, berlatih agar lebih disiplin, memperbaiki cara komunikasi menjadi lebih baik, selalu memberikan suasana yang positif saat bekerja.

 

Demikian ulasan mengenai profesi database manager, pengertian, gaji, tugas, dan kemampuan yang dibutuhkan.

Semoga bisa membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca terutama untuk anda yang ingin bekerja sebagai database manager.

Related Article…